Cara Cek Data NIP dan Profil PNS Paling Gampang

Fakhri Zahir
29 Nov 2019

Menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS) merupakan salah satu impian bagi banyak orang di Indonesia. Ada banyak lulusan sekolah hingga lulusan universitas baik itu S1 ataupun S2 yang berhasrat untuk menjadi seorang PNS.

Tercatat menurut BPS bahwa di tahun 2019 ini total PNS di seluruh Indonesia mencakup 4,1 juta orang. Menariknya jumlah pelamar PNS di tahun 2018 adalah 4,4 juta orang yang artinya melebihi dari jumlah PNS itu sendiri.

Lebih jauh lagi bagi seorang PNS profil diri maupun NIP (Nomor Induk Pegawai) merupakan hal penting yang menjadi identitas diri hingga nanti pensiun. Menariknya banyak PNS yang lupa akan hal ini, sehingga dibuatlah berbagai macam sistem yang memudahkan. Salah satunya via online.

Nah tapi bagimana sih sebenarnya cara cek data NIP dan profil PNS yang mudah? Kita punya tipsnya!

Sekilas Tentang NIP

NIP merupakan nomor induk pegawai yang merupakan salah satu ciri identitas bagi seorang PNS sama seperti NIP di perusahaan-perusahaan lainnya. Hanya saja yang membedakan adalah NIP merupakan barang penting yang selalu melekat bagi setiap pemiliknya.

NIP dari seorang PNS sendiri terdiri atas 18 digit angka unik. Panjangnya jumlah angka inilah yang membuat banyak orang sulit dan cenderung malas untuk mengingat NIP PNS yang mereka miliki sendiri.

Padahal seluruh 18 digit angka yang dimiliki oleh NIP ini memiliki arti tersendiri loh, sesuai dengan peraturan kepala BKN Nomor 22 Tahun 2007 dimana sebelumnya NIP PNS terdiri hanya dari 9 digit saja.

Yuk kita ambil saja satu contoh NIP yang akan kita bahas!

19450817 201908 1 012

Delapan digit pertama pada NIP PNS menunjukkan tanggal lahir milik si PNS. Pada contoh NIP di atas berarti PNS yang bersangkutan adalah lahir di bulan Agustus (08), tanggal 17, dan tahun 1945.

Sementara itu enam digit kedua pada NIP PNS menunjukkan tahun serta bulan dimana si pemiliknya diangkat CPNS (Calon PNS). Merujuk kepada contoh di atas, berarti pemilik nomor tersebut diangkat CPNS pada bulan Agustus (08) dan tahun 2019.

Sementara itu satu digit ketiga menunjukkan jenis kelamin si pemilik NIP tersebut. Sesuai dengan peraturan yang ada, angka 1 menunjukkan bahwa yang bersangkutan adalah pria sementara angka 2 menunjukkan bahwa yang bersangkutan adalah seorang wanita.

Sementara itu tiga digit terakhir menunjukkan nomor urut CPNS ketika pengangkatan. Merujuk kepada contoh di atas, berarti orang dengan tanggal lahir, tanggal pengangkatan, dan jenis kelamin yang sama sudah ada sebelumnya berjumlah 11 orang. Maka orang di atas memiliki urutan ke 12.

Nomor ini didesain sedemikian rupa oleh badan kepegawaian negara dengan tujuan mengurangi duplikat dan pemalsuan nomor. Karena masing-masing PNS sudah memiliki nomor identitasnya secara spesifik.

Lalu bagaimana cara cek data NIP dan profil PNS yang mudah?

Melalui Aplikasi SAPK BKN

SAPK BKN

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk melakukan data NIP serta profil PNS Anda adalah dengan mengakses aplikasi resmi BKN yang diberi nama SAPK BKN. Anda yang menggunakan ponsel cerdas bisa mencoba mencarinya di Appstore maupun Google Playstore.

Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi SAPK BKN dengan menggunakan ponsel cerdas yang Anda punya terlebih dahulu.
  2. Buka aplikasi dan masukkan NIP BARU sebagai username dan DEFAULT NIK sebagai password dari aplikasi tersebut.
  3. Klik Next.
  4. Biasanya secara otomatis aplikasi akan meminta captcha, masukkan bila diminta dan langsung klik Next.
  5. Secara otomatis data profil PNS akan langsung muncul.

Selain itu di dalam aplikasi SAPK BKN ini Anda bisa melihat profil PNS, mengubah data PNS terbaru, data seputar BPJS Kesehatan, data seputar Taspen, hingga data-data seputar KTP yang Anda punya.

Melalui Aplikasi E-MONRI

e monri

Selain SAPK BKN ada lagi aplikasi resmi lain yang dikeluarkan pemerintah untuk para PNS bisa melakukan pengecekan profil PNS nya masing-masing, aplikasi tersebut diberi nama sebagai E-MONRI.

Meski hingga saat ini masih mengalami gangguan, tidak ada salahnya kan untuk mengetahui cara menggunakannya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda tempuh untuk menggunakan aplikasi E-MONRI:

  1. Pertama-tama tentu saja Anda harus langsung mengunduh aplikasi ini di GooglePlayStore.
  2. Setelah itu masuk ke dalam aplikasi dan langsung masukkan NIP terbaru yang Anda miliki. Masukkan NIP tanpa menggunakan spasi.
  3. Setelah itu klik next dan isi captcha yang diminta oleh aplikasi.
  4. Secara otomatis aplikasi E-MONRI akan menampilkan seluruh informasi kepegawaian sesuai dengan NIP yang dimasukkan.

Sekali lagi kita berharap kalau aplikasi dan server seputar data kepegawaian ini bisa diperbaiki ya. Karena memang sudah cukup lama kami kesulitan untuk mengakses data resmi milik BKN ini.

Selain itu pastikan pula bahwa aplikasi SAPK BKN yang Anda unduh sekarang adalah aplikasi terbaru milik BKN yakni versi 2.0. Tentunya dengan pembaruan ini harapannya berbagai macam bug yang ada di versi sebelumnya sudah selesai sehingga bisa memudahkan.

Melalui Laman Resmi yang Dirilis BKN

Bila Anda kesulitan mengakses data resmi menggunakan aplikasi E-MONRI, Anda boleh coba untuk mengakses data tersebut melalui laman resmi yang dikeluarkan oleh pihak BKN di http://ip-jasn.bkn.go.id/login.

Setelah membuka laman website tersebut Anda bisa langsung masukkan NIP terbaru tanpa menggunakan spasi di dalam kolom username. Kemudian masukkanlah password di kolom password.

Password pertama yang Anda punya adalah nama depan PNS, misalnya Dimas Adika Bimawan memiliki password PNS dimas. Setelah itu jangan lupa diganti ya agar akun Anda tidak dibuka-buka oleh orang lain.

Setelah berhasil mengakses laman tersebut Anda bisa langsung masuk ke bagian profil pegawai. Pertama-tama lakukan pengecekan seluruh data yang ada agar bila terjadi kesalahan data Anda bisa langsung mengoreksinya.

Adapun pembaruan identitas PNS saat ini baru bisa dilakukan di kantor pemerintahan BKSDM tempatmu bekerja saat ini. Karena memang belum ada sistem terintegrasi yang bisa melakukan pembaruan data secara online saat ini.


Meski saat ini cara cek data NIP dan Profil PNS secara online masih amat terbatas, kami percaya pembaruan dan evaluasi akan terus dilakukan oleh pemerintah yang dalam hal ini khususnya dilakukan oleh BKN.

Tentu saja dengan adanya pembaruan-pembaruan ini seluruh permasalahan yang muncul ketika melakukan pengecekan data NIP dan profil PNS via online saat ini sudah bisa tertangani dan bisa memudahkan seluruh PNS yang ada.

Aplikasi-aplikasi semacam ini menurut kami cukup penting loh untuk Anda yang PNS. Apalagi bila sudah terintegrasi dengan berbagai macam kartu identitas yang kamu miliki, tentu saja akan membuat Anda semakin mudah dalam menjalani kegiatan sebagai PNS!

Baca juga: Pekerjaan paling menjanjikan di masa depan

Komentar

1 Komentar

  • Reva adeliana
    July 29, 2020 at 4:38 am

    Nomor Nip Reva adeliana berapa ya

    Balas
Artikel Terkait
Pekerjaan 7 Mar 2020

Pekerjaan Paling Menjanjikan di Masa Depan

Pekerjaan merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia karena dengan bekerja tentu saja seorang manusia bisa mendapatkan uang untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidup dirinya dan barangkali keluarganya. Dengan berkembangnya zaman saat ini jauh lebih banyak pilihan pekerjaan yang bisa dipilih oleh orang-orang. Tidak menutup kemungkinan di masa depan jumlah pekerjaan yang bisa dipilih oleh manusia […]

Pekerjaan 7 Mar 2020

Intip Besaran Gaji PNS di Tahun 2020 Terbaru

Pegawai negeri sipil atau PNS merupakan salah satu pekerjaan yang boleh jadi merupakan pekerjaan idaman bagi banyak orang di Indonesia. Bahkan menurut kami pekerjaan ini bukan hanya jadi pekerjaan generasi Y saja. Terbukti dari membludaknya pelamar CPNS di tahun lalu dan tahun ini yang pastinya kebanyakan diisi oleh generasi z dan generasi milenial. Tidak salah […]

Pekerjaan 7 Mar 2020

Gaji Satpol PP di Tahun 2020 (Terbaru)

Apakah kamu tahu bahwa satpol PP salah satu perangkat pemerintah yang seringkali dipandang sebelah mata padahal Satpoll PP diketahui memiliki banyak manfaat bagi pemerintah daerah yang bersangkutan. Satpol PP sendiri merupakan perangkat pemerintah yang merupakan perpanjangan tangan dari kepala daerah. Dimana kepala daerah bisa mengandalkan satpol PP  sebagai salah satu perangkat untuk menjaga keteritiban umum […]