Wisata/4 Mar 2020

7 Tempat Ngopi Paling Nikmat di Bogor

Bogor si Kota Hujan menyimpan banyak tempat-tempat yang mampu menenangkan hati yang sedang suntuk, dan perasaan yang sedang tak karuan. Tidak heran kalau para penjajah di masa lampau memberi Kota Bogor gelar Buitenzorg yang kira-kira berarti kota tanpa kerisauan.

Hingga hari ini pun masih banyak orang-orang dari kota besar di sekitar Kota Bogor yang datang jauh-jauh ke Kota Bogor hanya untuk menikmati suasananya, yang sejujurnya memang sudah tidak se-sejuk dulu.

Sejalan dengan itu, tentu kamu sadar kalau Indonesia sedang gandrung-gandrungnya dengan kopi yang ditandai dengan munculnya banyak kedai kopi di kota-kota besar. Tidak heran pula saat ini banyak kafe-kafe dan kedai-kedai kopi juga turut bermunculan di Kota Bogor.

Dari puluhan, bahkan mungkin ratusan yang ada, kami telah coba merangkum tempat-tempat ngopi terbaik yang bisa kamu coba di Kota Bogor ini. Percaya deh, kamu tidak akan menyesal bila ke sana.

#1 Rumah Kopi Ranin

ranin bogor

Tidak berlebihan kalau kami sebut Rumah Kopi Ranin sebagai salah satu kedai kopi modern yang berdiri lebih dahulu dibandingkan kedai-kedai kopi yang ada saat ini. Bahkan boleh dibilang Rumah Kopi Ranin merupakan salah satu acuan bagi banyak pemilik kedai kopi di Kota Bogor saat ini.

Ranin sendiri, menurut Tejo Pramono dan Uji Sapitu sang pendiri merupakan singkatan dari Rakyat Tani Indonesia. Boleh dibilang mereka berdua merupakan salah satu pejuang kopi yang mau ‘repot-repot’ membela hak petani kopi Indonesia yang seringkali dikecilkan.

Tidak heran kalau Rumah Kopi Ranin bisa bertahan begitu lama, meski tetap kental dengan konsep kafe yang jauh dari kata modern. Bahkan saat ini Tejo Pramono sukses melakukan re-branding dengan memindahkan kedai kopi mereka dari tengah kota ke tengah-tengah hutan dan perkebunan milik IPB.

Kamu yang pecinta kopi sejati, memahami cita rasa kopi, dan kritis soal itu, harus datang ke tempat ini. Selain mendapatkan pengalaman ngopi, Tejo Pramono sang pemilik seringkali ‘berkeliaran’ di kedainya untuk membagikan ilmu kopinya yang luas kepada konsumennya.

Pengalaman itulah yang menurut kami akan sangat sulit kamu dapatkan di tempat manapun. Pengalaman ngopi seutuhnya, dengan suasana santai yang memang sengaja dibuat bagi para konsumennya untuk saling berinteraksi bertatap muka tanpa hingar bingar internet cepat.

Alamat Jl. Alternatif IPB No.Desa, Cikarawang, Kec. Dramaga, Jawa Barat, Bogor Barat, Bogor.

#2 Kopi Nako

kopi nako bogor

Bila kamu menginginkan Secangkir Kopi lengkap dengan suasana yang edgy abis kopi, maka ngopi di Kopi Nako merupakan salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu coba di Kota Bogor ini.

Boleh jadi Kopi Nako merupakan salah satu yang pertama, di mana sang pemilik membuatnya berdampingan dengan Warung Nako yang merupakan warteg kekinian yang menurut kami sangat instagramable.

Nah kamu juga tidak perlu khawatir mengenai harga yang ditawarkan di Kopi Nako dan Warung Nako ini. karena sang pemilik mematok harga yang tidak terlalu mahal mulai dari harga belasan ribu hingga yang paling mahal satu paket berharga Rp40.000.

Adapun kopi yang dijual di kopi nako ini menurut kami juga cukup beragam kok mah bukan hanya Espresso cappuccino ataupun nanti dan Americano, mainkan beberapa kopi khas yang dimiliki oleh Kopi Nako itu sendiri.

Harganya pun Menurut kami amat terjangkau mulai dari belasan ribu hingga yang termahal berharga Rp29.000. Yang pasti dengan datang ke tempat ini menurut kami kamu bisa memenuhi feed Instagram yang kamu punya karena memang latar belakangnya yang amat menarik.

Alamat Jl. Pajajaran Indah V No.7, Baranangsiang, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16143

#3 Raindear Coffee and Kitchen

kopi bogor

Satu lagi tempat ngopi di Bogor yang tidak kalah hits dengan beberapa tempat yang ada di dalam daftar ini. Diberi nama dengan asal kata rusa dan hujan yang memang menjadi ciri khas dari kota Bogor, Raindear sukses menjadi tempat nongkrong paling hits di Bogor.

Tempatnya yang sangat instagramable, tidak terlalu besar, namun menawarkan suasana yang sangat nyaman dan tentunya ditemani dengan makanan serta minuman minuman yang rasanya Menurut kami enak  membuat Raindear menjadi salah satu yang terbaik di Kota Bogor.

Yang jelas tempat ini menurut kami sangat cocok dijadikan tempat berkumpul bagi kamu yang ingin bersama teman-teman dekat ataupun bahkan bagi kamu yang ingin berkumpul bersama keluarga besar.

Bagi kamu yang sendiri tempat ini juga cocok untuk menjadi salah satu tempat favorit kamu. Hanya saja bila kamu ingin pergi ke tempat ini kamu harus bersiap-siap, karena meski parkiran yang sudah cukup luas seringkali pengunjung terlalu membludak sehingga sulit mencari parkir.

Untuk minuman yang ditawarkan, memang cenderung menu-menu yang kekinian sehingga mungkin tidak cocok bagi lidah semua orang. Tapi tenang saja karena tempat ini juga menawarkan dessert-dessert yang tentu saja memiliki rasa yang enak.

Alamat Jl. Bina Marga I No. 7, Bogor Timur, Bogor

#4 Popolo Coffee Sentul

kopi bogor

Kalau Kamu sudah suntuk dengan suasana kota yang pernah, penuh dengan mobil dan sesak dengan orang-orang yang sangat emosian maka Popolo Sentul merupakan salah satu tempat yang cocok untuk kamu melepas penat.

Karena memang terletak di Bukit Sentul yang memiliki kontur perbukitan sang pemilik sukses menyulap Popolo menjadi salah satu tempat yang yang menurut kami adalah salah satu dengan pemandangan terbaik di Kota Bogor.

Memang sih di kota Bandung tempat-tempat semacam ini bisa kamu temukan dengan mudah, tapi bagi kamu yang tinggal di Jakarta tentu saja pergi ke kota Bandung hanya untuk kopi merupakan pilihan yang kurang bijaksana.

Untuk itulah popolo Sentul hadir untuk menawarkan suasana yang bisa menghilangkan rasa penat setelah seminggu penuh bekerja di Jakarta. Sayangnya jumlah kursi yang disediakan belum sebanding dengan jumlah pengunjung yang ada, apalagi di akhir pekan.

Kenapa memang ada beberapa spot-spot yang menurut kami terlalu cantik untuk tidak diabadikan, sehingga banyak orang yang menginginkan sebuah tersebut. Konsekuensinya seringkali kursi-kursi yang ada menjadi penuh karena banyak orang yang mengantri untuk mengisi spot tertentu hanya untuk berfoto.

Untuk rasa kopinya juara! Hari ini tentu saja diperlukan, apalagi saat ini nyatanya banyak pengunjung yang sudah lebih kritis soal kopi. Oleh karena itulah sang pemilik mau repot-repot mempekerjakan barista yang handal.

Untuk menu andalan dimiliki oleh Popolo Sentul yang bisa kamu coba bersama teman-temanmu adalah  avocado coffee. Ekstrak biji kopi yang wangi dipadukan dengan jus alpukat asli, akan memberikan pengalaman yang sulit dilupakan.

Alamat Sentul City, Taman Budaya Sentul, Jl. Siliwangi No. 1, Sentul, Bogor

#5 Milarian Coffee and Eatery

kopi bogor

Kedai kopi yang satu ini memang baru dibuka. Meski demikian di umur yang masih kurang dari 1 tahun, kedai kopi Milarian sukses memberikan pelanggannya kopi dengan cita rasa yang sulit  ditemukan di tempat lain.

Mengusung tema kopi aku, kopi kamu, dan kopi dia, Milarian memberikan kamu pengalaman ngopi kekinian dengan cita rasa yang disesuaikan dengan lidahmu. Karena ketika kopi kekinian tersebut memiliki cita rasa yang berbeda-beda.

Kamu yang menyukai kopi pahit kami sarankan untuk mencoba kopi milarian aku, sementara kamu yang menyukai kopi dengan rasa yang seimbang bisa mencoba kopi milarian kamu, dan kamu yang hanya bisa minum kopi manis boleh mencoba kopi milarian dia.

Meski tempatnya tidak semenarik kopi Nako, ataupun kopi Raindear, Miladian yang memang mengusung tema kopi nyunda memiliki tempat yang terbuka. Hal inilah yang membuat kedai kopi ini cocok dijadikan tempat untuk ngumpul bersama teman.

Sayangnya di tempat ini belum ada tempat terpisah untuk pengunjung yang merokok mampu dan tidak merokok, hari ini barangkali sesuai dengan konsep sang pemilik yang memang menginginkan kedai kopi dengan konsep open space.

Tapi bagi kamu yang ingin me time atau pun ingin bekerja, tempat kopi ini sangat cocok dijadikan tempat menyendiri kok karena memiliki wi-fi yang menurut kami termasuk paling cepat di kota Bogor.

Alamat Jl. Pandawa No. 54, Bogor Utara, Bogor

#6 Dailydose Coffee and Eatery

kopi enak bogor

Tidak jauh berbeda dengan beberapa kafe yang kami Tampilkan di dalam daftar ini, Dailydose menawarkan kamu beragam makanan serta kopi yang enak dengan suasana yang menurut kami sangat nyaman.

Meski demikian tempat ini menawarkan salah satu menu yang menurut kami cukup menarik dan sulit ditemui di tempat mana pun sama yakni healthy food yang terdiri atas berbagai macam buah-buahan, susu, serta yogurt dan granola.

Selain itu kamu juga bisa memesan berbagai macam minuman ataupun makanan dengan nama-nama yang fancy. Menariknya Kamu bisa membeli berbagai menu tersebut dengan harga yang cukup terjangkau di kantong, bahkan untuk ukuran pelajar sekalipun.

Selain itu Dailydose yang terdiri dari 2 lantai menawarkan suasana yang berbeda di lantai 1 serta di lantai kedua. Untuk kamu yang ingin ketenangan, bekerja, dan me time cocok untuk ngopi-ngopi di lantai 1.

Sementara itu bagi kamu yang ingin datang ke sini bersama teman-teman, ingin reuni, dan ingin seru-seruan bersama teman-temanmu tersebut, cocok untuk menyantap makanan dan ngopi bareng di lantai 2.

Alamat Jl. Achmad Adnawijaya No. 141A, Bogor Utara, Bogor

#7 Baked and Brewed Coffee

kopi bogor

Pernah mendengar Taman Sempur? Kamu yang bukan orang Bogor namun pernah mendengar Taman Sempur pasti tahu bahwa di sini merupakan salah satu tempat berkumpulnya banyak orang-orang di akhir pekan.

Biasanya orang melakukan jalan santai, berolahraga, hingga nongkrong-nongkrong di sana Untuk menghabiskan waktu mereka. Namun kami di sini bukan untuk membahas tempat tersebut melainkan untuk membicarakan Baked and Brewed yang merupakan salah satu tempat kopi dengan suasana yang asri.

Baked and Brewed yang terletak di dekat Taman Sempur ini suasana cafe yang dikelilingi dengan pohon-pohon rindang. Oleh karena itulah tempat ini menurut kami cocok untuk kamu yang sedang berada di Kota Bogor dan ingin melakukan short escape.

Terlebih lagi bagi kamu yang tinggal di kota Jakarta yang memiliki suhu yang cukup panas. Dijamin deh kamu Pasti akan merasakan ketenangan di bawah kesejukan pohon Rindang yang mengelilingi Cafe ini.

Alamat Colonial Building, Jl. Salak No. 6, Bogor Tengah, Bogor

Baca Juga Wisata dengan Pemandangan Alam Terindah, Wisata Short Escape Jakarta

Pekerjaan/4 Mar 2020

Alasan Resign Terbaik (dan Terburuk) untuk Berhenti Kerja

Sering terjadi pada anak milenial yang memang dikenal sebagai salah satu generasi yang kreatif namun seringkali mengalami kebosanan dengan mudah: ingin keluar dari pekerjaan yang sedang dilakukan saat ini.

Memang keluar dari pekerjaan bukanlah hal yang salah, apalagi bila menurutmu uang yang kamu hasilkan dari sana tidak sebanding dengan waktu serta tenaga yang kamu berikan kepada perusahaan pemberi kerja.

Yang salah adalah ketika kamu ditanyakan mengenai alasan kamu keluar dari pekerjaan, dan kamu tidak mampu memberikan alasan yang baik. Hingga kemudian itu menjadi bumerang bagi kamu dan membuatmu stuck.di karir apapun

Ini dia alasan terbaik dan terburuk yang bisa kamu berikan kepada perusahaan apabila kamu ingin berhenti kerja.

Baca Juga Pertanyaan Jebakan Wawancara Kerja, Tips Wawancara Kerja Supaya Diterima

Alasan Terbaik Untuk Berhenti Bekerja

Ada beberapa alasan yang menurut kami cukup baik kamu terapkan apabila memang kamu telah bulat memutuskan untuk keluar dari pekerjaan yang sedang kamu lakukan saat ini.

Meski demikian kami tetap merekomendasikan kamu untuk menjelaskan kepada perusahaan lama kamu mengenai alasanmu keluar dari tempat tersebut. Hindari bohong kepada perusahaan tempatmu bekerja.

#1 Menemukan Pekerjaan Baru

Sudah jelas menemukan pekerjaan baru merupakan salah satu alasan yang harus kamu berikan kepada pihak manajemen apabila kamu ingin keluar dari perusahaanmu tempatmu bekerja saat ini.

Selain itu kamu juga bisa memberikan alasan kepada pihak manajemen Mengapa kamu ingin pindah ke kantor baru mu tersebut. Hal ini tidak akan menjadi masalah, apalagi bila kantor barumu itu sudah punya reputasi yang baik.

Selain itu kamu juga harus merapikan seluruh pekerjaanmu sebelum menemukan kantor berumur tersebut. Termasuk merapikan isi dari kantor laptop ataupun komputer perusahaan yang sebelumnya kamu gunakan.

Sehingga kamu bisa bilang kepada pihak manajemen bahwa sebelum memutuskan untuk pindah ke kantor barumu tersebut, kamu sudah mengerjakan seluruh hal yang seharusnya kamu kerjakan di kantor lama.

Hal semacam inilah yang akan mencegah pihak manajemen menilai buruk tentangmu, apalagi sampai mengirim surat kepada kantor baru mu tentang perilaku mu di kantor lamamu tersebut.

#2 Mengubah Jalur Karir

Alasan terbaik setelah menemukan pekerjaan baru, tentu saja adalah karena kamu ingin mengubah jalur karir kamu saat ini. Seringkali hal ini terjadi terutama pada lulusan-lulusan muda yang masih bingung mengenai pilihan karir yang harus mereka ambil.

Saat menjelaskan kepada pihak manajemen bahwa kamu ingin mengubah jalur karirmu, ada beberapa cara yang membuat kami cukup aman:

  • Kamu ingin pergi karena kamu ingin memastikan bahwa karirmu berpindah dari dunia industri menjadi dunia klinis misalnya bagi kamu yang lulusan psikologi.
  • Kamu merasa saat ini kamu sudah berkembang secara maksimal di bidang yang sedang kamu jalani di kantor ini, namun kamu ingin mencari kesempatan baru agar karirmu bisa berkembang dengan lebih baik.
  • Kamu boleh berkata kepada pihak manajemen bahwa kamu ingin mencari jalur jalur baru di luar jalur yang sedang kamu lakoni saat ini.
  • Kamu juga boleh berkata kepada pihak manajemen, bahwa kamu sangat berterima kasih karena sudah diberikan kesempatan untuk bekerja dan tentu berkembang di kantor tersebut. Namun kamu memiliki mimpi yang jauh lebih besar untuk bekerja di kantor yang sudah sejak lama kamu impikan.
  • Selain itu kamu juga bisa berkata kepada pihak manajemen bahwa kamu ingin melanjutkan sekolah Master ataupun doktoral demi mencapai jalur karir yang kamu inginkan.

Dengan beberapa alasan tersebut menurut kami pihak manajemen tidak akan memandang negatif kepergianmu dari kantor. Meski demikian hindari menjelek-jelekkan kantor lamamu sebagai alasan bagi kamu untuk pergi.

#3 Restrukturasi Organisasi

Alasan ini biasanya digunakan bagi kamu yang sudah mencapai posisi cukup tinggi di perusahaan, misalnya supervisor, pemimpin tim, hingga manajer tingkat menengah ataupun manajer tingkat atas.

Terkait alasan restrukturasi organisasi, ada beberapa cara berkomunikasi kepada pihak manajemen untuk menyampaikan hal tersebut:

  • Kamu boleh berkata bahwa saat ini kamu merasa sulit untuk bernavigasi sebagai pemimpin tim di dalam perusahaan tersebut. Kamu juga boleh melampirkan bukti misalnya produktivitas tim yang menurun, hingga kondisi moral yang secara umum menjadi turun karena keterbatasan mu di dalam bernavigasi.
  • Ada beberapa perusahaan yang melakukan pemangkasan jumlah karyawan terkait efektivitas pekerjaan serta kemampuan dalam menggaji karyawan. Bila kamu rasa perusahaanmu melakukan hal ini, dan sedikit banyak hal ini mempengaruhi produktivitas dari kamu dan tim yang kamu punya, kamu boleh menyampaikannya sebagai alasan untuk kamu keluar dari kantor tersebut.
  • Selain itu seringkali beberapa perusahaan juga melakukan perubahan struktur secara mendadak tanpa sepengetahuan para karyawannya, dalam hal ini misalnya kamu. Hal ini juga bisa menjadi alasan bagi kamu untuk keluar dari kantormu tersebut.

Seluruh alasan ini merupakan alasan yang tepat bagi kamu untuk keluar. Karena toh memang Setiap perusahaan baru saja mengharapkan produktivitas yang tinggi dari para pekerjanya.

Tapi manager mana yang bisa meningkatkan produktivitas perusahaan, apabila terjadi restrukturisasi atau malah bahkan pemangkasan jumlah karyawan secara mendadak di perusahaan bukan?

Memang hal ini bisa terjadi, dan seolah-olah perusahaan adalah pihak yang bersalah. Itulah ketika menyampaikan alasan ini kamu harus ekstra hati-hati sehingga tidak menyinggung pihak perusahaan.

#4 Alasan Pribadi

Alasan pribadi memang terdengar sebagai salah satu alasan keluar dari pekerjaan yang paling klise. Namun percayakah kamu kalau alasan ini merupakan salah satu alasan yang paling sering diutarakan bagi para pekerja yang ingin keluar.

Memang alasan ini bisa menjadi klise, kalau pihak perusahaan tidak melihat urgensi dari alasan pribadimu tersebut. Untuk itulah menurut kami adalah beberapa alasan pribadi yang bisa kamu pakai bila ingin keluar:

  • Bila memang ada sanak saudara yang sakit dan kamu diharapkan bisa merawat mereka, tidak ada salahnya kamu menyampaikan masalah ini sebagai alasan kamu untuk keluar pekerjaan. Tapi kamu juga harus memberikan alasan yang cukup kuat,  karena ada kemungkinan kamu tetap dipertahankan oleh perusahaan apabila menyampaikan alasan ini. Apalagi bila memang kamu merupakan karyawan yang cukup berprestasi.
  • Selain itu ada beberapa orang yang menyampaikan alasan mereka pindah ke luar kota atau bahkan ke luar negeri setelah mereka menikah. Hal ini juga bisa menjadi alasan yang baik dan tidak akan banyak dipermasalahkan oleh kantor tempat kamu bekerja.
  • Kamu yang memiliki masalah kesehatan serius sudah tentu boleh menjadikan masalah tersebut sebagai salah satu alasan kamu keluar dari pekerjaan yang sedang kamu jalan. Tapi jangan sekali-sekali berbohong ya, karena biasanya perusahaan akan meminta bukti yang sah misalnya surat keterangan sakit dari dokter yang merawat kamu.
  • Alasan pribadi terakhir yang cukup sering diutarakan dan menurut kami akan sulit ditolak bagi perusahaan adalah alasan mengasuh anak. Mengasuh anak merupakan pilihan pribadi seseorang apalagi bagi pasangan bekerja yang baru memiliki anak kecil. Dalam kasus seperti ini tidak ada alasan bagi perusahaan untuk mempertahankan kamu. Selain itu perusahaan juga tidak berhak menyalahkan alasan tersebut dan membuat namamu menjadi buruk.

Secara umum alasan pribadi merupakan salah satu alasan yang menurut kami cukup baik. Karena memang alasan pribadi yang kami sebutkan diatas cukup sulit untuk ditolak bagi perusahaan sebagai alasan kamu keluar pekerjaan.

Akan tetapi jangan sekali-sekali berbohong untuk alasan pribadi di atas tersebut. Yakinlah, perusahaan biasanya akan meminta surat surat resmi untuk membuktikan alasan pribadimu adalah benar.

Apabila kamu tertangkap basah berbohong sudah tentu perusahaan tersebut akan melakukan blacklist terhadap namamu. Lebih jauh lagi jangan sampai pihak HRD perusahaan lamamu memberitahu kepada calon perusahaan barumu bahwa kamu melupakan seseorang yang senang berbohong.

#5 Mendapatkan Kesempatan yang Lebih Baik

Alasan mendapatkan kesempatan yang lebih baik barangkali terdengar mirip dengan alasan nomor 1 di telingamu. Padahal kesempatan yang lebih baik ini bukan hanya mendapatkan pekerjaan baru menurut kamu lebih menarik loh.

Berikut ini adalah beberapa alasan yang bisa kamu sampaikan kepada manajemen apabila kamu mendapatkan kesempatan yang lebih baik sehingga kamu ingin keluar dari tempat bekerjamu yang saat ini:

  • Kamu yang saat ini masih bekerja sebagai pegawai part time dan kemudian mendapatkan pekerjaan yang menawarkan untuk bekerja sebagai pegawai full time boleh menyampaikan kepada pihak manajemen mengenai alasanmu keluar terkait hal ini. Percayalah untuk alasan yang satu ini pihak perusahaan tidak akan mencap-mu buruk karena hal ini.
  • Kamu juga boleh menjelaskan kepada perusahaan lama mu bila ingin keluar, apabila memang kamu mendapatkan gaji serta jenis pekerjaan yang lebih baik di perusahaanmu yang baru.
  • Kamu juga tidak akan disalahkan oleh perusahaan apabila kamu menjelaskan bahwa kamu telah mendapatkan kantor yang menurut kamu lebih mudah untuk dicapai baik menggunakan kendaraan umum ataupun menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini amat baik disampaikan apalagi bila kantor tempatnya bekerja saat ini tidak menyediakan uang ataupun kendaraan khusus bagi kamu yang pulang pergi dalam jarak yang cukup jauh.
  • Di luar dari beberapa alasan ini kamu boleh boleh saja menyampaikan kepada perusahaan lamamu bahwa kamu keluar karena di perusahaan baru tempat kamu bekerja, kamu mendapatkan berbagai macam penawaran yang lebih menarik. Intinya jangan sekali-sekali menjelek-jelekkan perusahaan bekerja saat ini di dalam surat berhenti kerja yang kamu ajukan kepada manajemen.

Alasan Terburuk Untuk Berhenti Kerja

Memang ada beberapa alasan terbaik yang patut kamu sampaikan kepada pihak manajemen apabila kamu ingin keluar dari tempat mau bekerja saat ini.  Tapi tidak menutup kemungkinan alasan-alasan tersebut bukanlah alasan yang paling jujur yang ingin kamu sampaikan.

Beberapa alasan untuk berhenti kerja yang akan kamu tulis di bawah ini barangkali merupakan alasan paling jujur yang ingin kamu sampaikan. Hal itu memang baik, tapi untuk saat ini kami tidak merekomendasikan kamu untuk menyampaikan alasan alasan di bawah ini.

  • Jangan pernah menyampaikan alasan bahwa kamu sudah tahu kalau kamu akan dipecat oleh perusahaan sehingga kamu ingin keluar dari perusahaan tersebut.
  • Menyampaikan bahwa perusahaan tempat kamu bekerja sekarang merupakan perusahaan yang buruk dan tidak memperhatikan karyawan,  meski hal itu memang benar.
  • Menyampaikan bahwa kamu tidak menyukai pekerjaan dan tugas tugas yang diberikan oleh kantor tempatnya bekerja saat ini.
  • Menyampaikan bahwa kamu tidak menyukai jadwal serta shift yang telah diatur oleh kantor tempatmu bekerja saat ini.
  • Menyampaikan bahwa kamu membenci kolega atau bahkan kamu membenci supervisor dan manajer serta pemimpin perusahaan tempatmu bekerja saat ini. Meski hal ini merupakan hal yang benar dan barnagkali adalah hal yang paling jujur. Kami sangat tidak merekomendasikan kamu menyampaikan hal ini kepada perusahaan ketika kamu memutuskan untuk berhenti bekerja.
  • Selain itu jangan pernah menyampaikan bahwa Kamu merasa bahwa pekerjaan yang diberikan terlalu sulit, hak-hakmu tidak diberikan, atau kamu sedang mengalami masalah di luar pekerjaan yang kamu hadapi saat ini.

Percayalah beberapa alasan terburuk di atas akan membuat namamu dampak buruk di hadapan manajemen. Lebih jauh lagi kamu seharusnya khawatir bahwa manajemen tempat perusahaan mau bekerja saat ini akan menghubungi calon perusahaanmu dan memberitahukan sifatmu tersebut.

Selain itu kamu juga diharamkan menyampaikan hal-hal ini ketika melakukan wawancara di calon perusahaanmu yang baru. Karena pihak manajemen akan menganggap kamu memiliki pribadi yang negatif.

Sudah jelas bukan tidak ada perusahaan yang ingin memiliki karyawan yang memiliki pribadi negatif, apalagi bila dihawatirkan bisa mempengaruhi banyak karyawan yang ada di sana.

Baca Juga Cara Membuat Surat Lamaran Kerja, Cara Membuat Surat Pengalaman Kerja

Penutup

Pada akhirnya seluruh alasan yang kami utarakan di sini bisa kamu sampaikan baik manajemen tempat kamu bekerja saat ini ataupun ketika kamu ditanya pada saat wawancara di calon tempat kerjamu yang baru.

Terakhir untuk alasan apapun kami tidak merekomendasikan kamu untuk berbohong terkait hal ini karena biasanya penyeleksi memiliki cara mereka masing-masing untuk mendeteksi calon pekerjanya yang berbohong.

Pulsa & Kuota/5 Mar 2020

Apa Itu Payment Gateway, Bagaimana Cara Pakainya?

Di zaman sekarang siapa sih orang yang tidak pernah melakukan pembelian barang secara online? Lebih jauh lagi diketahui bahkan di tahun 2018 15% dari total penjualan barang-barang di dunia dilakukan secara online.

Meski hanya 15%, Sudah tahu bahwa angka ini dicapai hanya dalam waktu kurang dari 20 tahun saja semenjak berkembangnya berbagai macam e-commerce yang ada di dunia saat ini.

Di Indonesia sendiri yang memang masyarakat yang cukup konsumtif, e-commerce banyak yang mampu berkembang menjadi Unicorn bahkan Decacorn akibat tingginya volume transaksi.

Hal ini membuat banyaknya online payment gateway yang bermunculan di Indonesia, tapi apakah sebenarnya online payment gateway itu dan apakah manfaatnya begitu besar di era digital seperti saat ini?

Baca Juga Apa itu PayPal dan Bagaimana Cara Pakainya, Cara Beli Token Listrik di Indomaret

Mengenal Online Payment Gateway

Per definisi online payment Gateway merupakan salah satu teknologi baru yang saat ini banyak digunakan oleh merchant untuk menerima pembayaran baik itu menggunakan kartu debit atau kartu kredit secara online dari konsumen mereka.

Bila di masa lalu payment gateway tidak mengenal istilah payment Gateway secara online, saat ini payment gateway online jujur merupakan salah satu metode pembayaran yang cukup digemari oleh para konsumen.

Di era yang serba digital seperti saat ini metode online payment Gateway merupakan salah satu faktor yang menentukan apakah para konsumen akan menyukai layanan yang diberikan oleh merchant atau tidak.

Karena toh memang pembayaran merupakan salah satu fitur penting yang wajib ada dan harus dimiliki oleh setiap E-commerce yang beredar di Indonesia dan di seluruh dunia saat ini.

Online payment membuat pembayaran yang dilakukan antar negara menjadi jauh lebih mudah dibandingkan 10 atau bahkan 5 tahun terakhir, karena itulah online payment gateway menjadi amat penting.

Nah akan tetapi tidak mungkin setiap e-commerce yang membuat layanan jualan toko online memiliki fitur payment gateway karena tentunya pengurusan dari payment gateway itu sendiri akan menjadi rumit.

Untuk itulah saat ini banyak perusahaan perusahaan e-commerce besar yang memanfaatkan layanan online payment Gateway dari third party atau dari perusahaan lain untuk memudahkan konsumen yang berbelanja di toko online mereka.

Mudahnya apabila kamu sedang membeli mainan di Tokopedia, misalnya. Samsat online payment Gateway seperti alterra misalnya akan Membantu proses pembayaran dengan cara mentransfer uang yang kamu punya ke Tokopedia.

Mengapa Begitu Penting Memperhatikan Online Payment Gateway

Dalam beberapa survei survei terkemuka yang dilakukan kepada para konsumen yang berbelanja secara online diketahui bahwa online payment gateway merupakan salah satu faktor mereka memilih e-commerce tertentu.

Kualitas online payment Gateway yang tidak baik akan membuat banyak calon konsumen yang seharusnya membeli barang di toko online yang kamu punya akan berbalik arah keluar.

Di satu sisi ada banyak perusahaan yang menawarkan layanan online payment Gateway dengan mudah serta cukup ringan namun tidak diimbangi dengan keamanan yang cukup baik.

Oleh karena itulah kamu harus memperhatikan kualitas dari online payment Gateway yang kamu punya. Bahwa kamu harus memiliki online payment Gateway yang cukup efisien untuk dijalankan di dalam platform serta dengan keamanan yang tinggi adalah kewajiban.

Bagaimana Cara Kerja Online Payment Gateway

Karena online payment gateway menitikberatkan pekerjaan mereka kepada keamanan informasi informasi sensitif yang diberikan oleh penggunanya, maka salah satu fitur penting yang dimiliki oleh platform online payment gateway adalah proses enkripsi yang baik.

Berikut ini akan kami jelaskan beberapa langkah mudah bagaimana sebenarnya cara kerja online payment gateway:

  1. Setelah konsumen selesai melihat-lihat barang yang mereka ingin cari di sekolah biasanya mereka akan menekan tombol submit atau check out.
  2. Setelah mereka menemukan tombol check-out baru lah Nanti secara otomatis platform e-commerce tersebut akan membawa konsumen konsumen mereka ke halaman pembayaran.
  3. Di laman pembayaran inilah biasanya para konsumen akan diminta untuk mengisi berbagai macam informasi sensitif terkait akun akun bank mereka misalnya.
  4. Nah biasanya masing-masing online payment gateway memiliki caranya masing-masing untuk melindungi konsumen dari tercurinya data-data sensitif tersebut.
  5. Bila pembayaran tersebut sudah mendapatkan approval barulah pihak bank akan memberikan cek apakah konsumen tersebut benar-benar memiliki uang sejumlah yang ia masukkan untuk membeli barang tersebut. Jumlah uang yang ditagih oleh pihak e-commerce bisa dibayarkan oleh konsumen maka transaksi dianggap berhasil.
  6. Adapun bila pihak bank mengetahui bahwa konsumen tersebut tidak memiliki cukup uang untuk membayar yang ingin mereka beli maka secara otomatis pihak bank akan mengirim pesan tidak atau “no” kepada pihak merchant dan nantinya pihak merchant akan mengirimkan pesan error kepada konsumen.
  7. Sehat bank sudah meng-approve pembayaran yang dilakukan oleh konsumen maka yang merencanakan mendapatkan pesan “yes” dan bisa langsung mendapatkan uang dari bank tersebut.
  8. Setelah ke tujuh langkah diatas selesai maka pihak Konsumen akan mendapatkan bahwa barang yang mereka pesan sudah dalam pemrosesan.

Meski dalam praktiknya proses ini memakan waktu yang sangat singkat, bahkan kurang dari waktu satu jam saja. Tapi sebenarnya proses ini memerlukan langkah yang panjang dan detail.

Hal ini tentu saja untuk mencegah kejadian kejadian yang tidak diinginkan terjadi kalau misalnya pencurian data sensitif atau bahkan malah pencurian uang yang dimiliki oleh nasabah mereka.

Apakah Online Payment Gateway Saat ini Sudah ‘Aman’?

Bila kita berbicara soal keamanan tentu saja berbagai macam teknologi yang ada saat ini sudah cukup aman. Tetapi tentu saja masih akan selalu ditemukan celah celah keamanan di setiap teknologi yang kita gunakan.

Online payment gateway sendiri sudah memiliki standar keamanan yang cukup tinggi. Berikut ini adalah cara bagaimana online payment gateway menjaga keamanan pada penggunanya:

  • Cara yang paling Umum dilakukan oleh para penyedia layanan online payment gateway untuk menjaga keamanan data para nasabahnya adalah dengan menggunakan alamat situs https. Sendiri merupakan singkatan dari secure yang berarti pembayaran ini menggunakan kanal yang lebih aman di dalam internet.
  • Selain itu pihak pemain gtw dan merchant biasanya memiliki tanda-tanda ataupun kode-kode khusus yang berfungsi sebagai salah satu metode validasi dari transaksi yang dilakukan oleh konsumen di merchant tersebut.
  • Selain itu pihak penyedia online payment Gateway biasanya juga memiliki teknologi untuk melacak dan memverifikasi ip alamat IP Yang digunakan oleh merchant (konsumen) untuk bertransaksi.
  • Online payment Gateway biasanya juga menggunakan teknologi point to point encryption yang merupakan salah satu metode terbaik untuk menjaga keamanan transaksi dari para konsumen. Proses ini bila dijabarkan memang mau makan waktu yang panjang Karena untuk setiap langkah langkah yang ada akan dilakukan enkripsi dan dekripsi dari masing-masing pihak. Akan tetapi pada prakteknya justru langkah ini tidak terlalu lama dan meningkatkan keamanan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan metode metode yang lain.

Selain itu saat ini dunia sendiri memiliki salah satu standar terkait transaksi jual beli yang di namakan dengan PCI DSS atau payment card industry data security standard. Saking pentingnya bahkan banyak perusahaan payment Gateway yang berlomba-lomba mendapatkan sertifikat level satu dari mereka.

Padahal ada sangat banyak persyaratan yang cukup rumit dan njlimet yang mereka berikan. Tapi toh hal ini dilakukan semata-mata untuk keamanan bagi para pengguna jasa mereka bukan?

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Online Payment Gateway

Kita sudah melihat bagaimana cara kerja mereka dan seberapa aman mereka. Kini saatnya kita membahas beberapa keuntungan yang bisa didapatkan bagi para merchant bila menggunakan online payment gateway.

  1. Dengan adanya standar keamanan yang tinggi online payment Gateway diketahui saat ini merupakan salah satu metode pembayaran yang memiliki keamanan yang sangat baik. Bahkan diketahui standar keamanan ini melindungi baik si pemilik toko ataupun si pembeli dalam transaksi.
  2. Di era digital seperti ini siapa sih yang tidak menggunakan mobile banking atau metode pembayaran online lainnya? Isi mereka tentu saja penggunaan online payment gateway akan memperlebar pasar yang mereka punya karena semakin banyak orang yang tertarik berbelanja di tempat yang mudah cara pembayarannya.
  3. Selain itu ada banyak layanan layanan online payment Gateway menawarkan potongan-potongan serta bundle-bundle yang cukup menarik baik bagi merchant ataupun bagi konsumen. Siapa sih yang tidak suka penawaran macam ini?
  4. Terakhir dengan memiliki layanan online payment Gateway artinya kamu telah membuka toko yang kamu punya selama 24 jam penuh dan tujuh hari dalam seminggu. Bahkan kamu yang membuka toko setiap hari ini tidak perlu membayar karyawan yang tentu saja meningkatkan efisiensi kerja di toko yang kamu punya.

Nah tapi perlu diingat untuk setiap teknologi yang digunakan tentu ada kerugian dibalik keuntungannya yang begitu besar. Berikut ini adalah kerugian dari penggunaan online payment gateway yang telah diketahui:

  1. Salah satu kerugian terbesar dari penggunaan online payment gateway adalah risiko terjadinya informasi-informasi sensitif yang dimiliki baik oleh konsumen ataupun oleh pihak merchant. Meski dengan standar keamanan tinggi yang dimiliki oleh layanan online payment Gateway, kami yakin masih ada celah celah keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan pencurian data data sensitif ini.
  2. Selain itu secanggih apapun sistem yang dimiliki oleh penyedia layanan pembayaran ini pasti ada kemungkinan terjadi permasalahan teknis. Kan kita permasalahan teknis sudah terjadi pasti mereka membutuhk waktu untuk mengembalikan sistem ini. Sekarang bayangkan bila saat terjadi kerusakan sistem ada ratusan ribu konsumen yang sedang melakukan transaksi di platform e-commerce yang ada. Bayangkan berapa miliar jumlah uang yang saat ini sedang terkatung-katung dan berapa banyak orang yang sedang cemas karena ketidakpastian ini.

Online Payment Gateway di Indonesia

ceo

Indonesia sendiri diketahui merupakan salah satu negara dengan penduduk yang sangat konsumtif. Hal ini dapat terlihat dari menjamurnya e-commerce yang ada di seluruh Indonesia.

Menjemur e-commerce yang ada ini diikuti dengan menjamurnya pula layanan layanan online payment Gateway yang memberikan penawaran yang amat menarik saat ini. Berikut ini adalah diantaranya:

  • Alterra
  • DOKU
  • iPaymu
  • Midtrans
  • Xendit

Seluruh layanan online payment gateway tersebut diketahui merupakan yang terbaik di Indonesia. Sehingga kamu tidak perlu meragukan layanan serta keamanan yang mereka berikan terhadap konsumen ataupun merchant.

Baca Juga Listrik Mahal? Ini dia Cara Hitung Tagihan Listrik

Bisnis/4 Mar 2020

Langkah Menuju Financial Freedom ala Merry Riana

Sering terjadi di negara-negara berkembang, dimana rakyatnya yang bahkan belum cakap mengerti apa itu financial freedom sudah banyak berbicara mengenai hal tersebut. Lebih jauh lagi banyak pula diantara mereka yang memimpikan financial freedom di usia muda.

Hal ini tercermin dari pencarian di mesin pencari Google yang menunjukkan pencarian kata kunci financial freedom di usia muda meningkat pesat. Apalagi semenjak bermunculan influencer dan orang-orang kesohor yang tampak mapan dan kaya.

Salah satu pesohor yang seringkali dijadikan panutan, baik ucapan maupun kebiasaannya adalah Merry Riana. Lewat bukunya di masa lalu, mimpi satu juta dollar, Merry Riana sukses membius banyak kawula muda untuk bermimpi menjadi milyuner.

Nah jangan cuma bisa bermimpi, ini dia beberapa langkah untuk menuju financial freedom ala Merry Riana.

Apa itu Financial Freedom?

banyak uang

Sebelum kita berbicara lebih jauh mengenai financial freedom ada baiknya kamu dan kita menyamakan persepsi. Mengenai apa itu sebenarnya financial freedom yang didamba-dambakan oleh anak muda saat ini.

Financial freedom haruslah bersifat personal, dimana kamu bisa bermimpi sebesar-besarnya dan membuat tujuan khusus terkait hal tersebut. Kebanyakan orang-orang berpendapat bahwa financial freedom adalah seperti hal-hal di bawah ini:

  • Kebebasan untuk menentukan karir dan jenjang karir tanpa harus memikirkan uang sebagai salah satu faktor pertimbangan di dalam bekerja.
  • Kebebasan untuk menentukan tempat wisata internasional setiap tahun tanpa harus cemas uang akan terkuras.
  • Kebebasan untuk gonta ganti mobil mewah tanpa harus mengecek rekening bank setiap kali ingin membeli mobil tersebut..
  • Kebebasan untuk beramal kepada orang lain tanpa harus khawatir berapa sisa uang kita setelah kita beramal.
  • Kebebasan untuk pensiun di usia dini.
  • Dan masih banyak lagi.

Beberapa definisi tersebut tentu saja adalah benar, toh karena setiap definisi yang berdasarkan opini tidak bisa disalahkan bukan? Nah dari sana coba lah kamu lihat, bahwa selalu ada kata-kata penting yang tidak pernah terlewatkan: khawatir.

Orang yang sudah mencapai financial freedom tidak akan pernah khawatir mengenai pengeluaran yang ia lakukan. Baik itu untuk hal-hal yang sifatnya rekreasional, gawat darurat, atau sekadar untuk beramal kepada orang lain.

Boleh dibilang ketika mendadak mobil yang kamu gunakan rusak, dan tagihan bulan ini mendadak bengkak, tapi kamu tidak khawatir uang mu akan habis untuk men-servis mobil tersebut. Bisa dipastikan kamu sebenarnya sudah mencapai financial freedom, in a way tentu saja.

Baca Juga Usaha Sampingan untuk Karyawan, Usaha Sampingan Paling Mudah

Belajar dari Merry Riana?

Kalau mendengar nama Merry Riana, kebanyakan masyarakat Indonesia yang sudah melek budaya literasi pasti tidak asing. Nah kami pastikan pembaca kami yang budiman ini pasti juga mengenal Merry Riana.

Melalui bukunya yang menjadi bestseller ia saat itu menceritakan mengenai kisah hidupnya yang biasa saja, yakni menjadi seorang wanita yang hidup sendiri di negeri orang dan kemudian berusaha mencari uang untuk bertahan hidup.

Kisahnya kemudian menjadi luar biasa ketika segala usaha (yang pastinya dilakukan oleh banyak orang dengan kondisi yang sama), membuahkan hasil 1 juta dollar di usianya yang baru menginjak 26 tahun.

Jadi, tidak salah bukan kalau sekarang kita coba mengambil beberapa ilmu penting dari Merry Riana tentang beberapa langkah yang harus kamu tempuh untuk mencapai financial freedom di usia muda.

Tahap Pertama: Financial Mess

Sama seperti kebanyakan orang, Merry Riana sebelum bisa mencetak satu juta dollar di usia 26 tahun, mengalami apa yang ia beri nama dengan financial mess. Di awal-awal tersebut ia harus berutang untuk bisa sekolah di Singapura.

Mungkin ceritamu berbeda dengan cerita Merry Riana, tapi satu yang bisa kami pastikan bahwa kamu yang saat ini masih bermimpi mencapai financial freedom kemungkinan besar tengah berada di tahap financial mess.

Baru lulus kuliah, belum ada pekerjaan, atau malah mirip seperti Merry Riana dimana kamu harus berkuliah namun dengan bekal uang minimal? Intinya kebanyakan orang akan melek finansial ketika sedang berada di tahap ini.

Financial mess berarti masa dimana seseorang belum memiliki kemampuan atau kecerdasan finansial yang mumpuni. Kalau kamu merasa demikian, kamu tidak perlu khawatir karena ada jutaan orang di luar sana yang sama denganmu.

Di tahap ini ada beberapa hal terkait kecerdasan finansial yang harus kamu pelajari. Berikut ini adalah beberapa hal tersebut.

Belajar mengatur uang – terdengar klise, membosankan, dan seperti sia-sia. Tapi percayalah bahwa pengaturan uang yang bersih dan sehat merupakan langkah awal menuju financial freedom.

Tanda bahwa kamu belum bisa mengatur uang dengan baik adalah pengeluaranmu yang seringkali sama dengan atau malah lebih dari pendapatan yang kamu dapatkan setiap bulannya. Hal ini merupakan salah satu hal yang sering dialami orang-orang di kota besar.

Tuntutan untuk hidup yang serba cepat dan difasilitasi dengan fasilitas serba cepat dengan harga yang tinggi, tuntutan untuk bersosialisasi dengan biaya yang tak karuan, dan biaya hidupnya yang memang tinggi yang digadang-gadang menjadi biang keladinya.

Belajarlah untuk tidak hidup dari hutang-ke-hutang, dan alih-alih buatlah pos-pos pengeluaranmu di awal bulan. Untuk setiap uang yang berlebih ataupun kurang di setiap pos, bisa kamu lakukan pengaturan ulang.

Misalnya di awal kamu membuat pengaturan uang bensin Rp 1 juta, namun ternyata selama 6 bulan berturut-turut pengeluaran bensinmu hanya Rp 800 ribu. Nah kamu bisa mengatur pos bensin tersebut untuk menutup pos lainnya yang kekurangan uang.

Bersihkan keuanganmu – maksudnya kamu yang saat ini sudah mulai berpikir untuk keluar dari fase financial mess wajib hukumnya membersihkan keuanganmu dari hutang-hutang dan tagihan bulanan yang tidak perlu.

Ini bukan perkara riba atau bukan, tapi kebanyakan penasehat keuangan pun berpendapat bahwa debt-free alias bebas hutang merupakan salah satu tahapan yang cukup penting bila kamu ingin mencapai financial freedom.

Maka dari itu di awal-awal ini bekerja keraslah sehingga seluruh hutang dan cicilan yang kamu punya bisa terbayarkan.

Pilihan karir penting – salah satu kesalahan yang dilakukan oleh banyak orang adalah dengan memilih karir asal-asalan dan ‘seadanya’. Dimana ada kesempatan, mereka ambil, dan mereka menganggap setidaknya bekerja daripada menganggur.

Alih-alih seperti itu, ada baiknya kamu berpikir ulang mengenai pilihan karir yang akan kamu jalani. Karena untuk mencapai financial freedom setidaknya ada beberapa hal terkait karir yang bisa kamu pikirkan:

  1. Dimanakah 10 tahun lagikamu berada, apakah pilihan karirmu saat ini akan sesuai dengan target-target yang telah kamu buat.
  2. Apakah dengan pekerjaan tersebut kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan penghasilan lebih.
  3. Apakah dengan memilih jalan karir tersebut kamu mendapatkan kesempatan untuk bertumbuh secara pribadi ataupun secara profesional.
  4. Apakah karir yang kamu pilih memungkinkanmu untuk bisa menabung dan mencapai targetmu?

Bila kamu sudah mengetahui kondisi kesehatan keuanganmu, belajar mengatur uang, hingga kemudian bisa mengatur uang dengan baik. Artinya kamu sudah siap untuk mencapai ke tahap selanjutnya.

Tahap Kedua: Financial Security

Setelah kamu memiliki kekayaan yang cukup untuk bisa diputarkan di berbagai macam instrumen investasi. Saatnya kamu mulai berpikir soal kemanan finansial, sebelum kamu benar-benar bisa berinvestasi.

Boleh dibilang di usianya yang 22 tahun, Merry Riana sudah memiliki kecerdasan finansial yang baik. Terbukti karena di usianya yang 22 tahun, Merry Riana sudah memastikan pengeluarannya harus lebih kecil dari pendapatannya, dan ia pun menjadi anti berhutang.

Selain itu Merry Riana juga mengingatkan bahwa setelah lepas dari fase financial mess maka seseorang sudah harus mulai menabung untuk mengumpulkan uang darurat. Adapun jumlah uang darurat yang harus kamu kumpulkan sebelum investasi adalah sebagai berikut:

  1. Jika kamu masih bujangan, maka jumlah tabungan darurat tersebut adalah tiga kali pengeluaran bulanan minimalmu.
  2. Jika kamu sudah memiliki seorang istri maka jumlah tabungan darurat tersebut adalah enam kali pengeluaran bulanan minimalmu.
  3. Apabila kamu sudah memiliki satu orang anak maka jumlah tabungan darurat tersebut adalah 12 kali pengeluaran bulanan minimalmu.

Jumlah ini pada dasarnya bukanlah jumlah yang baku, namun bisa menjadi patokan bagi kamu yang masih kebingungan. Adapun dana darurat ini hanya bisa kamu gunakan bila benar-benar mengalami situasi darurat.

Misalnya pengeluaran bulananmu 4 juta rupiah, dan saat ini kamu masih sendiri. Maka di tabunganmu setidak-tidaknya harus tersimpan 12 juta rupiah yang tidak boleh kamu keluarkan dalam kondisi apapun kecuali darurat.

Liburan dadakan, beli laptop dadakan, itu bukan hal darurat. Hal darurat yang kami maksud misalnya ketika tabunganmu sudah tipis, menyentuh 13 juta rupiah dalam kasus di atas. Tapi kamu terpaksa berobat ke dokter dengan tagihan 5 juta, maka mau tak mau kamu harus mengambil tabungan darurat itu.

Di tahapan ini kamu belum bisa menginvestasikan uangmu di berbagai instrument investasi yang ada. Karena nya kamu harus benar-benar fokus untuk menyimpan uang di tabungan hingga melebihi dana daruratmu.

Bila dana darurat terpenuhi, maka kamu sudah bisa naik kelas ke tahap financial flexibility. Di tahapan selanjutnya nanti kamu sudah boleh mencari instrument-instrument investasi yang tentu cocok dengan kondisi keuanganmu.

Tahap Ketiga: Financial Flexibility

Fase ini hanya bisa kamu nikmati bila kamu sukses membersihkan ‘kotoran’ di dalam tabunganmu, dan setelah kamu sukses mengumpulkan dana darurat yang cukup sesuai dengan kebutuhan bulananmu.

Setelah itu kamu sudah mendapatkan uang berlebih yang bisa kamu investasikan di pos-pos investasi tertentu. Namun untuk yang satu ini kami menyarankan kamu bertanya kepada ahlinya, karena investasi tentu saja tidak semudah itu.

Adapun kamu yang memiliki keberanian lebih dan jiwa kewirausahaan, maka kami sarankan untuk mencoba bisnis kecil-kecilan. Kamu yang belum berani berbisnis maka boleh mencoba membuka franchise murah di awal-awal.

Merry Riana sendiri di tahap ini sukses bekerja 14 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Berkat kerja kerasnya itu maka ia sukses mendapatkan 220.000 SGD atau saat itu setara dengan 2 miliar rupiah. Hanya dalam 1 tahun saja!

Awalnya ia berpikir untuk menaruh uang di instrument investasi yang ada. Nah kamu pun boleh begini, namun perlu diingat bila jumlah uang yang diinvestasikan belum terlalu banyak maka hasilnya pun tidak terlalu banyak.

Untuk alasan itulah Merry Riana sendiri kemudian memutuskan untuk berbisnis, meski berisiko tinggi tapi uang yang dihasilkan pun jauh lebih tinggi kok. Ibaratnya sih low risk low return, high risk high return.

Intinya sih semakin banyak modal yang kamu gelontorkan ke dalam bisnis yang kamu jalankan, tentu saja semakin besar perputaran uangnya. Akhirnya tentu saja semakin besar keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Tahap Keempat: Financial Freedom

Menurut Merry Riana, seseorang bisa dikatakan telah mencapai tahap financial freedom bila ia sudah bisa berinvestasi dimanapun tanpa harus memperdulikan ataupun mencemaskan sisa tabungan yang ia miliki.

Sejalan dengan beberapa definisi sebelumnya, financial freedom hanya akan bisa dicapai bila tidak ada lagi rasa khawatir di dalam diri terhadap uang yang kamu miliki saat ini. Lebih jauh lagi kamu yang telah mencapai fase ini biasanya sudah tidak bekerja untuk uang.

Biasanya kamu yang sudah mencapai fase ini hanya akan bekerja demi passion dan lebih jauh lagi bahkan kamu bisa bekerja dengan alasan untuk berkarya. Kamu yang belum sampai di tahap ini bersabar ya!

Nah ternyata menurut Merry Riana untuk bisa mencapai financial freedom kamu ‘hanya’ butuh menaiki 4 anak tangga saja kok. Bila sudah mencapai anak tangga tertinggi, yakin deh rasanya akan sangat nikmat!

Baca Juga 24 Pilihan Bisnis Franchise Murah tapi Untung, Usaha Modal Minimal Untung Maksimal

Bisnis/7 Mar 2020

Yuk Belajar Membuat Laporan Keuangan yang Mudah

Sejak zaman dahulu hingga saat ini ada keterampilan dan pengetahuan penting yang jarang diajarkan di sekolah, khususnya bagi anak-anak yang masuk jurusan IPA ketika duduk di bangku SMA, yakni ilmu keuangan sederhana.

Padahal dengan mempelajari ilmu keuangan sederhana banyak orang akan menjadi melek finansial, bisa membuat strategi keuangan dalam hidup, serta terhindar dari risiko kebangkrutan di masa tua.

Selain itu dengan belajar membuat laporan keuangan sederhana, kamu yang memiliki usaha ataupun perusahaan kecil akan bisa mengembangkan usahamu dengan lebih baik lagi. Tidak percaya? Yuk dibaca saja!

Baca Juga Contoh Proposal Bisnis Plan, Cara Membuat Company Profile yang Menarik

Apa itu Laporan Keuangan?

Laporan keuangan merupakan informasi keuangan perusahaan yang dapat digunakan sebagai acuan untuk menilai kinerja perusahaan tersebut di dalam satu periode tertentu, bisa setiap bulannya, setiap kuartal, hingga setiap tahunnya.

Siapa yang akan menilai kinerja perusahaan tersebut? Pertama jelas bagi para manajer laporan keuangan bisa dijadikan patokan untuk mengambil kebijakan strategis perusahaan yang sedang ia jalankan.

Selain itu laporan keuangan nantinya bisa berfungsi sebagai acuan penilaian bagi komisaris perusahaan terhadap direksi perusahaan. Bagaimana para direksi mempertanggungjawabkan kinerja perusahaan serta bagaimana para komisaris mengevaluasi perusahaan.

Terakhir laporan keuangan berguna bagi perusahaan yang ingin mencari investor, artinya tidak hanya perusahaan besar melainkan kamu yang baru merintis perusahaan pun wajib memiliki laporan keuangan yang baik.

Seorang investor yang baik harus bisa membaca laporan keuangan dengan baik pula, dari sanalah nantinya investor tersebut bisa memutuskan apakah akan mendanai perusahaan tersebut atau tidak.

Jenis Laporan Keuangan

Meski judulnya laporan keuangan, setidaknya ada beberapa laporan dasar yang harus kamu ketahui terkait laporan keuangan. Beberapa diantara laporan keuangan dasar yang penting untuk dibuat adalah sebagai berikut:

  1. Laporan laba rugi – merupakan laporan yang mampu menunjukkan apakah perusahaan yang kamu jalankan sedang berada dalam posisi laba atau rugi.
  2. Laporan perubahan modal – alias capital statement yang mampu menunjukkan perubahab modal yang bisa digunakan di awal periode oleh suatu perusahaan. Dari laporan ini kamu bisa mengetahui seberapa besar perubahan modal dari periode sebelumnya hingga periode saat ini, dan apa yang mendasari perubahan tersebut.
  3. Neraca keuangan – nah yang satu ini merupakan salah satu laporan keuangan terpenting yang mampu menampilkan akun aktiva, pasiva (kewajiban), serta modal di dalam satu periode.
    • Aktiva merupakan seluruh aset yang dimiliki perusahaan dan diketahui memiliki nilai manfaat di masa mendatang. Aktiva sendiri terbagi menjadi aktiva lancer dan aktiva tetap.
    • Pasiva / Kewajiban merupakan utang lancar dan utang jangka panjang, atau dengan kata lain seberapa besar uang yang mesti kamu keluarkan di dalam satu periode.
    • Modal merupakan harta kekayaan perusahaan yang dalam hal ini dipunyai oleh si pemilik perusahaan.
  4. Laporan arus kas – merupakan laporan yang juga amat penting dimana laporan ini mampu menunjukkan perputaran dana di dalam perusahaan, baik dana masuk dan dana keluar. Tujuannya tentu saja sebagai bentuk pengawasan serta pengendalian pemanfaatan dana yang dimiliki oleh perusahaan.

Cara Membuat Laporan Keuangan

Untuk bisa membuat laporan keuangan sederhana ada tujuh langkah mudah yang bisa kamu ikuti. Dengan ketujuh langkah ini kami harap kamu tidak pusing-pusing lagi bila ingin membuat laporan keuangan di awal usahamu!

#1 Membuat Laporan Neraca Saldo

Neraca saldo bisa dibilang sebagai salah satu bukti akuntansi yang menunjukkan kesamaan jumlah sisi debit maupun Sisi kredit di akhir periode akuntansi dari perusahaan yang kamu jalankan saat ini.

Neraca saldo bisa dibuat dengan cara menyusun jurnal yang ada. Kamu bisa membuat tabel dengan urutan no rekening – nama rekening – debit – kredit. Lalu memasukkan seluruh komponen yang ada di dalam tabel tersebut.

Dari neraca saldo inilah nantinya kamu bisa melihat keseimbangan antara debit maupun kredit dari keseluruhan rekening buku besar perusahaan atau usaha yang sedang kamu jalankan saat ini.

Intinya neraca saldo dibuat sebagai salah satu metode untuk melakukan pengecekan ulang Apakah proses pemindahan buku jurnal ke buku besar sudah dilakukan oleh akuntan dengan benar.

Berikut ini adalah format dari neraca saldo yang lazim digunakan oleh banyak perusahaan baik perusahaan perusahaan kecil maupun perusahaan menengah dan besar:

  1. Bagian judul dari neraca saldo berisi
    1. Nama Perusahaan
    2. Judul Laporan
    3. Periode Pelaporan
  1. Bagian utama dari neraca saldo berisi
  • . Daftar akun yang digunakan
  1. Saldo sisi debit
  2. Saldo sisi kredit

Sementara itu format yang umum digunakan dari pembuatan neraca saldo dalam melaju ke bawah dengan bagian samping paling kanan merupakan saldo debit maupun kredit dari perusahaan.

Sekali lagi di akhir total debit dan kredit dari neraca saldo di periode yang kamu buat tersebut, pastikanlah jumlahnya selalu sama. Ingat lagi bahwa fungsi dari neraca saldo adalah untuk pengecekan ulang keseimbangan antara uang yang masuk dan keluar.

#2 Membuat Jurnal Penyesuaian

Ketika kamu menuliskan nilai-nilai aset yang kamu punya di buku besar, perlu diingat bahwa nilai-nilai tersebut bisa jadi berubah di akhir pencatatan ketika kamu ingin melaporkan keuangan dari perusahaan mu.

Bila di akhir pencatatan sebelum pelaporan tidak dilakukan penyesuaian dari nilai tersebut dikhawatirkan akan terjadi kurang catat ataupun lebih catat yang akan mempengaruhi keakuratan dari pencatatan keuangan perusahaan tersebut.

Untuk menghindari hal tersebutlah kemudian dari buku besar serta neraca saldo yang kamu punya harus dibuat jurnal penyesuaian Adapun akun-akun yang harus disesuaikan di akhir periode pelaporan keuangan adalah:

  • Akun perlengkapan – merupakan akun-akun dimana perlu dilakukan penyesuaian setelah adanya pemakaian dari akun-akun tersebut.
  • Akun beban dibayar di muka – merupakan segala sesuatu yang pembayarannya dilakukan di awal serta memerlukan penyesuaian di akhir karena waktu sudah dijalani atau pun telah mencapai waktu jatuh tempo.
  • Akun pendapatan – merupakan akun yang perlu disesuaikan Apabila ada pendapatan pendapatan yang belum diperhitungkan, atau dalam hal ini penerimaan yang ketika periode pelaporan belum menjadi pendapatan.
  • Akun beban – merupakan Akun-akun yang perlu disesuaikan Apabila ada beban beban yang di belum diperhitungkan atau dalam hal ini pembayaran yang saat pembuatan laporan belum menjadi beban.

Intinya jurnal penyesuaian dibuat sebagai salah satu metode untuk meng-update pos-pos yang sekiranya berbeda kondisi riil dengan pencatatan di awal ketika membuat buku pembukuan dan neraca saldo.

#3 Membuat Neraca Lajur

Kata-kata dari neraca lajur barangkali merupakan kata-kata yang asing ditelinga kamu. Tapi sebenarnya neraca lajur bila di bahasa Inggriskan menjadi worksheet yang pastinya sering kamu dengar bukan?

Secara definisi neraca lajur merupakan suatu lembaran worksheet yang terdiri atas banyak kolom ataupun lajur yang dibuat untuk menghimpun data-data akuntansi yang rumit sehingga bisa disusun menjadi laporan keuangan yang sistematis.

Adapun proses penyusunan dari neraca lajur adalah sebagai berikut ini:

  1. Neraca lajur biasanya diisi dengan cara bersusun 10 kolom:
    1. Kolom pertama merupakan kolom daftar saldo yang di bawahnya terdiri atas kolom debet dan kolom kredit.
    2. Kolom kedua terdiri atas kolom penyesuaian yang terdiri atas kolom debet dan kolom kredit.
    3. Kolom ketiga merupakan kolom daftar saldo yang yang sudah disesuaikan dan terdiri pula atas kolom debit dan kolom kredit.
    4. Kolom keempat merupakan kolom laba rugi yang lagi-lagi terdiri atas kolom debet dan kolom kredit.
    5. Kolom kelima berisi dari laporan posisi keuangan ataupun neraca yang terdiri dari kolom debet dan kredit.
  2. Pertama-tama masuk kan seluruh saldo yang ada di dalam buku besar ke dalam kolom daftar saldo di formulir neraca lajur.
  3. Setelah itu sesuaikan pos-pos ataupun akun-akun yang perlu disesuaikan berdasarkan kolom daftar saldo.
  4. Masukkanlah nilai-nilai pos ataupun akun yang telah disesuaikan tersebut di kolom ke-3 alias kolom daftar saldo setelah penyesuaian.
  5. Setelah itu pindahkan jumlah-jumlah dalam kolom daftar saldo untuk dimasukkan ke dalam kolom laba rugi di kolom keempat.
  6. Terakhir jumlahkan seluruh kolom kolom yang ada di kolom laba rugi serta kolom laporan posisi keuangan untuk dimasukkan ke dalam kolom terakhir sebagai angka pengimbang di kolom debet ataupun kredit di kolom kelima.

#4 Membuat Laporan Laba Rugi

Bisa dikatakan bahwa laporan laba rugi merupakan salah satu laporan paling penting yang ada di laporan keuangan karena bisa menunjukkan kinerja keuangan perusahaan secara langsung pada periode yang sesuai.

Dari laporan laba rugi ini biasanya pemilik perusahaan ataupun investor bisa memantau kemajuan ataupun penurunan dari kondisi keuangan perusahaan alias fungsi dashboard yang vital.

Apabila pendapatan dari sebuah perusahaan lebih besar daripada beban yang mereka miliki artinya perusahaan tersebut memiliki laba. Sebaliknya jika pendapatan lebih kecil daripada beban yang mereka miliki artinya perusahaan tersebut mengalami rugi.

Sebelum membuat laporan laba rugi ada baiknya kamu mengetahui jenis-jenis laba yang ada di laporan laba rugi:

  1. Laba Kotor – merupakan hitungan laba kasar yang ditentukan dari pengurangan pendapatan perusahaan dengan biaya produksi yang mencakup harga pokok penjualan..
  2. Laba operasi – adapun laba operasi merupakan laba yang diperoleh sebagai perhitungan pendapatan dikurangi dari biaya operasional.
  3. Laba sebelum pajak – Kemudian ada yang dikenal dengan laba sebelum pajak di mana laba ini merupakan laba yang diperoleh sebelum dikenai pajak penghasilan.
  4. Laba bersih – Merupakan laba yang bisa mencerminkan secara utuh mengenai kemampuan perusahaan di dalam mengonversi pendapatan menjadi laba.

Mungkin kamu bingung mengapa pendapatan dan laba merupakan dua hal yang berbeda. Tapi perhatikanlah contoh di bawah ini:

  • Laba Kotor
    • Penjualan Bersih Rp 10.000,-
    • HPP Rp 3.000,-
    • Laba kotor (penjualan – HPP) = Rp 7.000,-
  • Laba Operasional
    • Biaya operasional Rp 1.000,
    • Laba operasional (Laba kotor – biaya operasional) = Rp 6.000,-
  • Laba Sebelum pajak
    • Beban Lain Rp 500,-
    • Laba sebelum pajak (laba operasional – beban lain) = Rp 5.500,-
  • Laba Bersih
    • Pajak 5%
    • Laba bersih (Laba sebelum pajak – pajak) = RP 5.225,-

Kamu lihat dari pendapatan yang didapatkan sebesar Rp10.000 perusahaan tersebut hanya mendapatkan laba Rp 5.225 saja. Oleh karena itulah kita harus boleh membedakan pendapatan dengan laba bersih.

Nah intinya laporan laba rugi Spesial menyajikan data data mengenai hasil penjualan perusahaan serta pembelian bersih dan total laba ataupun rugi kotor yang didapatkan oleh sebuah perusahaan.

#5 Membuat Jurnal Penutup

Jurnal penutup merupakan sebuah jurnal yang cukup penting di dalam akuntansi karena fungsinya sesuai dengan namanya adalah untuk menutup jurnal dari akhir periode akuntansi yang sedang dibuat.

Sehingga di akhir periode tersebut saldo akun-akun tersebut akan kembali menjadi 0 untuk nantinya dibuat menjadi laporan di periode akuntansi yang berikutnya. Adapun cara membuat jurnal penutup adalah sebagai berikut ini.

Menutup akun pendapatan – Akun pendapatan sesuai dengan namanya merupakan penghasilan yang telah diperoleh oleh sebuah perusahaan di dalam satu periode laporan akuntansi.

Pendapatan di dalam suatu perusahaan sendiri boleh berasal dari kegiatan langsung usaha perusahaan tersebut ataupun pendapatan tidak langsung dapatkan dengan cara-cara lain selain dari usaha perusahaan tersebut.

Untuk menutup akun pendapatan kamu cukup memindahkan rekening dari akun pendapatan ke rekening ikhtisar laba rugi.

Menutup akun beban – Sebaliknya akun akun beban merupakan akun yang merupakan sumber daya yang kamu keluarkan selama melakukan usaha dalam rangka memperoleh pendapatan perusahaan.

Sama seperti akun pendapatan, akun beban terdiri atas beban langsung yang memang usaha langsung untuk kegiatan usaha serta beban lain yang merupakan beban yang tidak berhubungan dengan kegiatan usaha dari sebuah perusahaan.

Untuk menutup akun beban kamu juga tinggal memindahkan rekening dari akun beban ke rekening ikhtisar laba rugi.

Menutup ikhtisar laba rugi – Bila usaha telah selesai tentunya kamu harus membuat penutupan ikhtisar laba rugi. Nantinya ikhtisar dari laba rugi ini akan dipindahkan saldonya ke akun modal perusahaan.

Di dalam usaha sendiri tentu saja kamu bisa menemui keuntungan atau pun menemui kerugian tergantung dari performa perusahaan selama tahun berjalan. Oleh karena itulah ada dua kemungkinan skenario yang terjadi:

  1. Bila perusahaan memperoleh laba maka akun ikhtisar laba rugi nantinya akan di debit kan dan akun modal akan dikreditkan.
  2. Perusahaan mengalami kerugian maka akun modal yang akan diterbitkan dan akun ikhtisar laba rugi yang akan dikreditkan.

Menutup akun prive  – Terakhir di dalam jurnal penutup biasanya terdapat akun prive yang merupakan penarikan modal oleh pemilik dan umumnya dilakukan oleh perusahaan perusahaan berskala mikro dan kecil.

Penutupan akun prive dilakukan dengan cara memindahkan akun prive ke akun modal, mudah bukan?

#6 Membuat Neraca Saldo Pasca Penutupan

Neraca saldo setelah penutupan merupakan raja yang memang dibuat secara khusus agar para akuntan bisa memastikan bahwa seluruh saldo yang tertera di dalam buku besar nilainya seimbang.

Neraca saldo setelah penutupan sendiri pada umumnya akan dibuat apabila kamu ataupun si pemilik perusahaan ingin kembali membuka jurnal baru untuk periode berikutnya setelah selesai membuat laporan keuangan di periode saat ini.

Neraca saldo setelah penutupan biasanya diisi dengan rekening rekening riil yang berupa aktiva utang serta modal yang akan digunakan untuk usaha di periode setelahnya Karena setelah proses penutupan biasanya rekening-rekening nominal harus sudah memiliki saldo 0.

Pada dasarnya sih setelah membuat jurnal penutup artinya kamu telah selesai membuat laporan keuangan, dan neraca saldo pasca penutupan haruslah dibuat apabila memang kamu ingin melanjutkan usaha di periode berikutnya.

Baca Juga Penentu Gagal dan Suksesnya Suatu Bisnis, Belajar dari 10 Pengusaha Tersukses Indonesia

Rekomendasi untuk kamu
Pekerjaan/4 Mar 2020
Alasan Resign Terbaik (dan Terburuk) untuk Berhenti Kerja

Sering terjadi pada anak milenial yang memang dikenal sebagai salah satu generasi yang kreatif namun seringkali mengalami kebosanan dengan mudah: ingin keluar dari pekerjaan yang sedang dilakukan saat ini. Memang keluar dari pekerjaan bukanlah hal yang salah, apalagi bila menurutmu uang yang kamu hasilkan dari sana tidak sebanding dengan waktu serta tenaga yang kamu berikan […]

Wisata/4 Mar 2020
7 Tempat Ngopi Paling Nikmat di Bogor

Bogor si Kota Hujan menyimpan banyak tempat-tempat yang mampu menenangkan hati yang sedang suntuk, dan perasaan yang sedang tak karuan. Tidak heran kalau para penjajah di masa lampau memberi Kota Bogor gelar Buitenzorg yang kira-kira berarti kota tanpa kerisauan. Hingga hari ini pun masih banyak orang-orang dari kota besar di sekitar Kota Bogor yang datang […]

Bisnis/5 Mar 2020
Apa itu Cek, dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Kalau kamu pernah menonton film di Hollywood, kamu pasti tidak asing dengan yang namanya cek. Biasanya si pemeran orang kaya akan menuliskan Nominal uang di selembar kertas untuk diberikan kepada orang lain. Nantinya orang yang diberikan selembar cek tersebut akan menukarkan uang sejumlah dengan Nominal uang yang tertera di dalam teks tersebut. Tapi apakah benar […]

Bisnis/7 Mar 2020
Cara Membuat Analisis SWOT (step-by-step)

Di dalam berorganisasi dan berbisnis ada banyak tools atau perlengkapan yang bisa kamu gunakan dalam rangka meningkatkan efektivitas serta efisiensi dari tim yang kamu pimpin, sehingga bisa meningkatkan produktivitas dari organisasi tersebut. Beberapa tools yang ada berkaitan erat dengan monitoring, kontrol kualitas, serta proses evaluasi yang tentu harus selalu dilakukan secara rutin oleh orang-orang yang […]

Bisnis Umum/7 Mar 2020
Cara Membuat Infografis yang Mudah dan Cepat

Infografis merupakan salah satu metode komunikasi yang cukup populer belakangan ini. Hal ini karena dengan kesederhanaan infografis ada banyak pesan yang bisa disampaikan kepada para pembacanya. Perlu diketahui keberadaan infografis sebenarnya baru diminati sekitar 1 hingga 2 dekade terakhir saja. Akan tetapi perkembangan yang begitu pesat membuat infografis saat ini bisa kita temui di semua […]

Tips/7 Mar 2020
Cara Mengecek Sertifikat BPN Online yang Mudah

Sebagai warga negara yang taat hukum, sudah tentu seseorang yang memiliki tanah ataupun bangunan yang berkedudukan di Indonesia harus mengurus sertifikat tanah sebagai salah satu bukti legal. Meski demikian permasalahan tanah merupakan salah satu permasalahan yang cukup Sering kita temui di masyarakat. Apalagi di masa lalu pencatatan sertifikat tanah liat sertifikat BPN belum seperti saat […]

Pekerjaan/7 Mar 2020
Gaji Satpol PP di Tahun 2020 (Terbaru)

Apakah kamu tahu bahwa satpol PP salah satu perangkat pemerintah yang seringkali dipandang sebelah mata padahal Satpoll PP diketahui memiliki banyak manfaat bagi pemerintah daerah yang bersangkutan. Satpol PP sendiri merupakan perangkat pemerintah yang merupakan perpanjangan tangan dari kepala daerah. Dimana kepala daerah bisa mengandalkan satpol PP  sebagai salah satu perangkat untuk menjaga keteritiban umum […]

Pulsa & Kuota/7 Mar 2020
Memahami Unipin: Voucher Game Nomor Satu di Indonesia

Siapa sih yang tidak kenal Counter Strike, DOTA, atau Ragnarok? Game-game online tersebut dahulu sempat merajai dunia game online di Indonesia, dan bahkan kebanyakan dari mereka saat ini sudah memiliki penerus. Kamu yang sudah memainkan game online sejak beberapa tahun lalu pasti sudah sangat paham mengenai jual beli voucher. Bila di zaman dahulu kamu harus […]

Agen Pulsa/5 Mar 2020
Mengenal Apa itu Billing Payment Gateway

Percaya atau tidak di tahun 2018 diketahui e-commerce telah merajai hingga 15% dari seluruh penjualan ritel yang ada di seluruh dunia. Hal ini tentu saja menjadi kesempatan yang amat berharga bagi para pebisnis. Dengan banyaknya e-commerce yang bermunculan di seluruh dunia banyak juga perusahaan-perusahaan agregator yang berlomba-lomba untuk menyokong e-commerce tersebut sehingga bisa lebih hidup. […]

BPJS/7 Mar 2020
Pakai eDabu agar Lebih Mudah Urus BPJS

Indonesia saat ini telah memiliki salah satu sistem jaminan kesehatan dan sosial yang sudah mencakup hampir seluruh masyarakat Indonesia yang dikenal luas dengan BPJS Kesehatan serta BPJS Ketenagakerjaan. Memang kalau diingat-ingat di awal kemunculan BPJS ada banyak masalah yang muncul mulai dari polemik pendaftaran, masalah kepesertaan, hingga masalah hutang hutang yang saat ini masih belum […]

Bank/7 Sep 2020
Apa Sih Manfaat Kredit Tanpa Agunan (KTA)?

Istilah KTA atau Kredit Tanpa Agunan sudah akrab di telinga kita. Sepertinya hampir semua orang mengetahui apa itu KTA. Dari kepanjangannya saja kita sudah bisa menebak pengertiannya. KTA atau Kredit Tanpa Agunan adalah pemberian pinjaman atau kredit tanpa memerlukan persyaratan adanya jaminan apapun kepada pihak pemberi pinjaman, yang biasanya bank.  KTA seakan menjadi favorit orang […]

Bisnis/7 Sep 2020
Ini Dia Persiapan Untuk Memulai Bisnis Online

Apakah saat ini Anda berencana untuk memulai bisnis online? Memulai bisnis memang bukan hal yang mudah karena ada beberapa risiko yang akan dihadapi. Namun, bila Anda melakukan persiapan dengan matang serta memiliki keberanian untuk mencoba maka kedua hal tersebut sudah menjadi modal yang sangat baik.  Dengan begitu, risiko kegagalan usaha akan dapat diminimalkan sebaik mungkin. […]

Bisnis/7 Sep 2020
Cara Mendapatkan Pinjaman Untuk Modal Usaha

Anda jenuh bekerja di suatu perusahaan dan mau merintis usaha sendiri serta menjadi wirausaha? Dalam artikel ini akan dibahas 5 cara mendapatkan pinjaman uang untuk modal usaha. Tentu tidak akan mudah memulai suatu usaha baru, banyak tantangan yang menyertai. Baik tantangan saat akan memulai, tantangan saat menjalani, maupun tantangan di masa depan. Yang akan dibahas […]

Tips/5 Aug 2020
Kesalahan Dalam Memulai Bisnis Franchaise

Saat ini, banyak pebisnis yang mempertimbangkan franchise sebagai salah satu pilihan menggiurkan. Mungkin Anda sekarang juga tertarik untuk menjalankan waralaba. Beberapa alasan yang dapat meyakinkan Anda adalah sistem waralaba lebih mudah dijalankan serta cenderung mudah untuk dipromosikan.  Selain itu modal yang diperlukan bisa dimulai dari modal yang kecil dahulu. Bila Anda berminat untuk berinvestasi melalui […]

Tips/5 Aug 2020
4 Tips Maksimalkan Iklan Digital Untuk Menghadapi Pandemi

Di tengah pandemi COVID-19, iklan digital terasa seperti angin segar yang dapat membantu para pelaku usaha untuk dapat memastikan bisnisnya terus berjalan. Dengan memasang iklan, pelaku usaha dapat tetap memasarkan produk meski pelanggan setianya tetap berada di rumah untuk mengikuti imbauan serta aturan pemerintah dalam menekan penyebaran COVID-19. Naamun, agar hasil yang bisa didapatkan dengan […]

Bisnis/5 Aug 2020
Peluang Bisnis di Tengah Pandemi Corona

Kita tengah menghadapi krisis kesehatan global. Hampir semua sektor bisnis tiba-tiba terhenti. Pembatasan sosial, kondisi bekerja dari rumah, atau bahkan tidak bekerja sama sekali, juga mengubah perilaku konsumen. Perubahan perilaku konsumen ini tidak selalu berarti buruk. Di baliknya, tetap ada peluang bisnis yang menjanjikan. Berikut ini beberapa peluang yang layak kamu pertimbangkan. Layanan Pesan-Antar Bahan […]

Tips/5 Aug 2020
Cara Memulai Bisnis Dari Nol dan Tetap Menjanjikan

Lebaran menjadi momen yang paling ditunggu oleh kebanyakan orang di tanah air. Dalam momen tersebut setiap orang bisa berkumpul bersama keluarga. Apalagi bagi mereka yang bekerja di luar kota akan pulang kampung demi menyambut momen menggembirakan tersebut. Sayangnya, jika tidak cermat pengeluaran justru membengkak usai hari raya berakhir.  Masyarakat Indonesia di berbagai penjuru biasanya memiliki […]

Tips/5 Aug 2020
Tips Keuangan Tetap Hemat Pasca Lebaran

Lebaran menjadi momen yang paling ditunggu oleh kebanyakan orang di tanah air. Dalam momen tersebut setiap orang bisa berkumpul bersama keluarga. Apalagi bagi mereka yang bekerja di luar kota akan pulang kampung demi menyambut momen menggembirakan tersebut. Sayangnya, jika tidak cermat pengeluaran justru membengkak usai hari raya berakhir.  Masyarakat Indonesia di berbagai penjuru biasanya memiliki […]

Tips/24 Jul 2020
Cara Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home!

Di tengah pandemi yang virus corona yang sedang merebak di Indonesia dan diprediksi akan berakhir di bulan juli ini membuat banyak perusahaan untuk mengambil kebijakan supaya karyawannya bekerja dari rumah atau biasa disebut dengan Wok From Home. Selain beberapa perusahaan yang memilih kebijakan Work From Home juga ada beberapa perusahaan yang memilih untuk melakukan pemutusan […]

Tips/24 Jul 2020
Tips Mudah Mengelola Gaji Agar Tidak Boros

Jika Anda adalah salah satu pekerja yang memiliki gaji cukup besar, tapi gaji Anda selalu tidak bersisa? Itu adalah suatu indikasi bahwa manajemen keuangan Anda buruk dan membutuhkan cara untuk menyelamatkan kondisi finansial Anda. Sebelum membahas tentang cara menghemat penghasilan, ada baiknya jika Anda mengetahui dahulu apa sih kesalahan yang mengakibatkan hal tersebut sampai bisa […]

Pekerjaan
Pekerjaan 7 Mar 2020

Pekerjaan Paling Menjanjikan di Masa Depan

Pekerjaan merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia karena dengan bekerja tentu saja seorang manusia bisa mendapatkan uang untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidup dirinya dan barangkali keluarganya. Dengan berkembangnya zaman saat ini jauh lebih banyak pilihan pekerjaan yang bisa dipilih oleh orang-orang. Tidak menutup kemungkinan di masa depan jumlah pekerjaan yang bisa dipilih oleh manusia […]

Pekerjaan 7 Mar 2020

Intip Besaran Gaji PNS di Tahun 2020 Terbaru

Pegawai negeri sipil atau PNS merupakan salah satu pekerjaan yang boleh jadi merupakan pekerjaan idaman bagi banyak orang di Indonesia. Bahkan menurut kami pekerjaan ini bukan hanya jadi pekerjaan generasi Y saja. Terbukti dari membludaknya pelamar CPNS di tahun lalu dan tahun ini yang pastinya kebanyakan diisi oleh generasi z dan generasi milenial. Tidak salah […]

Pekerjaan 7 Mar 2020

Gaji Satpol PP di Tahun 2020 (Terbaru)

Apakah kamu tahu bahwa satpol PP salah satu perangkat pemerintah yang seringkali dipandang sebelah mata padahal Satpoll PP diketahui memiliki banyak manfaat bagi pemerintah daerah yang bersangkutan. Satpol PP sendiri merupakan perangkat pemerintah yang merupakan perpanjangan tangan dari kepala daerah. Dimana kepala daerah bisa mengandalkan satpol PP  sebagai salah satu perangkat untuk menjaga keteritiban umum […]

Pekerjaan 5 Mar 2020

Semua Hal yang Harus Diketahui Mengenai Digital Marketing

Di era industri 4.0 seperti saat ini, diketahui sedang terjadi pergeseran tren dimana para pelaku industri mulai memilih media online sebagai salah satu media untuk menjalankan industri mereka. Pergeseran tren ini membuat banyaknya pekerjaan-pekerjaan baru bermunculan, mulai dari ahli SEO, content writer, hingga salah satu yang paling diminati saat ini adalah sebagai seorang digital marketing. […]

Pekerjaan 4 Mar 2020

Alasan Resign Terbaik (dan Terburuk) untuk Berhenti Kerja

Sering terjadi pada anak milenial yang memang dikenal sebagai salah satu generasi yang kreatif namun seringkali mengalami kebosanan dengan mudah: ingin keluar dari pekerjaan yang sedang dilakukan saat ini. Memang keluar dari pekerjaan bukanlah hal yang salah, apalagi bila menurutmu uang yang kamu hasilkan dari sana tidak sebanding dengan waktu serta tenaga yang kamu berikan […]

Pekerjaan 6 Feb 2020

Kenali Gaya Kepemimpinan dan Cara Mengembangkannya

Di era modern seperti saat ini ada banyak perubahan yang terjadi di dunia kerja. Mulai dari efisiensi waktu, work life balance yang jauh lebih diperhatikan oleh perusahaan, hingga sistem kerja yang menurut kami banyak berubah dibandingkan beberapa tahun ke belakang. Meski demikian ada satu hal penting yang tidak banyak berubah dari zaman dahulu hingga saat […]

Pekerjaan 6 Feb 2020

Beasiswa Unggulan yang Patut Dicoba: LPDP Reguler

Salah satu keluhan yang cukup sering dikeluarkan oleh banyak orang di Indonesia adalah bahwa biaya pendidikan di perguruan tinggi yang amat mahal, membuat mereka merasa tidak diberikan kesempatan untuk duduk di bangku perkuliahan. Padahal percaya atau tidak, saat ini lebih banyak beasiswa menarik yang bisa coba dipilih bagi kamu yang memiliki semangat tinggi untuk mengenyam […]

Pekerjaan 6 Feb 2020

Tips dan Motivasi Kerja Untuk Kamu yang Sedang Lelah

Menjadi seorang karyawan yang bekerja untuk orang lain, atau bahkan untuk perusahaan besar sekalipun membuatmu rentan mengalami stress, kebosanan, hingga burnout. Hal itu merupakan hal yang wajar, bahkan sekalipun bila kamu mencintai pekerjaanmu. Kamu bisa saja berkata bahwa pekerjaanmu merupakan passion yang selama ini kamu damba-dambakan untuk dilakukan. Tapi beban kerja yang begitu tinggi, kurangnya […]

Pekerjaan 5 Jan 2020

Serba Serbi Kuliah Kelas Karyawan Lengkap

Bila di masa lalu menjadi karyawan, baik swasta ataupun pegawai BUMN merupakan salah satu puncak karir dan pendidikan seseorang, maka berarti saat ini telah terjadi perubahan zaman yang cukup signifikan. Dimana saat ini mulai banyak orang-orang yang meneruskan pendidikan setelah mereka bekerja di perusahaan-perusahaan tertentu. Alasannya bisa karena ingin mencoba pilihan karir lain, atau melakukan […]

Pekerjaan 5 Jan 2020

Softskill Wajib Dunia Kerja supaya Cepat Naik Jabatan

Setiap kali Anda berada di dalam institusi pendidikan ataupun dunia kerja, pasti Anda pernah mendengar nasihat untuk selalu mempelajari soft skill untuk mempercepat perkembangan karir Anda kelak. Tapi sebenarnya apakkah Anda benar-benar mengerti mengenai apa itu soft skill, apa perbedaannya dengan hard skill, soft skill apa saja yang perlu dipelajari, dan bagaimana bisa mendapatkan softskill […]

Bisnis
Bisnis 7 Sep 2020

Apa Sih Manfaat Kredit Tanpa Agunan (KTA)?

Istilah KTA atau Kredit Tanpa Agunan sudah akrab di telinga kita. Sepertinya hampir semua orang mengetahui apa itu KTA. Dari kepanjangannya saja kita sudah bisa menebak pengertiannya. KTA atau Kredit Tanpa Agunan adalah pemberian pinjaman atau kredit tanpa memerlukan persyaratan adanya jaminan apapun kepada pihak pemberi pinjaman, yang biasanya bank.  KTA seakan menjadi favorit orang […]

Bisnis 7 Sep 2020

Ini Dia Persiapan Untuk Memulai Bisnis Online

Apakah saat ini Anda berencana untuk memulai bisnis online? Memulai bisnis memang bukan hal yang mudah karena ada beberapa risiko yang akan dihadapi. Namun, bila Anda melakukan persiapan dengan matang serta memiliki keberanian untuk mencoba maka kedua hal tersebut sudah menjadi modal yang sangat baik.  Dengan begitu, risiko kegagalan usaha akan dapat diminimalkan sebaik mungkin. […]

Bisnis 7 Sep 2020

Cara Mendapatkan Pinjaman Untuk Modal Usaha

Anda jenuh bekerja di suatu perusahaan dan mau merintis usaha sendiri serta menjadi wirausaha? Dalam artikel ini akan dibahas 5 cara mendapatkan pinjaman uang untuk modal usaha. Tentu tidak akan mudah memulai suatu usaha baru, banyak tantangan yang menyertai. Baik tantangan saat akan memulai, tantangan saat menjalani, maupun tantangan di masa depan. Yang akan dibahas […]

Bisnis 5 Aug 2020

Peluang Bisnis di Tengah Pandemi Corona

Kita tengah menghadapi krisis kesehatan global. Hampir semua sektor bisnis tiba-tiba terhenti. Pembatasan sosial, kondisi bekerja dari rumah, atau bahkan tidak bekerja sama sekali, juga mengubah perilaku konsumen. Perubahan perilaku konsumen ini tidak selalu berarti buruk. Di baliknya, tetap ada peluang bisnis yang menjanjikan. Berikut ini beberapa peluang yang layak kamu pertimbangkan. Layanan Pesan-Antar Bahan […]

Bisnis 21 Jul 2020

4 Hal Penting Menghadapi Bisnis yang Menurun

Proses membangun bisnis tidaklah mudah, penuh dengan jerih payah dan kesulitan. Hal tersebut menuntut Anda untuk mempunyai pengetahuan yang cukup dalam membangun dan mengembangkan bisnis Anda.  Namun, pernahkan Anda menjalankan bisnis dalam kondisi sulit atau sedang mengalami penurunan? Pada masa seperti itu biasanya perusahaan akan mengalami penurunan omzet penjualan, penurunan produktivitas, dan masalah lainnya sampai […]

Bisnis 7 Mar 2020

Panduan Membuat SOP yang Mudah dan Praktis

SOP atau standar operasional prosedur merupakan sebuah alat ataupun metode yang biasanya digunakan oleh suatu perusahaan agar segala sesuatu yang dilakukan oleh Karyawan mereka bisa lebih teratur dan memiliki acuan khusus. SOP yang merupakan acuan pekerjaan bagi para karyawan biasanya harus terlebih dahulu diteliti dan dikaji dengan detil untuk kemudian disahkan oleh pejabat yang memiliki […]

Bisnis 7 Mar 2020

Cara Membuat Kwitansi Pembayaran yang Baik

Berbisnis merupakan salah satu cara bagi kamu untuk belajar berbagai macam hal, karena di dalam berbisnis kamu dituntut untuk mengurus hal-hal yang barangkali tidak akan kamu urus bila kamu tidak pernah berbisnis. Dalam hal ini kami berbicara mengenai dokumen-dokumen, serta hal-hal yang terkait legalitas dari bisnis itu sendiri. Salah satu yang harus kamu urus ketika […]

Bisnis 7 Mar 2020

Cara Membuat Infografis yang Mudah dan Cepat

Infografis merupakan salah satu metode komunikasi yang cukup populer belakangan ini. Hal ini karena dengan kesederhanaan infografis ada banyak pesan yang bisa disampaikan kepada para pembacanya. Perlu diketahui keberadaan infografis sebenarnya baru diminati sekitar 1 hingga 2 dekade terakhir saja. Akan tetapi perkembangan yang begitu pesat membuat infografis saat ini bisa kita temui di semua […]

Bisnis 7 Mar 2020

Cara Membuat Analisis SWOT (step-by-step)

Di dalam berorganisasi dan berbisnis ada banyak tools atau perlengkapan yang bisa kamu gunakan dalam rangka meningkatkan efektivitas serta efisiensi dari tim yang kamu pimpin, sehingga bisa meningkatkan produktivitas dari organisasi tersebut. Beberapa tools yang ada berkaitan erat dengan monitoring, kontrol kualitas, serta proses evaluasi yang tentu harus selalu dilakukan secara rutin oleh orang-orang yang […]

Bisnis 7 Mar 2020

Yuk Belajar Membuat Laporan Keuangan yang Mudah

Sejak zaman dahulu hingga saat ini ada keterampilan dan pengetahuan penting yang jarang diajarkan di sekolah, khususnya bagi anak-anak yang masuk jurusan IPA ketika duduk di bangku SMA, yakni ilmu keuangan sederhana. Padahal dengan mempelajari ilmu keuangan sederhana banyak orang akan menjadi melek finansial, bisa membuat strategi keuangan dalam hidup, serta terhindar dari risiko kebangkrutan […]