Bank Syariah Mandiri: Solusi Menabung Tanpa RIba

Fakhri Zahir
6 Feb 2020

Salah satu negara dengan penduduk yang beragama muslim tertinggi di dunia, Indonesia merupakan salah satu sasaran bagi produk-produk perbankan yang berbau Syariah titik terutama setelah banyaknya gerakan-gerakan hijrah di Indonesia.

Bukan hanya Bank Swasta, tapi banyak juga Bang dari BUMN yang membuat cabang-cabang perbankan syariah yang memiliki banyak konsumen. Apakah kamu salah satunya, atau justru kamu sedang ingin belajar mengenai perbankan syariah?

Di artikel kali ini kami akan mencoba membahas salah satu Bank BUMN yang memiliki cabang bank syariah yang terbaik di Indonesia, yaitu Bank Mandiri Syariah. Yuk dibaca artikelnya sampai selesai.

Siapa Bank Syariah Mandiri

Bank Syariah Mandiri merupakan salah satu bank syariah yang berdiri di bawah Bank Mandiri yang merupakan bank BUMN terbesar di Indonesia.  selain BNI Syariah, Syariah Mandiri merupakan salah satu bank syariah yang menurut kami layak untuk dipilih.

Di tahun 2017 Bank  Syariah Mandiri diketahui telah memiliki 737 cabang kantor layanan di seluruh Indonesia, dengan akses layanan ATM mencapai 196000 jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kamu juga tidak perlu khawatir mengenai kehalalan dari Bank Syariah Mandiri ini, karena diketahui Bank Syariah Mandiri telah memiliki dewan pengawas syariah yang saat ini diketuai oleh Dr H Mohamad Hidayat.

Oleh karena itulah kami begitu yakin untuk menyarankan Bank Syariah Mandiri sebagai salah satu bank syariah yang bisa kamu gunakan layanannya demi menghindari riba, terutama bagi kamu yang beragama muslim.

Layanan Bank Syariah Mandiri

Saat ini Bank Syariah Mandiri menyediakan beberapa layanan yang menurut kami cukup menarik, dan tentu saja sudah sesuai dengan syariah sehingga  tidak akan bersinggungan dengan riba yang nama yang diharamkan bagi umat muslim.

Beberapa layanan yang ditawarkan oleh bank syariah mandiri misalnya tabungan, giro, deposito, Mandiri Syariah priority, pembiayaan konsumen, investasi emas Haji dan umrah, jasa produk serta jasa operasional.

Nah berhubung produk yang ditawarkan oleh bank syariah mandiri cukup banyak, kami akan coba mengulas beberapa produk yang memang menarik dan diketahui memiliki banyak nasabah sehingga kamu bisa menjadikannya pertimbangan.

Tabungan Mudharabah – Merupakan layanan tabungan yang menggunakan mata uang Rupiah di dalam aktivitasnya sehari-hari. Adapun beberapa fitur yang bisa kamu nikmati bila kamu membuka tabungan mudharabah Bank Syariah Mandiri adalah:

  1. Tabungan ini berdasarkan prinsip syariah dengan akad mudharabah mutlaqah dengan  nominal Bagi hasil yang menurut kami cukup menarik
  2. Selain itu kartu debit dari Bank Syariah Mandiri ini saat ini sudah bisa digunakan sebagai kartu ATM serta kartu debit. Kamu pun bisa menggunakan fasilitas e-banking berupa Mandiri Syariah mobile dan Net Banking yang sudah terpisah dengan fasilitas e-banking dari Bank Mandiri konvensional itu sendiri.
  3. Meski Sudah terpisah dari Bank Mandiri konvensional, kamu sudah bisa melakukan penarikan uang secara gratis di mesin ATM Bank Mandiri konvensional maupun Bank Syariah Mandiri.
  4. Terakhir untuk membuka setoran di Bank Syariah Mandiri kamu cukup menyediakan uang sejumlah Rp100.000 dengan minimum setoran selanjutnya Rp10.000, saldo minimum Rp50.000, serta biaya tutup rekening Rp20.000, dan biaya administrasi Rp10.000.

Adapun persyaratan bagi kamu yang ingin membuka tabungan Bank Syariah Mandiri dengan akad mudhorobah adalah sebagai berikut ini:

  1. Kamu yang merupakan Warga Negara Indonesia bisa membawa KTP serta NPWP yang asli serta fotokopinya
  2. Bagi kamu yang merupakan warga negara asing, kamu boleh membawa paspor, kartu izin menetap sementara, atau kartu izin tetap tinggal. Jangan lupa menyertakan dokumen asli beserta foto kopinya ya.

Tabungan Wadiah – tabungan dengan konsep wadiah merupakan salah satu jenis tabungan syariah yang cukup digemari oleh masyarakat setelah mudharabah. Hal ini karena tabungan Syariah dengan akad wadiah tidak mengenal sistem bagi hasil.

Adapun manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila kamu membuka tabungan dengan akad wadiah di antaranya adalah administrasi bulanan gratis, gratis biaya tarik tunai di seluruh ATM Bank Mandiri konvensional maupun Bank Mandiri Syariah, serta kemudahan bertransaksi serupa dengan pengguna kartu Bank Mandiri konvensional.

Beberapa fitur yang kamu dapatkan apabila kamu membuka tabungan dengan akad wadiah adalah sebagai berikut:

  1. Prinsip syariah dengan akad wadiah yad dhamanah.
  2. Kartu debit Mandiri Syariah yang bisa kamu gunakan sebagai kartu ATM dan kartu debit. Selain itu kamu jugaberhak mendapatkan berbagai potongan harga di merchant yang bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri, serta fasilitas e-banking berupa Mandiri Syariah mobile banking yang sudah terpisah dengan e-banking yang dimiliki oleh Bank Mandiri.
  3. Adapun biaya setoran awal minimal adalah Rp100.000, dengan biaya setoran minimal selanjutnya adalah Rp10.000, saldo minimum Rp50.000 biaya tutup rekening Rp20.000, serta gratis biaya administrasi dengan gratis biaya kartu ATM GPN serta penarikan uang di mesin ATM Bank Mandiri dan Bank Syariah Mandiri.

Adapun persyaratan bagi kamu yang ingin membuka tabungan Bank Syariah Mandiri dengan akad mudhorobah adalah sebagai berikut ini:

  1. Kamu yang merupakan Warga Negara Indonesia bisa membawa KTP serta NPWP yang asli serta fotokopinya
  2. Bagi kamu yang merupakan warga negara asing, kamu boleh membawa paspor, kartu izin menetap sementara, atau kartu izin tetap tinggal. Jangan lupa menyertakan dokumen asli beserta foto kopinya ya.

Tabungan Berencana – serupa dengan produk yang ada di bank konvensional ke bank syariah mandiri juga memiliki tabungan berencana yang berfungsi sebagai salah satu alat investasi dengan jumlah setoran bulanan yang tetap serta dilengkapi perlindungan asuransi gratis.

Untuk yang satu ini kamu juga tidak perlu khawatir soal kehalalannya, karena tabungan rencana Bank Syariah Mandiri sudah sesuai dengan prinsip syariah mudharabah mutlaqah titik Menariknya Bank Syariah Mandiri menawarkan bagi hasil yang kompetitif dengan periode tabungan 1 hingga 10 tahun.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh bank syariah mandiri terkait tabungan berencana ini adalah sebagai berikut:

  1. Prinsip syariah mudharabah mutlaqah.
  2. Bagi hasil yang kompetitif dengan periode tabungan 1 hingga 10 tahun
  3. Saat jatuh tempo usia nasabah diharuskan antara 17 tahun hingga 65 tahun.
  4. Adapun setoran bulanan minimal dari tabungan berencana adalah Rp100.000, dengan target dana minimal 1,2 juta rupiah dan maksimal Rp200. Jumlah setoran bulanan serta periode tabungan tidak dapat diubah setelah ditentukan di awal.
  5. Selain itu kamu juga tidak bisa menerima setoran di luar setoran bulanan yang telah ditentukan dan kamu juga perlu diingat bahwa saldo tabungan yang ada tidak bisa ditarik Sebelum jatuh tempo atau akhir masa kontrak.
  6. Tabungan yang diambil sebelum akhir masa kontrak akan dikenakan biaya administrasi.

Adapun manfaat yang bisa diterima oleh kamu sebagai nasabah adalah kemudahan perencanaan keuangan jangka panjang dengan target jaminan pencapaian dana yang sangat jelas. Terakhir kamu pun akan mendapatkan perlindungan asuransi gratis tanpa harus melakukan pemeriksaan kesehatan.

Adapun asuransi diberlakukan sebagai salah satu bentuk pencegahan apabila target dana tidak tercapai titik kamu akan mendapatkan manfaat asuransi sejumlah target dana dikurangi jumlah pembayaran setoran bulanan pada saat klaim.

Adapun persyaratan membuat tabungan ini adalah KTP NPWP sama serta rekening asal yang berbentuk tabung ataupun giro di Bank Syariah Mandiri

Tabungan Pensiun – Mirip dengan tabungan jangka panjang, tabungan pensiun merupakan salah satu alat investasi yang sangat berguna terutama bagi kamu yang  saat ini masih bekerja dan memiliki usia pensiun. dengan

Sama seperti tabungan investasi, tabungan pensiun juga memanfaatkan prinsip syariah dengan akad mudharabah mutlaqah dengan bagi hasil Menurut kami cukup kompetitif. Selain itu kamu pun akan mendapatkan bantuan pengelolaan keuangan nasabah serta biaya administrasi yang ringan.

Adapun persyaratan untuk membuat tabungan pensiun adalah KTP dan NPWP beserta kartu identitas pensiun yang sesuai dengan ketentuan dari lembaga pensiun. Adapun lembaga yang ditunjuk haruslah lembaga pensiun yang telah bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri.

Tabungan lainnya – adapun layanan tabungan lainnya yang ditawarkan oleh Bank Syariah Mandiri adalah tabungan simpel IB, tabungan Investa Cendekia, tabungan dollar, Tabungan Mabrur, tabungan Mabrur Junior, dan tabungan saham Syariah.

BSM Giro – Selain tabungan yang berasaskan Syariah, Bank Syariah Mandiri juga menawarkan layanan giro yang sama-sama menggunakan asas syariah. Dalam hal ini akad wadiah yad dhamanah.

Beberapa fitur serta manfaat yang bisa didapatkan bagi nasabah yang ingin membuka tabungan BSM giro adalah  sebagai berikut:

  1. Setoran Awal yang harus diberikan kepada Bank Syariah Mandiri adalah Rp500.000 untuk perorangan ataupun Rp1.000.000 untuk badan non perorangan.
  2. Saldo minimum di dalam giro adalah Rp500.000 dengan biaya administrasi bulanan Rp15.000 tanpa ATM ataupun Rp17.000 bila kamu ingin memiliki kartu ATM.
  3. Biaya tutup rekening bila diketahui dengan pelanggaran adalah Rp50.000 atau Rp20.000 bila atas permintaan sendiri. Adapun biaya buku cek atau giro adalah Rp100.000.
  4. Jaminan dana giro yang kamu punya aman serta tersedia setiap saat dengan kemudahan transaksi menggunakan cek atau B/G.
  5. Aplikasi intercity kliring untuk kecepatan pembayaran inkaso, serta fasilitas debit sebagai kartu ATM maupun debit dan pengiriman account statement setiap awal bulan.

Adapun persyaratan untuk membuka BSM giro ini hanyalah KTP dan NPWP bagi kamu yang perorangan. Adapun kamu yang ingin membuka BSM giro atas nama perusahaan sertakan pula akta pendirian, akta perubahan perusahaan dan pengesahan perusahaan, anggaran dasar perusahaan, TDP atau izin usaha dari instansi yang berwenang NPWP, SK domisili.

BSM Deposito – salah satu produk yang menurut kami cukup menarik adalah BSM deposito, apakah kamu berpendapat demikian? Apalagi selama ini deposito identik dengan sistem keuangan ribawi yang tentu saja haram di dalam Islam.

Adapun deposito syariah yang dimiliki oleh Bank Syariah Mandiri ini dijalankan berdasarkan asas mudharabah mutlaqah. Beberapa manfaat serta fitur yang bisa kamu terima apabila kamu membuka deposito BSM di antaranya adalah:

  1. Keamanan dana serta jaminan dana yang dikelola secara Syariah dengan bagi hasil kompetitif serta deposito syariah yang boleh dijadikan sebagai jaminan pembiayaan.
  2. Fitur automatic roll over.
  3. Jangka waktu yang bisa kamu pilih adalah 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan dengan setoran awal minimum Rp2.000.000, biaya materai Rp6.000, biaya penarikan deposito Rp30.000 per rekening yang kamu punya.
  4. Pencairan hasil akhir deposito bisa dilakukan setelah deposito sudah jatuh tempo sesuai dengan perjanjian yang telah ditentukan di awal pembukaan rekening deposito Bank Syariah Mandiri.

Persyaratan untuk membuka BSM deposito Syariah ini pun cukup mudah kok yakni bagi kamu yang perorangan cukup membawa KTP serta NPWP. Jangan lupa membawa dokumen asli disertakan dengan satu lembar fotokopi nya ya.

Pembiayaan Griya –  dari namanya saja barangkali kamu sudah mengetahui bahwa pembiayaan Griya merupakan salah satu pembiayaan jangka pendek, menengah, atau panjang bagi kamu yang ingin membeli rumah tinggal impianmu.

Adapun akad yang digunakan di dalam pembiayaan Griya ini adalah akad murabahah dengan sistem jual beli Antara bank dengan nasabah titik Dalam hal ini pertama-tama bank akan membeli rumah yang ingin kamu punya dari developer, Setelah itu kamu bisa mencicil rumah tersebut kepada bank sesuai harga pokok ditambah dengan keuntungan Margin yang disepakati di awal.

Di sinilah Letak perbedaan antara pembiayaan Griya Syariah dengan KPR konvensional. Dalam KPR konvensional, kamu berhutang kepada bank yang telah meminjamkan uang untuk membelikan rumah tempat tinggal.

Sementara dalam sistem Syariah bank merupakan pemilik rumah, yang kemudian menjual rumah tersebut kepada kamu dengan harga yang lebih tinggi dari yang dijual developer. Sehingga kamu diizinkan untuk mencicil dengan harga yang lebih mahal dibandingkan membeli lunas di awal.

Bagi kamu yang ingin menikmati pembiayaan Griya, Berikut ini adalah persyaratan yang harus kamu penuhi:

  1. Warga negara Indonesia yang sudah mengerti hukum dengan usia paling muda 21 tahun dan usia paling tua 55 tahun saat jatuh tempo pembiayaan Griya tersebut.
  2. Nilai angsuran yang harus kamu bayar kan tidak boleh lebih dari 40% penghasilan bulanan bersih.
  3. Selain itu ada beberapa persyaratan dokumen yang kamu butuhkan untuk  meminta pembiayaan Griya. Diantaranya adalah fotokopi KTP pemohon, fotokopi  kartu keluarga, fotokopi surat keterangan menikah ataupun Akta Nikah apabila kamu sudah menikah, slip gaji yang asli disertai surat keterangan kerja, fotocopy rekening koran dalam 3 bulan terakhir, fotocopy NPWP apabila pembiayaan lebih dari Rp 50 juta, fotokopi rekening telepon dan listrik, fotocopy SHGB/SHM, fotokopi IMB dan denah bangunan, serta surat pernyataan  tentang fasilitas pembiayaan yang telah diterima atau dalam proses pengajuan permohonan yang sedang berlangsung baik itu di Bank Syariah Mandiri ataupun bank lainnya.

Pembiayaan Kendaraan Bermotor – serupa dengan pembiayaan Griya BSM, pembiayaan kendaraan bermotor adalah salah satu cara bagi kamu yang ingin membeli mobil baru dengan cara mencicil namun tidak bersinggungan dengan riba.

Adapun persyaratan yang harus kamu penuhi apabila kamu ingin mendapatkan pembiayaan kendaraan bermotor adalah sebagai berikut ini:

  1. Kamu harus memiliki pekerjaan dan/atau pendapatan yang tetap. Hal ini harus bisa dibuktikan dengan surat keterangan kerja,  atau surat-surat dokumen legal lainnya apabila kamu merupakan seorang wiraswastawan.
  2. Usia minimal 21 tahun serta usia maksimal 55 tahun ketika jatuh tempo fasilitas pembiayaan kendaraan bermotor, dan kamu pun bisa melakukan pembiayaan diri sendiri atau kolektif oleh instansi di mana kamu bekerja.

Apa seperti pembiayaan Griya, ada beberapa persyaratan dokumen yang harus kamu Siapkan apabila kamu ingin mendapatkan pembiayaan kendaraan bermotor. Di antaranya adalah:

  1. Fotokopi KTP atau pun SIM yang masih berlaku.
  2. Fotokopi kartu keluarga.
  3. Surat keterangan kerja yang menunjukkan bahwa kamu bekerja di institusi ataupun perusahaan di mana saat ini kamu bekerja. sudut tersebut harus ditandatangani oleh pejabat perusahaan yang memang berwenang.
  4. Slip gaji yang ditandatangani serta di stempel perusahaan atau instansi tempat kamu bekerja.
  5. Kamu sudah memiliki pasangan sertakanlah fotocopy surat nikah ataupun akta pernikahan.
  6. Surat persetujuan dari pasanganmu baik dari istri ataupun suami bagi kamu yang sudah menikah.
  7. Keterangan tentang kendaraan bermotor yang akan kamu beli titik keterangan ini meliputi jenis kendaraan, tahun pembuatan kendaraan, fotocopy BPKB nama pembeli sebelumnya dan harga kendaraan saat ini.

Reksadana – Bagi kamu yang masih asing dengan istilah Reksadana, kami sarankan kamu untuk banyak banyak membaca di Google terlebih dahulu. Tapi setidaknya kami ingin memberitahu bahwa Reksadana merupakan salah satu metode investasi yang cukup mudah.

Mudahnya, kamu yang memiliki dana berlebih dan ingin berinvestasi namun tidak tahu dimana tempat investasi yang baik bisa memilih Reksadana. Karena dana yang dihimpun oleh bank nantinya akan diatur oleh manajer investasi sehingga bisa berkembang.

Atau dengan kata lain kamu mempercayakan bank, dalam hal ini manajer investasi untuk menitipkan uang sehingga bisa diputar kan di dalam instrumen investasi yang dalam hal ini tentu saja halal sehingga bisa menjadi lebih banyak di masa mendatang.

Agar tidak bersinggungan dengan biaya-biaya ribawi, BSM telah memiliki beberapa acuan dasar bagi kamu yang ingin menitipkan uangnya ke dalam Reksadana Syariah. Menurut BSM perbedaan utama Reksadana Syariah dengan reksadana konvensional adalah:

  1. Reksadana Syariah merupakan reksa dana yang dikelola sesuai prinsip syariah yang sesuai dengan ketetapan oleh MUI serta diawasi oleh dewan pengawas Syariah Bank Syariah Mandiri.
  2. Dana yang dititipkan di Bank Syariah Mandiri akan diinvestasikan pada instrumen investasi yang sudah sesuai dengan syariah dan tentunya sesuai dengan ketetapan MUI.
  3. Pengelolaan dana pada Reksadana Syariah Bank Syariah Mandiri dikelola oleh profesional memang mengerti kegiatan Perbankan dan Keuangan  yang dilarang berdasarkan prinsip syariah.
  4. Bagi kamu yang masih khawatir akan adanya harta haram yang tercampur dengan dana investasi syariahmu, Bank Syariah Mandiri memperkenalkan konsep yang diberi nama pembersihan harta non halal atau dinamakan cleansing.

Adapun jenis-jenis Reksadana Syariah yang dikenal oleh Bank Syariah Mandiri dan harus kamu ketahui juga adalah sebagai berikut:

  1. Reksadana Syariah Pasar Uang merupakan reksadana yang hanya berinvestasi pada instrumen pasar uang yang dalam hal ini sudah tentu berpatokan pada Syariah. Pasar uang yang digunakan sebagai instrumen investasi bisa terletak di dalam negeri dan ataupun efek Syariah berpendapatan tetap dengan jangka waktu atau sisa jatuh tempo kurang dari 1 tahun.
  2. Reksadana Syariah Pendapatan Tetap, yang merupakan Reksadana di mana investasi dilakukan minimal 80% dari aktiva bersih di efek Syariah berpendapatan tetap.
  3. Reksadana Syariah Campuran, di mana manajer investasi yang mengelola Reksadana akan menaruh uang yang kamu titipkan di efek syariah berpendapatan tetap, efek syariah bersifat ekuitas dan atau instrumen pasar uang dalam negeri.
  4. Reksadan Syariah Saham, di mana reksadana ini mengharuskan kamu melakukan investasi setidaknya 80% dari nilai aktiva bersih dalam bentuk efek saham yang sudah tentu sesuai dengan ketentuan syariah yang ditetapkan oleh MUI.

Karena Reksadana ini ada banyak, sebelum memutuskan untuk meletakkan danamu di salah satu instrumen investasi, biasanya kamu harus berkonsultasi kepada manajer investasi terlebih dahulu.

Manajer investasi nantinya akan bertanya mengenai tujuan kamu berinvestasi, serta profil risiko dari dirimu. Setelah itu barulah manajer investasi bisa menentukan di mana kamu akan meletakkan uangmu.

Meski tampak mudah dan menggiurkan, kamu harus tahu bahwa Reksadana pun memiliki risiko risiko yang mungkin timbul di antaranya risiko pengurangan nilai unit, risiko likuiditas, serta risiko wanprestasi apabila investasi reksadana gagal bayar. Meski demikian ia sama sekali tidak terkait dengan sistem syariah yang ada melainkan memang risiko dari Reksadana baik konvensional maupun syariah.

Sukuk Negara Retail – Sukuk alias surat berharga syariah negara merupakan salah satu instrumen investasi yang menurut kami cukup menarik. Apalagi orang yang berinvestasi di sini sudah dijamin undang-undang tidak akan mengalami kerugian.

Hal ini dikarenakan orang yang menginvestasikan dananya di sini uangnya akan dijamin oleh negara melalui APBN. Artinya bila mengalami gagal bayar APBN sudah memiliki dana backup untuk mengembalikan uang tersebut.

Untuk saat ini sukuk ritel yang bisa kamu pilih sebagai salah satu instrumen Investasi adalah sukuk ritel negara seri SR-008 hingga sukuk negara ritel seri SR-011. Masing-masing memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda dan kamu bisa membacanya di laman situs resmi milik Mandiri Syariah.

Adapun persyaratan yang harus kamu penuhi apabila kamu ingin membuka tabungan investasi sukuk negara ritel adalah WNI memiliki rekening Mandiri Syariah, dengan minimum pemesanan Rp1.000.000 atau 1 unit dengan pemesanan maksimal 3 miliar rupiah.

Produk Lain BSM – Adapun beberapa produk lainnya yang dimiliki oleh Bank Syariah Mandiri adalah Mandiri Syariah Priority, investasi emas, pembiayaan haji dan umrah, jasa produk, serta jasa operasional.

Mandiri Syariah Priority

Salah satu produk perbankan syariah yang paling menarik dari Bank Syariah Mandiri adalah Mandiri Syariah Priority. dengan menjadi nasabah Syariah Priority kamu akan mendapatkan berbagai macam penawaran eksklusif  secara khusus.

Berapa-berapa manfaat  yang bisa kamu dapatkan apabila kamu menjadi nasabah prioritas Bank Syariah Mandiri adalah sebagai berikut:

  1. Priority banking officer di mana kamu akan mendapatkan layanan perbankan terkait perencanaan keuangan serta pengelolaan kebutuhan perbankan secara komprehensif dan holistik.
  2. Kantor layanan priority, di mana kamu akan mendapatkan layanan secara khusus dan berbeda di beberapa counter layanan priority yang telah dibuka oleh Bank Syariah Mandiri di tempat-tempat tertentu.
  3. Save deposit box yang merupakan salah satu fasilitas perlindungan aset yang menurut kami cukup layak untuk kamu pertimbangkan. Adapun ukuran save deposit box yang ditawarkan oleh bank syariah mandiri saat ini adalah yang berukuran medium serta selama persediaan masih ada karena memang jumlah save deposit box yang tersedia saat ini menurut Bank Syariah Mandiri masih amat terbatas.
  4. Laporan keuangan terpadu yang bersih isi seluruh portfolio dana serta pembiayaan kamu yang tentunya akan dikirimkan setiap bulannya. Hal ini akan membantu kamu di dalam perencanaan keuangan, serta investasi jangka pendek menengah maupun panjang.
  5. Paket eksklusif berupa starterpack yang akan diberikan ketika pertama kali kamu menjadi nasabah Prioritas serta hadiah ulang tahun yang diberikan di hari hari ulang tahun kamu.
  6. Beberapa layanan konsultasi mulai dari konsultasi pendidikan di luar negeri konsultasi zakat yang bekerjasama dengan laznas BSM, serta konsultasi waris.
  7. Bagi kamu nasabah yang telah mencapai nilai portofolio hingga 5 miliar rupiah, bsmc resolusi memberikan fasilitas pemeriksaan serta konsultasi kesehatan secara politik dan menyeluruh bagi kamu yang merupakan nasabah dan keluargamu.
  8. Selain itu layanan tambahan yang menurut kami cukup menarik adalah adanya airport eksekutif lounge yang berada di bandara serta fasilitas kemudahan di dalam check-in dan baggage handling ketika kamu sedang berada di dalam perjalanan.
  9. Terakhir salah satu fasilitas menarik yang diberikan oleh BSM kepada para nasabah prioritas mereka adalah adanya acara-acara eksklusif dan berkelas. acara ini pun hanya bisa didatangi oleh semua orang yang merupakan nasabah BSM prioritas saja. Hal ini tentu saja bermanfaat bagi kamu, apalagi bagi kamu seorang wiraswasta. Karena di acara ini tentu saja kamu bisa bertemu dengan orang dari kalangan kalangan atas yang juga merupakan nasabah prioritas Bank Syariah Mandiri. Atau dengan kata lain acara ini membuatmu bisa menambah relasi dengan mudah dan cepat.

 

Komentar

Artikel Terkait
Bank 6 Feb 2020

Bank Syariah Mandiri: Solusi Menabung Tanpa RIba

Salah satu negara dengan penduduk yang beragama muslim tertinggi di dunia, Indonesia merupakan salah satu sasaran bagi produk-produk perbankan yang berbau Syariah titik terutama setelah banyaknya gerakan-gerakan hijrah di Indonesia. Bukan hanya Bank Swasta, tapi banyak juga Bang dari BUMN yang membuat cabang-cabang perbankan syariah yang memiliki banyak konsumen. Apakah kamu salah satunya, atau justru […]

Bank 3 Oct 2019

Harga Uang Lama Sekarang: Update 2019!

Sebagai salah satu alat tukar yang sah, uang merupakan benda yang rasa-rasanya sulit dipisahkan dari kehidupan manusia. Karena memang tercatat dalam sejarah, sudah sejak ratusan tahun lalu manusia telah mengenal uang, atau setidaknya alat tukar. Saat ini uang sudah menjadi alat tukar yang sah di seluruh dunia, dengan standar, bentuk, warna, dan nilai yang berbeda-beda […]

Bank 6 Aug 2019

Investasi Emas yang Mudah dan Harga Emas Hari Ini

Di era seperti sekarang, banyak pekerja yang merasa tak cukup dengan mendapatkan penghasilan hanya dari gajinya sebagai pegawai saja. Walhasil banyak orang yang kemudian memutuskan untuk usaha. Sayangnya membuka bisnis alias menjadi pengusaha bukan lah hal yang mudah, hingga kemudian banyak pula yang gagal. Tapi dari sanalah kemudian banyak pekerja yang beralih dari pebisnis menjadi […]