Cara Gampang Cek Nomor NPWP 2020

Fakhri Zahir
25 Feb 2019

Selain KTP, SIM, dan Passport, kartu NPWP merupakan kartu yang juga berisi data diri Anda. Mulai dari nama, alamat, dan tentu saja yang membedakan kartu NPWP dengan kartu identitas lainnya adalah adanya NPWP alias Nomor Pokok Wajib Pajak.

Di dalam dunia pajak orang perorang pribadi ataupun perusahaan yang telah memiliki NPWP dianggap sudah memiliki identitas. Secara umum sih manfaat memiliki NPWP adalah untuk memudahkan pengawasan administrasi pajak, dan sarana dalam hak dan kewajiban pajak.

Di samping itu dengan memiliki NPWP Anda bisa dengan lebih mudah mendapatkan beberapa layanan publik. Karena beberapa layanan mengharuskan Anda memiliki NPWP, misalnya dalam pembuatan rekening bank, pelayanan pembuatan passport, hingga permohonan pinjaman.


Cara Cek Nomor NPWP Anda

NPWP Widianto Muttaqien

Cara Cek Nomor NPWP Online via Aplikasi DJP

Jika Anda pernah mendaftar NPWP secara online, itu artinya Anda bisa melakukan cara cek nomor NPWP secara online juga di situs resmi DJP, berikut ini langkahnya:

  • Masuk aplikasi DJP
  • Masuk dengan memasukkan akun yang sama saat pendaftaran
  • Buka dashboard
  • Jika sudah berhasil masuk ke dashboard¬†maka akan melihat identitas dan NPWP (jika tidak muncul, berarti nomor NPWP Anda belum aktif)

Untuk NPWP yang belum aktif, Anda harus datang langsung ke kantor pelayanan pajak untuk meminta konfirmasi.

Cara Cek Nomor NPWP via Website Resmi

Selain dari aplikasi DJP, Anda juga bisa melakukan cara cek nomor NPWP melalui situs resmi di https://djponline.pajak.go.id/account/login

  • Buka situ https://djponline.pajak.go.id/account/login
  • Isi semua data yang diminta secara lengkap
  • Jika NPWP Anda masih aktif, maka kolom akan mendeteksi pemiliknya. Namun, jika tidak muncul, maka Anda harus mendatangi kantor pelayanan pajak untuk memastikan status nomor NPWP Anda.

Cara Cek Nomor NPWP via Kring Pajak (1500200)

Bagi Anda yang ingin tahu semua informasi seputar pajak, termasuk juga cara cek nomor NPWP. Dirjek pajak juga menyediakan layanan melalui telepon, yakni kring pajak 1500200. Program yang sudah dirilis semenjak tahun 2012 ini juga akan menjaga 100% kerahasiaan terkait percakapan Anda dengan operator pajak. Bahkan, operator dari kring pajak, merupakan orang yang ahli di bidang perpajakan. Sehinggan semua informasi yang ditanya pasti akan disampaikan dengan terjaminnya validitasnya.

Cara Cek Nomor NPWP via Faksimile

Faksimile? masih zaman yang nanya-nanya lewat faksimile? hehehe. Jangan salah loh, ternyata dirjen pajak masih menyediakan layanan terkait informasi pajak, keluhan seputar NPWP, termasuk cara cek nomor NPWP dengan menggunakan faksimile. Pasalnya, mesin faksimile bisa memfasilitasi pengiriman pesan melalui surat yang salinannya akan diterima DJP.

Jika Anda ingin menggunakan fasilitas ini, Anda bisa menghubungi langsung 021-5251245. Namun sayang, pesan yang Anda kirim tidak bisa langsung dibalas dalam waktu yang cepat, melainkan akan dibalas selang 2 sampai 5 hari setelah pengiriman.

Cara Cek Nomor NPWP via Email

Jika semua cara diatas menyulitkan, Anda juga bisa mencoba menggunakan email lho. Terlebih mungkin jika Anda menggunakan email, akan lebih cepat dibalas ketimbang menggunakan faksimile. Dengan email, Anda juga bisa menuliskan identitas dengan jelas dan lengkap sehingga memudahkan petugas pajak untuk pengecekan. Setelah Anda selesai menuliskan identitas dan pesan yang dituju, misal Anda ingin menetahui cara cek nomor NPWP. Setelah itu kirim alamat email ke pengaduan@pajak.go.id


Cara Aktivasi Ulang NPWP

Pendaftaran Akun NPWP

Beberapa alasan NPWP Anda bisa dinonaktifkan oleh pihak dirjen pajak diantaranya adalah Anda sudah enggak bekerja lagi ataupun tidak menjalankan usaha lagi. Tapi untuk alasan ini harus Anda sendiri yang menginaktivasi loh.

Selain itu kalau penghasilan Anda berubah menjadi di bawah penghasilan tidak kena pajak, maka secara otomatis Anda akan terbebas dari kewajiban membayar pajak kepada dirjen pajak loh. Wah cukup adil ya.

Alasan lain adalah jika Anda pindah ke luar negeri dalam waktu lebih dari 183 hari. Jika Anda tinggal lebih dari waktu itu, maka dirjen pajak boleh menonaktifkan NPWP Anda, namun tentu saja atas persetujuan Anda.

Nah kalau Anda ingin melakukan aktivasi Anda cukup datang ke KKP terdekat dan ajukan permohonan aktivasi NPWP deh. Mudah kan?

Komentar

10 Komentar

  • Edysiswanto
    April 13, 2019 at 11:19 am

    Cari tau nomor npwp melalui email

    Balas
    • Suharto
      May 23, 2019 at 2:21 pm

      Lupa nomor npwp

      Balas
    • Padliana
      June 19, 2019 at 6:02 am

      Kartu no npwp ga kelihatan.pengen tahu no npwp ny brp

      Balas
  • Adi kuswara
    May 24, 2019 at 4:18 pm

    Cari tau no npwp

    Balas
  • AGNES BUNGA SIMAU
    June 12, 2019 at 10:18 am

    Cari tahu nomor NPWP

    Balas
  • Roby ali sofa
    June 14, 2019 at 11:37 am

    nomer npwp saya ga kelihatan burem, gimna caranya yah biar tau nomernya

    Balas
    • Fourdes sibagariang
      June 15, 2019 at 9:25 pm

      No npwp saya buram pak

      Balas
      • BeJO
        July 3, 2019 at 11:42 am

        bagi yang ingin dibantu daftar atau lupa npwp nya bisa kontak kami ya. WA 081572634634. Terimakasih

        Balas
  • M sahroni
    July 22, 2020 at 2:05 pm

    Saya udah daftar tp blm daoat kartunya

    Balas
  • seprianto
    August 1, 2020 at 9:27 pm

    Lupa nomor npwp

    Balas
Artikel Terkait
NPWP 31 Aug 2019

Cara Lapor Pajak Online/E Filling Step by Step

Melapor pajak merupakan salah satu perihal yang boleh dibilang cukup menyulitkan, tidak praktis, dan kadang membuang-buang waktu. Lebih-lebih lagi harus dilakukan di hari kerja, belum kalau kantor pajaknya jauh dari rumah. Mungkin begitulah kira-kira keluhan yang banyak diutarakan oleh para wajib pajak, terutama wajib pajak baru yang berasal dari golongan milenials. Milenials yang terkenal tidak […]

NPWP 31 Aug 2019

Yuk Pahami Pengertian dan Kegunaan Pajak

Di usia-usia 20an pasti banyak anak milenials yang mulai sibuk wara wiri mengurusi urusan pajaknya sendiri-sendiri. Mulai dari pertama-tama saat membuat NPWP, membuat e-filling, dan seabrek urusan pajak yang kemudian menghadang mereka. Hal-hal semacam ini pasti membuat para milenials menggerutu dan merasa keberatan. Apalagi mereka memang terkenal dengan treatment yang wajib serba cepat dan serba […]

NPWP 4 Mar 2019

Apa Saja Cara & Syarat Membuat NPWP?

Sebagai seorang milenials yang sudah bekerja, sudah selayaknya Anda menjadi warga negara Indonesia yang taat pajak. Sementara untuk menjadi warga negara yang taat pajak, sudah selayaknya lah Anda tahu cara dan syarat membuat NPWP. Bagi Anda yang belum tahu apa itu NPWP, NPWP yang merupakan singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor unik yang […]