fbpx

4 Cara Untuk Menghemat Token Listrik!

Dwi Arianto
1 Apr 2019

Kini listrik sudah menjadi kebutuhan utama di setiap rumah, kantor, hotel sampai tempat umum semua membutuhkan listrik. Tetapi terkadang penggunaan listrik ini dalam penerapannya masih banyak yang tidak terkontrol. Dan kebutuhan listrik setiap rumah pun berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhannya.

Disarankan Dalam Pemasangan Listrik, Sesuaikan Dengan Besar Kecilnya Rumah Anda!

Terkadang masih banyak rumah yang tidak terlalu besar, tapi di pasang listrik dengan daya yang cukup besar. Dan ini adalah salah atu pemborosan token listrik, dan bagaimana caranya untuk menghemat token listrik, mari simak informasinya.

1. Kurangi Penggunaan AC Berlebihan

Air Conditioner

Semakin padatnya penduduk di daerah perkotaan, membuat berkuranya lahan hijau. Dan terpaksa Anda harus menjalani kehidupan di wilayah yang sumpek. Area yang padat dan sumpek pasti akan berdampak pada udara.

Dan udara yang panas dan sumpek ini memicu masyarakat untuk memasang AC di rumah. Di saat Anda ingin memasang AC pastinya Anda sudah mengerti resikonya yang akan berdampak pada listrik yaitu besarnya komsumsi listrik yang dipakai.

Dan untuk mengurangi pemborosan ini, Anda harus pintar pintar dalam memilih AC yang akan di gunakan dan gunakan AC pada waktu yang dibutuhkan saja. Jangan dinyalakan seharian penuh karena itu termasuk pemborosan token listrik.

2. Melepas Kabel dari Colokan Jika sudah Digunakan

Colokan Listrik

Masih terlalu banyak orang yang acuh terhadap kabel yang tercolok walaupun barang elektroniknya mati atau tidak digunakan, ternyata hal ini juga berpengaruh terhadap komsumsi listrik Anda sehari-hari. Misal saja charger handphone, kipas angin, televisi saat tidak digunakan lebih baik lepaskan saja dari colokan kabel nya.

Karena jika barang elektroniknya sudah tidak digunakan tetapi kabel itu masih tercolok akan terus memakan daya listrik dirumah Anda walaupun jumlahnya sedikit. Selama masih terhubung dengan aliran listrik, konsumsi akan terus berjalan. Meskipun sepele Anda bisa menerapkan kebiasaan ini karena bisa menghemat komsumsi listrik rumah Anda.

3. Matikan Lampu yang Tidak Digunakan

gambar lampu nyala dan mati

Seringkali terlihat di suatu rumah ada lampu yang menyala satu hari nonstop di siang hari. Kebiasaan ini salah satu penyumbang pemborosan konsumsi listrik di rumah Anda. Alangkah baiknya matikan lampu yang sudah tidak di gunakan, seperti contoh di kamar mandi.

Kamar mandi adalah salah satu tempat yang jarang di matikan lampunya setelah digunakan, padahal ini adalah hal yang sepele tetapi sangat jarang orang yang tanggap dengan hal ini dan kebiasaan ini juga salah satu penyumbang borosnya token listrik di rumah Anda.

Dan disaat malam hari ketika Anda sudah mulai ngantuk dan memutuskan untuk tidur alangkah baiknya untuk mematikan lampu-lampu yang sudah tidak di butuhkan. Dan matikan lampu saat tidur, atau Anda bisa mengganti lampu LED yang lebih hemat.

4. Gunakan PLN Prabayar Token Listrik

Token Listrik

Saat ini di seluruh Indonesia sudah tersedia listrik yang penggunaannya bisa Anda atur sendiri dengan token listrik yang Anda beli. Ini adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk mengatasi borosnya komsumsi listrik di rumah Anda.

Untuk Anda yang masih menggunakan PLN Pascabayar segeralah beralih be PLN Prabayar. PLN Prabayar ini akan menggunakan listrik sesuai dengan jumlah token yang Anda beli, jika token listrik habis maka listrik akan otomatis mati. Dan beli lah token sesuai dengan kebutuhan rumah Anda.

Cara beli pulsa listrik ini juga sangat mudah, Anda bisa mendapatkannya di mini market dan bisa juga di beli secara online di platform agen pulsa dan PPOB. Setelah Anda membeli pulsa listrik, Anda bisa mengisinya langsung ke meteran.

Berikut cara mengisi pulsa listrik ke meteran :

  1. Membeli pulsa listrik
  2. Masukkan 20 angka kode token voucher yang sudah anda dapatkan pada saat membeli ke dalam meteran, lalu tekan enter sampai muncul tulisan “Benar”
  3. Dan kWh anda akan bertambah secara otomatis

Diatas adalah beberapa cara untuk menghemat listrik yang bisa anda terapkan di rumah, supaya komsumsi listrik Anda lebih hemat dan tidak membayar melebihi tagihan yang tidak di inginkan.

Untuk Anda yang ingin menambah penghasilan tambahan, bisa mengandalkan Aplikasi AlphaPay. AlphaPay adalah salah satu aplikasi yang menjual harga token listrik paling murah dari aplikasi agen pulsa lainnya.

Komentar

Artikel Terkait
Listrik 2 Oct 2019

Harga Token Listrik di Indomaret, Murah atau Mahal?

Bila sudah berumah tangga, salah satu pengeluaran yang patut diperhitungkan adalah pengeluaran rutin seperti belanja bulanan, transportasi, biaya PDAM, internet, dan salah satu yang terpenting yakni listrik! Nah bicara soal listrik, dalam beberapa tahun terakhir PLN telah membuat berbagai macam inovasi yang patut diapresiasi karena telah banyak membantu masyarakat Indonesia secara umum. Salah satu inovasi […]

Listrik 27 Jun 2019

Pulsa Listrik yang Bisa Didapat dengan 100 Ribu Rupiah

Salah satu biaya bulanan yang rutin dikeluarkan oleh para kepala rumah tangga saat ini adalah biaya tagihan listrik. Biaya ini bisa jadi sangat mencekik bila kamu boros, namun bisa juga jadi sangat hemat kalau kamu bisa menjaga pemakaian listriknya. Tapi sejak beberapa tahun ke belakang, PLN telah menerapkan pembayaran listrik prabayar alias penggunaan pulsa. Hal […]

Listrik 27 May 2019

Begini Cara Menjadi Agen Listrik PLN!

Ingin memiliki usaha tapi bingung? Usaha apa yang bisa dilakukan tanpa keluar rumah ataupun usaha yang tidak mengganggu pekerjaan kantor? Salah satunya adalah menjadi agen listrik PLN, tetapi bukan agen listrik PLN yang harus mendaftar lewat kantor PLN. Kini sudah banyak tersedia platform penjualan listrik atau token listrik secara online yang bisa Anda andalkan untuk […]