Gimana Cara Jadi Agen Gas Elpiji ?

Fakhri Zahir
5 Feb 2019

Di tengah carut marutnya ekonomi Indonesia saat ini, bisnis energi tampaknya masih menjadi primadona bagi para pengusaha, baik pengusaha kelas kakap kelas menengah hingga pengusaha-pengusaha eceran.

Bagi pengusaha kelas kakap bermodal besar, tentu mereka bersama korporasinya akan melakukan eksploitasi sumber daya alam besar-besaran. Tapi bagi kita-kita yang bermodal kecil, bisa juga kok ikut-ikutan terjun ke bisnis ini, caranya adalah dengan menjadi agen gas Elpiji.

Keagenan Gas Elpiji ini bisa kita lihat sebagai salah satu bentuk partisipasi pertamina dalam mensejahterakan masyarakat Indonesia loh! Selain itu kalau Anda ikut serta jadi agen Elpiji, artinya Anda turut membantu pemerintah dalam program konversi minyak tanah menjadi gas.

Tapi gimana ya cara jadi agen gas Elpiji? Kami punya jawabannya!

Baca juga: Kupas tuntas seputar jadi agen eskrim Aice

Hal-Hal Penting Terkait Pendaftaran Keagenan Gas Elpiji

Tumpukan tabung gas elpiji 3kg

Sebelum kita bahas cara jadi agen gas Elpiji ada baiknya Anda baca-baca nih beberapa hal penting yang memang wajib Anda ketahui. Biar gak bingung, kami sudah mengumpulkan poin-poinnya di bawah ini:

  1. Bagi pemohon keagenan Elpiji, Anda bisa tergolong menjadi dua kelompok. Kelompok ini adalah eks agen minyak tanah dan non eks agen minyak tanah. Sebagaimana namanya eks agen minyak tanah merupakan agen yang sebelumnya sudah punya hak istimewa untuk mendistribusikan minyak tanah bersubsidi dari Pertamina. Sedangkan non eks agen minyak tanah tentu saja yang belum punya hak mendistribusikan minyak tanah sebelumnya.
  2. Ketika Anda memohon keagenan, Anda nantinya akan diminta untuk mengisi beberapa poin di dalam formulir. Pertamina meminta data yang diisikan harus asli (tentu saja), dan data paling baru. Karena hal ini bisa jadi memengaruhi hasil verifikasi kemudian oleh pihak Pertamina.
  3. Selain itu ketika mengisi data di dalam formulir pastikanlah bahwa data yang Anda isi adalah benar dan tidak ada salah-salah pengetikan. Karena sesuai aturan dari Pertamina bahwa data yang telah diisikan sebelumnya ternyata enggak bisa diganti loh, wah wah jangan sampai salah isi ya.
  4. Jangan lupa sertakan e-mail dan password yang akan Anda pakai (jika Anda ingin mendaftar keagenan daring / online). Pastikan pula email tersebut aktif ya, karena nantinya Anda akan dikirimkan nomor registrasi secara otomatis oleh pihak Pertamina segera setelah formulir diisi lengkap.

Nah berbicara soal formulir, emang di dalam formulir itu ada data apa aja sih yang harus diisi. Tenang, kami punya infonya:

  1. E-mail dan password untuk nantinya Anda log in kedalam akun Anda. Pastikan e-mail yang digunakan adalah e-mail yang aktif dan tentu harus rajin-rajin Anda buka. Karena e-mail yang Anda daftarkan ini nantinya juga akan digunakan oleh pihak Pertamina untuk memberikan informasi-informasi seputar permohonan keagenan Anda.
  2. Nama Perusahaan yang Anda punya, beserta domisili alias alamat kantor perusahaan Anda.
  3. Korespondensi perusahaan, maksudnya sertakan e-mail kantor serta nomor telepon kantor Anda. Pastikan bahwa korespondensi ini benar, karena kalau Anda salah isi khawatir menjadi masalah di kemudian hari.
  4. Alamat Gudang. Nah hati-hati ya jangan sampai Anda keliru mengisi alamat gudang ini dengan alamat kantor Anda, apalagi alamat rumah Anda.
  5. Dokumen-dokumen terkait pendirian perusahaan, yang terdiri atas:
    • Akte Pendirian Perusahaan, khusus bagi Anda yang non eks agen Minyak Tanah.
    • KTP Direktur sesuai dengan yang tertera di dalam akte pendirian perusahaan yang Anda punya.
    • Nomor Pokok Wajib Pajak milik perusahaan Anda
    • Nomor Induk Agen Pertamina, khusus bagi Anda yang sebelumnya sudah menjadi agen Minyak Tanah alias Eks Agen Minyak Tanah
  6. Rencana Wilayah Penjualan
  7. Khusus bagi eks agen Minyak Tanah, sertakan
    • Nomor surat kontrak terakhir agen minyak tanah
    • Daftar Pangkalan Minyak Tanah
  8. Khusus bagi non eks agen minyak tanah, sertakanlah surat pernyataan kesanggupan membeli tabung Elpiji sebesar 10.000 tabung.
  9. Terakhir, sertakanlah surat pernyataan mematuhi perundang-undangan serta peraturan pemerintah daerah setempat, tempat Anda berencana mendirikan usaha Anda.

Fasilitas yang Harus Dimiliki Terkait Cara Jadi Agen Gas Elpiji

Truk pertamina berisikan tabung gas elpiji 3kg

Selain memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan oleh Pertamina, di atas. Ada beberapa persyaratan berupa fasilitas wajib yang harus dipunya oleh perusahaan yang ingin memohon keagenan tetap Elpiji.

Beberapa fasilitas tersebut adalah

  1. Showroom alias tempat Anda nantinya memajang tabung-tabung gas.
  2. Gudang, bedakan dengan showroom. Gudang tentu saja merupakan tempat untuk nantinya Anda menyimpan stok-stok tabung gas yang ingin Anda jual.
  3. Papan nama perusahaan
  4. Alat pemadam api ringan
  5. Timbangan 25 Kg, yang sudah ditera oleh dinas terkait setempat tentunya.
  6. Detektor gas
  7. Papan Larangan Merokok
  8. Seragam Kerja
  9. Plastic Wrap
  10. Armada Angkutan, usahakan Anda punya armada yang memiliki kapasitas angkut yang besar ya. Bukan gak mungkin Anda akan diminta mengirimkan gas Elpiji dalam kapasitas sekaligus besar!

Cara dan Syarat Menjadi Agen Gas Elpiji:

  1. Mendaftaarkan diri Anda terlebih dahulu sebagai agen gas elpiji di daerah Anda. Caranya dengan mengakses situs resmi pertamina yaitu sppbe.pertamina.com. Di website tersebut silakan Anda daftarkan diri sebagai agen utama di daerah Anda sendiri.
  2. Anda harus memiliki usaha berbadan hukum, misalnya koperasi atau PT. Mengapa begitu? Karena nantinya calon agen gas elpiji akan membuat surat perjanjian usaha yang salah satu poinnya menyatakan kesanggupan untuk menjual satu ton lebih gas elpiji per hari.
  3. Melengkapi dengan dokumen, dan berikut ini beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri sebagai agen gas elpiji pertamina:
    • Surat Perjanjian Kerjasama
      Di dalam surat ini dijelaskan mengenai kesanggupan Anda menjadi mitra usaha pertamina sebagai agen gas elpiji dan siap memberikan jaminan modahl
    • SIUP
      Anda juga harus melengkapi surat ijin perdagangan usaha atau SIUP, Surat Ijin Gangguan, Surat Tanda Daftar Perusahaan, dll. Untuk membuat surat dokumen tersebut, Anda bisa mendatangi kantor dinas perjanjian setempat.
    • Surat Rekomendasi
      Surat yang dibuat oleh pemerintah desa setempat yang menyatakan memberikan ijin dan rekomendasi untuk membuka usaha agen gas di wilayah Anda. Untuk membuat surat rekomendasi agen gas ini, Anda harus meminta persetujuan dari ketua RT dan RW hingga kelurahan.
    • Fotokopi kartu tanda penduduk
      Tak kalah penting, Anda juga harus melampirkan fotokopi kartu tanda penduduk atau KTP dan foto berwarna sebagai syarat pengajuan menjadi agen gas. Selain itu, sebagai tambahan Anda juga harus membuat surat pernyataan kepatuhan terhadap segala ketentuan dari Pertamina.

Jika Anda sudah mendaftarkan diri sebagai agen gas dengan persyaratan yang dibutuhkan seperti mempunyai badan hukum dan lokasi usaha Anda, maka selanjutnuya pihak pertamina akan melakukan proses seleksi atau survey. Ada dua hal yang di survey oleh pihak pertamina yang menentukan pengajuan agen gas disetujui atau tidak, antara lain:

  • Lokasi Usaha
    Untuk lokaksi usaha agen gas elpiji pertamina disyaratkan memiliki luas paling sedikit 75 x 68 meter. lebih besar lokasi usaha Anda maka akan lebih baik dan menjadi nilai lebih. Lokasi usaha harus berada di tempat yang tepat misalnya jauh dari daerah sutet dan jauh dari pemukiman warga.
  • Keungan Perusahaan
    Pihak pertamina juga akan menilai kemampuan keuangan perusahaan. Apakah keuangan usaha cukup besar atau tidak? itu semua akan dilihat dari segi modal dan lokasi yang strategis.

 

Modal Anda Kecil? Ini Solusinya

Tumpukan tabung gas lpg 3kg didalam gudang

Kalau Anda baca dengan cermat cara-cara jadi agen gas Elpiji di atas, Anda pasti sadar bahwa Anda membutuhkan modal yang (boleh dibilang) amat besar. Bikin perusahaan sendiri, punya kantor, punya gudang, dan lebih lagi kewajiban membeli 10.000 tabung gas!

Duh duh kalau Anda baru merintis harus cari uang dari mana ya. Eits tenang, kalo Anda masih tetap pengen terjun di bisnis energi ini Anda tetap bisa kok walau dengan modal yang lebih sedikit, yakni dengan menjadi sub agen gas Elpiji 3 kg!

Langkah-langkahnya gak jauh beda ya dengan langkah di atas. Tapi kami ingin merujuk ke satu bahasan khusus yakni rincian modal usaha minimal yang harus Anda siapkan kalau mau bikin sub agen gas Elpiji 3 Kg, ingat ya bukan agen tapi sub agen!

Berapa sih modalnya, nih kami bikin poinnya khusus untuk Anda:

  1. Pertama-tama kalau mau jadi sub agen pertamina Anda akan diwajibkan untuk membeli tabung gas 3 Kg minimal 300 unit seharga Rp150.000,- (isi) atau Rp120.000,- (kosong). Anggpalah Anda beli 300 unit terisi penuh, jadi Anda butuh Rp45.000.000,-
  2. Jangan lupa lengkapi usaha Anda dengan armada pengangkut. Karena kelas Anda hanya sub agen, Anda bisa mencari armada pengangkut yang lebih kecil. Beli saja colt diesel Anda bisa dapat di angka Rp60.000.000,-
  3. Jangan lupa hitung biaya sewa ruko untuk gudang dan kantor. Anggap lah separah-parahnya harga sewa ruko adalah Rp3.000.000 per bulan, dan Anda menyewa selama 1 tahun. Artinya di awal Anda mengeluarkan Rp36.000.000,-
  4. Hitung pula biaya listrik, air, dan operasional bulanan Anda, anggaplah sekitar Rp3.000.000,-. Maka dalam satu tahun Anda akan mengeluarkan Rp36.000.000,-
  5. Terakhir beli lah alat pemadam api ringan, rata-rata seharga Rp300.000,- sampai Rp500.000,- Anggaplah Anda mengeluarkan biaya Rp1.000.000,-

Total modal yang keluar dalam satu tahun berarti sekitar Rp145.000.000-

Wah banyak ya? Tunggu sampai Anda lihat omzet nya. Dalam satu hari sub agen elpiji 3 Kg bisa menjual rata-rata 30 tabung LPG 3 kg harga rerata Rp14.000,- maka omzet bulanannya mencapai Rp12.600.000,-

Dalam satu tahun Anda bisa balik modal, dan setelahnya tentu saja Anda bisa menikmati hasil yang sudah Anda capai. Kalau Anda pintar malah bisa jadi usaha ini semakin berkembang dan margin usahanya bisa semakin besar!

Itulah cara menjadi agen gas elpiji serta dokumen yang harus dilengkapi dalam pengajuan untuk menjadi agen gas elpiji. Nah, menggiurkan bukan? Jadi jangan remehkan bisnis agen elpiji ya. Kami sudah share nih cara jadi agen gas Elpiji, sekarang saatnya Anda yang mulai berusaha!

Cek juga: Tips main online shop di 2019

Komentar

23 Komentar

  • Zaenudin
    May 22, 2019 at 8:59 am

    Untuk menjadi sub agen, apakah perlu menggunakan PT atau sejenis nya dan cara mendaftar nya bagaimana?
    Mohon jawabannya

    Balas
    • edi h djau
      May 24, 2019 at 4:32 am

      mohon penjelasan dan syarat yg diperlukan utk menjadi agen atau sub agen terima kasih

      Balas
      • Rustandi
        July 24, 2020 at 1:11 pm

        Kalo gak punya modal sama sekali gimana kak..
        Misalkan hanya punya modall buat sewa tempat dan membeli apar nya saja…

        Balas
  • edi h djau
    May 24, 2019 at 4:28 am

    saya ada pt dan ktr di dekat transmart ingin dan berminat utk menjadi agen elpiji atau sub agen, bisa tlg diberikan penjelasan yg lebih detail dan bagaimana caranya utk bisa menjadi agen tsb dan brp lama proses termasuk apa saja persyaratan yg diperlukan.terima kasih.

    Balas
  • RANJIB GANDHI SIAHAAN
    May 29, 2019 at 5:58 pm

    Maaf sebelumnya, saya ingin berkecimpung di penjuala gas 3kg,bagaimana caranya?

    Balas
    • Suwarso
      July 22, 2020 at 6:11 am

      Kok bisa jual 30 tbg , harga rerata 14000 kok langsung dihantam omsetnya 12600000, dari mana?

      Balas
    • Rustandi
      July 24, 2020 at 1:14 pm

      Mohon arahannya juga untuk bisa jadi sub gas 3kg

      Balas
  • AZHARUL MUSTOPA MAKY
    June 2, 2019 at 2:38 pm

    Saya ingin daftar menjadi sub agen.. saya eks pangkalan minyak tanah..

    Balas
  • Wahyudin rambe
    June 4, 2019 at 4:41 am

    semua persyaratan sudah saya penuhi
    Cmn saya bingung bagaimana caranya untuk mengirimkan dokumen2 yang sufah saya miliki. Tllong di beri petunjuk pak-buk…

    Balas
  • Ganyongloro simanjuntak
    June 5, 2019 at 11:12 am

    Saya mau jadi sub agen gas

    Balas
  • Bryankristiankaleb
    June 7, 2019 at 5:33 pm

    Saya bryan saya punya 240 tabung kalau saya jadi sub agen dgn harga isi ulang yg rendah lokasi jakarta timur tolong bisa tdak agen besar e ngsub kesaya trims

    Balas
  • Subroto
    June 8, 2019 at 8:29 pm

    mohon arahannya,ingin gabung menjadi sub agen gas 3kg.trima kasih

    Balas
  • Adhe Nugraha
    June 9, 2019 at 6:50 pm

    Pengurusan perizinan pertama dimna

    Balas
  • tedy
    June 14, 2019 at 7:05 am

    cara perizinan sub agen bagaimana, saya di depok jawa barat
    mohon informasinya

    Balas
  • Irwandi
    June 14, 2019 at 11:00 am

    Ass wr wb kami sudah mempunyai CV kami mau menjadi agen di kabupaten kuantan singingi Riau, apa langka awal yg perlu di lakukan?

    Balas
  • Rohmat
    June 17, 2019 at 6:56 pm

    Assalamualaikum, mau tanya sedikit karena masih ada yang ganjil nih dari rincian sub agen diatas.
    Untuk tabung isi 150.000 & kosong 120.000, ko disini selisih 30.000 antara yang kosong dengan yang isi. Berapa harga isi tabung gas/tabung 3kg?

    Balas
  • Nanda
    June 19, 2019 at 5:40 am

    cara perizinan sub agen bagaimana, katanya sulit di Pertamina nya.
    saya di Cianjur jawa barat
    mohon informasinya

    Balas
  • Ari
    July 23, 2020 at 2:26 am

    Wah banyak ya? Tunggu sampai Anda lihat omzet nya. Dalam satu hari sub agen elpiji 3 Kg bisa menjual rata-rata 30 tabung LPG 3 kg harga rerata Rp14.000,- maka omzet bulanannya mencapai Rp12.600.000

    Gk jelas..harga kulak e piro? Rp 12.000 dijual Rp 14.000 untung Rp 2000 x30 cmn 60rb??

    Balas
  • Ari Jaya
    July 27, 2020 at 12:18 pm

    Jikasaya tidak punya usaha namun ingi menjadi penjual gas elpiji 3kg di rumah saya apa itu bisa pak bu ??

    Balas
  • Indra
    July 27, 2020 at 11:36 pm

    Tolong pak apa saja syarat nya saya mau buka pangkalan gas 3kg, di daerah Muaro Jambi

    Balas
  • Enda hidayah
    July 31, 2020 at 3:05 am

    Blmphm juga klu gak terjun lagsung

    Balas
  • lasmi
    July 31, 2020 at 9:14 am

    Untuk menjadi sub agen apakah bisa mengunakan UMKM , dan kalau lokasi tempat saya daerah cigombong cipanas cianjur apakah masih bisa menjadi sub agen? dan persyaratan apa saja dan harus di bawa kemana persayratan tersebut kl wilayah cigombong cianjur?

    Balas
  • lasmi
    July 31, 2020 at 9:16 am

    mohon arahan akan menjadi sub agen 3kg wilayah cigombong cipanas cianjur.trimakasih

    Balas
Artikel Terkait
Bisnis 21 Jul 2020

4 Hal Penting Menghadapi Bisnis yang Menurun

Proses membangun bisnis tidaklah mudah, penuh dengan jerih payah dan kesulitan. Hal tersebut menuntut Anda untuk mempunyai pengetahuan yang cukup dalam membangun dan mengembangkan bisnis Anda.  Namun, pernahkan Anda menjalankan bisnis dalam kondisi sulit atau sedang mengalami penurunan? Pada masa seperti itu biasanya perusahaan akan mengalami penurunan omzet penjualan, penurunan produktivitas, dan masalah lainnya sampai […]

Bisnis 7 Mar 2020

Panduan Membuat SOP yang Mudah dan Praktis

SOP atau standar operasional prosedur merupakan sebuah alat ataupun metode yang biasanya digunakan oleh suatu perusahaan agar segala sesuatu yang dilakukan oleh Karyawan mereka bisa lebih teratur dan memiliki acuan khusus. SOP yang merupakan acuan pekerjaan bagi para karyawan biasanya harus terlebih dahulu diteliti dan dikaji dengan detil untuk kemudian disahkan oleh pejabat yang memiliki […]

Bisnis 7 Mar 2020

Cara Membuat Kwitansi Pembayaran yang Baik

Berbisnis merupakan salah satu cara bagi kamu untuk belajar berbagai macam hal, karena di dalam berbisnis kamu dituntut untuk mengurus hal-hal yang barangkali tidak akan kamu urus bila kamu tidak pernah berbisnis. Dalam hal ini kami berbicara mengenai dokumen-dokumen, serta hal-hal yang terkait legalitas dari bisnis itu sendiri. Salah satu yang harus kamu urus ketika […]