fbpx

Apa Saja Cara & Syarat Membuat NPWP?

Fakhri Zahir
4 Mar 2019

Sebagai seorang milenials yang sudah bekerja, sudah selayaknya Anda menjadi warga negara Indonesia yang taat pajak. Sementara untuk menjadi warga negara yang taat pajak, sudah selayaknya lah Anda tahu cara dan syarat membuat NPWP.

Bagi Anda yang belum tahu apa itu NPWP, NPWP yang merupakan singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor unik yang diberikan kepada orang yang sudah diwajibkan membayar pajak (wajib pajak) dengan tujuan administrasi perjapajakan.

Saat ini NPWP hukumnya wajib untuk dimiliki oleh semua wajib pajak, baik perseorangan ataupun badan usaha. Tanpa NPWP seseorang atau sebuah badan hukum tidak dapat melaksanakan kewajiban dan mendapatkan haknya dalam urusan pajak.


Persyaratan Pembuatan NPWP Pribadi

KTP

Untuk bisa membuat NPWP pribadi Anda bisa membawa fotokopi KTP bagi warga negara Indonesia. Bagi warga negara asing dapat membawa fotokopi passport, kartu izin tinggal terbatas (KITAS), ataupun Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).

Persyaratan di atas berlaku bagi wajib pajak pribadi yang tidak menjalankan usaha ataupun pekerjaan bebas. Adapun wajib pajak pribadi yang menjalankan usaha atau melakukan pekerjaan bebas dapat melengkapi persyaratan di bawah.

Fotokopi KTP bagi warga negara Indonesia, fotokopi paspor atau KITAS atau KITAP bagi warga negara asing, fotokopi surat izin usaha atau surat tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas yang resmi dikeluarkan oleh pejabat Pemerintah Daerah minimal Lurah atau Kepala Desa, atau bisa pula melampirkan lembar tagihan listrik.

Selain itu bagi wajib pajak pribadi yang menjalankan usaha atupun pekerjaan bebas diharuskan untuk membawa surat pertanyaan yang menyatakan bahwa wajib pajak benar-benar menjalankan usaha ataupun pekerjaan bebas, dan harus ditandatangani di atas materai.

Terakhir bagi wajib pajak wanita yang sudah menikah namun menginginkan hak dan kewajiban urusan perpajakannya terpisah, maka bisa membawa fotokopi KTP (WNI), fotokopi Passport dan KITAS atau KITAP (WNA), fotokopi NPWP suami, fotokopi kartu keluarga, fotokopi dokumen perpajakan luar negeri apabila suaminya merupakan WNA, serta fotokopi surat perjanjian pemisahan harta serta penghasilan.

Nah jika Anda sudah melengkapi persyaratan-persyaratan yang diminta untuk membuat NPWP, saatnya Anda membaca cara membuat NPWP pribadi baik secara offline ataupun pembuatan NPWP pribadi secara online.


Cara Pembuatan NPWP Pribadi Offline

Cara membuat NPWP secara offline atau secara langsung dapat dilakukan dengan datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) sesuai dengan daerah yang tertera di KTP Anda. Ada dua metode yang bisa Anda gunakan secara online, yuk simak!

1. Mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP)

Anda dapat langsung datang ke KPP terdekat dari domisili Anda dengan membawa berkas persyaratan yang dibutuhkan. Bagi Anda yang alamat domisilinya berbeda dengan yang tertera di KTP, maka Anda perlu menyiapakan juga surat keterangan tempat tinggal dari kelurahan tempat Anda berdomisili.

Semua dokumen persyaratan di fotokopi, kemudian Anda harus melengkapi dengan formulir pendaftaran Wajib Pajak yang sudah diisi dengan benar dan lengkap serta ditandatangani. Formulir ini akan Anda dapatkan dari petugas pendaftaran di KPP.

Jika formulir sudah Anda isi dengan lengkap, selanjutnya serahkan berkas tersebut ke petugas pendaftaran. Anda akan mendapatkan tanda terima pendaftaran Wajib Pajak yang menunjukkan bahwa Anda sebagai Wajib Pajak telah melakukan pendaftaran untuk mendapatkan NPWP.

Untuk membuat NPWP ini tidak membutuhkan waktu yang lama yakni hanya 1 hari kerja, dan tidak dipungut biaya. NPWP pun akan dikirim ke alamat Anda melalui pos.

2. Melalui Jasa Pos atau Ekspedisi

Metode yang satu ini bisa Anda pilih jika lokasi KPP terlalu jauh dari alamat rumah Anda. Anda bisa mendatangi kantor pos atau jasa ekspedisi terdekat. Di sana Anda tinggal mengisi formulir pendaftaran sekaligus mengirimkannya dengan melampirkan dokumen persyaratan yang telah Anda siapkan sebelumnya.


Cara Pembuatan NPWP Online

Di zaman yang sudah digital seperti sekarang ini, membuat apapun akan menjadi mudah dengan cara online. Begitu juga dengan NPWP, Anda bisa mengajukan permohonan pembuatan NPWP secara online.

Dengan kemudahan membuat NPWP secara online maka itu akan sangat menguntungkan Anda. Karena Anda tidak perlu repot-repot untuk datang ke kantor pajak untuk membuat NPWP. Anda hanya perlu mengisi data dan mengikuti langkah-langkahnya dan pendaftaran pun selesai.

Syarat Membuat NPWP Pribadi untuk Karyawan

  • Fotokopi identitas diri yaitu KTP untuk Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Fotokopi paspor, Kartu Izin Tinggak Terbatar (KITAS), atau Kartu Izin Tinggal Teteap (KITAP) Untuk Warga Negara Asing (WNA)
  • Surat Keterangan kerja di perusahaan
  • Bagi Pegawai Negeri Sipil bisa membawa Surat Keputusan (SK)
  • Mengisi formulir pengajuan NPWP

Syarat Membuat NPWP Pribadi bagi Wirausaha

  • Fotokopi identitas diri yaitu KTP untuk Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Fotokopi paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) untuk Warga Negara Asing (WNA)
  • Surat Keterangan Usaha (SKU) minimal dikeluarkan oleh lurah atau bukti tagihan listrik
  • Surat pernyataan yang sudah ditandatangani di atas materai yang menjelaskan bahwa wajib pajak memang benar memiliki usaha

NPWP untuk wanita yang sudah menikah dan ingin hak serta kewajiban pajaknya terpisah dari suami

Ada beberapa permasalahan di mana penghasilang sang istri lebih besar dibandingkan dengan suami. Karena itulah, Anda bisa mengajukan NPWP secara terpisah, berikut persyaratannya:

  • Fotokopi NPWP, KTP dan KK suami
  • Surat keterangan kerja dari perusahaan
  • Surat perjanjian pemisahan harta dan penghasilan yang dikehendaki oleh kedua belah pihak
  • Mengisi formulir pengajuan NPWP

Berikut cara membuat NPWP Pribadi secara online:

  • Kunjungi situs pendaftaran NPWP di e-Registration Pajak¬†
  • Klik “Daftar” yang ada pada bagian paling bawah
  • Lengkapi seluruh data pendaftaran dengan benar. Data yang harus di isi meliputi nama, alamat email, dan lain sebagainya
  • Kemudian Anda akan mendapatkan panduan untuk melakukan aktivasi dari Dirjen Pajak yang dikirimkan via email yang telah didaftarkan
  • Dan terakhir ikuti petunjuk pada email untuk melakukan aktivasi

Langkah berikutnya dalam membuat NPWP secara online

  • Jika Anda sudah sukses aktivasi, silakan login kembali ke e-Registration dengan memasukkan email dan password yang sudah Anda buat. Kemudian Anda akan melihat tampilan Registrasi Data WP (Wajib Pajak) untuk pembuatan NPWP.
  • Lengkapi semua data Anda dengan benar pada formulir persyaratan membuat NPWP yang tersedia.
  • Jika semua data sudah Anda isi dengan lengkap, maka silakan klik “submit” dan data akan dikirimkan otomatis oleh sistem.
  • Dan pihak dari KPP akan meneliti semua data sudah Anda isi, jika masih ada kesalahan akan di infokan lebih lanjut di formulir yang sama. Dan akan dijelaskan secara detail dimana letak kesalahannya.
  • Jika ada yang salah silakan di cek dan dibetulkan hinggak data Anda ter-submit oleh KPP.
  • Jika semua sudah benar dan tidak ada yang salah, silakan tunggu selama 14 hari kerja, maka kartu NPWP dan SPT Anda akan dikirim ke alamt Anda.

Itulah cara membuat NPWP secara online. Cukup mudah kan, dan tidak sampai 15 menit Anda sudah selesai. Dan Anda juga tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

Untuk mengakses halaman e-Registration pastinya harus Ada jaringan internet, jika dirumah Anda tidak ada jaringan internet pastinya Anda bisa tehtering dari handphone dan harus ada paket datanya ya. Mau beli paket data murah? Sepulsa aja!

Cara beli paket data di Sepulsa:

  • Download aplikasi Sepulsa di Playstore atau Appstore.
  • Silakan login ke akun Anda, jika Anda belum memiliki akun silakan registrasi terlebih dahulu.
  • Pilih “Paket Data”
  • Masukkan nomor handphone Anda.
  • Pilih metode pembayaran yang tersedia.
  • Dan bayar sesuai dengan nominal yang ditagihkan.
  • Maka dengan otomatis paket data Anda akan masuk ke nomor Anda.
Komentar

Artikel Terkait
NPWP 31 Aug 2019

Cara Lapor Pajak Online/E Filling Step by Step

Melapor pajak merupakan salah satu perihal yang boleh dibilang cukup menyulitkan, tidak praktis, dan kadang membuang-buang waktu. Lebih-lebih lagi harus dilakukan di hari kerja, belum kalau kantor pajaknya jauh dari rumah. Mungkin begitulah kira-kira keluhan yang banyak diutarakan oleh para wajib pajak, terutama wajib pajak baru yang berasal dari golongan milenials. Milenials yang terkenal tidak […]

NPWP 31 Aug 2019

Yuk Pahami Pengertian dan Kegunaan Pajak

Di usia-usia 20an pasti banyak anak milenials yang mulai sibuk wara wiri mengurusi urusan pajaknya sendiri-sendiri. Mulai dari pertama-tama saat membuat NPWP, membuat e-filling, dan seabrek urusan pajak yang kemudian menghadang mereka. Hal-hal semacam ini pasti membuat para milenials menggerutu dan merasa keberatan. Apalagi mereka memang terkenal dengan treatment yang wajib serba cepat dan serba […]

NPWP 4 Mar 2019

Apa Saja Cara & Syarat Membuat NPWP?

Sebagai seorang milenials yang sudah bekerja, sudah selayaknya Anda menjadi warga negara Indonesia yang taat pajak. Sementara untuk menjadi warga negara yang taat pajak, sudah selayaknya lah Anda tahu cara dan syarat membuat NPWP. Bagi Anda yang belum tahu apa itu NPWP, NPWP yang merupakan singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor unik yang […]