Cara Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home!

Dwi Arianto
24 Jul 2020

Di tengah pandemi yang virus corona yang sedang merebak di Indonesia dan diprediksi akan berakhir di bulan juli ini membuat banyak perusahaan untuk mengambil kebijakan supaya karyawannya bekerja dari rumah atau biasa disebut dengan Wok From Home.

Selain beberapa perusahaan yang memilih kebijakan Work From Home juga ada beberapa perusahaan yang memilih untuk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada ribuan karyawannya karena pendapatan yang menurun.

Dengan kebijakan Work From Home ini pastinya ada yang merasa senang dan ada juga yang merasa tidak. Untuk Anda yang sudah merasa bosan untuk bekerja dari rumah dan berakibat kepada produktivitas, ini dia tips meningkatkan produktivitas saat Work From Home.

1. Bangun Pagi

Bangun pagi adalah salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas saat work from home, karena bekerja dari rumah bukan berarti Anda bisa bangun siang dan bermalas-malasan. Anda bisa bangun di jam 6 atau jam 7 pagi, lalu awali hari dengan hal-hal yang positif yang bisa meningkatkan motivasi dalam bekerja.

2. Mandi dan gunakan pakaian yang rapi

Tips selanjutnya yang harus Anda lakukan agar work from home lebih efektif adalah tetap mandi di pagi hari walaupun tidak diwajibkan untuk pergi ke kantor. Karena mandi di pagi hari memiliki manfaat yang cukup baik meski Anda hanya bekerja dari rumah saja.

  • Meningkatkan sistem imunitas tubuh. Di tengah wabah corona yang sedang merebak di Indonesia, pastinya menjaga imunitas tubuh sangatlah penting. Jika perlu, Anda bisa mandi menggunakan air dingin supaya kadar sel darah putih meningkat.
  • Memperlancar sirkulasi darah. Semua orang pasti akan merasa segar dan sangat freh setelah mandi, kesegaran itu akan membuat tubuh Anda lebih terjaga. Dan mandi air dingin juga akan mempercepat peredaran darah ke seluruh tubuh sehingga sirkulasi darah akan lebi lancar.
  • Mengurangi risiko darah tinggi. karena sirkulasi di dalam tubuh lancar, maka dari itu Anda bisa terhindar dari risiko darah tinggi.

3. Siapkan koneksi internet yang stabil

Bekerja dari rumah pastinya memiliki kerugian yang harus Anda hadapi, dan salah satunya adalah menyiapkan koneksi internet yang stabil. Karena dengan koneksi internet yang stabil akan membantu Anda lebih produktif, dan juga menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan dengan cepat.

Beruntunglah yang di rumahnya ada wifi, untuk yang di rumahnya tidak ada jaringan wifi pastinya Anda harus tethering dari ponsel dan hal itu akan memakan banyak kuota.

4. Siapkan to do list

Agar pekerjaan Anda yang menumpuk bisa selesai sesuai dengan deadline yang sudah ditentukan, Anda bisa membuat to do list pekerjaan yang harus Anda kerjakan. To do list bisa Anda buat di pagi hari sebelum melakukan pekerjaan atau bisa juga satu hari sebelumnya.

Susunlah daftar pekerjaan sesuai dengan berdasarkan prioritas dan deadline-nya sehingga Anda bisa menyelesaikannya dengan maksimal dan tepat waktu.

5. Jangan bekerja di kamar

Salah satu kelamahan jika bekerja dari rumah adalah, masih banyak diantara Anda yang bekerja di dalam kamar dan ini adalah suatu hal yang tidak sehat dan menghilangkan produktivitas Anda.

Siapkan satu dedicated spot selain kamar yang bisa Anda gunakan untuk bekerja dan tidak menghilangkan produktivitas. Misalnya siapkan satu meja dan kursi, hias sesuai dengan keinginan Anda supaya bisa meningkatkan produktivitas.

6. Lakukan aktivitas fisik 2 jam sekali

Bekerja, menatap layar komputer dan duduk berjam-jam tanpa melakukan aktivitas lain dan tanpa minum adalah hal yang kurang baik karena bisa menyabkan dehidradi dan otot-otot juga bisa kaku.

Pada dasarnya, seseorang bisa fokus bekerja hanya 1,5-2 jam saja dan setelahnya membutuhkan waktu istirahat 15-20 menit. Maka dari itu, daripada Anda menghabiskan waktu dengan duduk dan menatap laptop selama 9 jam, lebih baik Anda membagi waktu dimana Anda bisa melakukan aktivitas fisik 2 jam sekali.

7. Tidak korupsi waktu kerja

Agar Anda bisa menyelesaikan semua pekerjaan sesuai dengan to do list yang sudah dibuat, maka Anda tidak boleh korupsi waktu kerja demi menyelesaikan semua pekerjaan.

Anda harus mengoptimalkan waktu kerja Anda selama 8-9 jam dengan tidak menonton film, tidur-tiduran dan hal lain di luar pekerjaan yang bisa mengganggu pekerjaan Anda. 

Komentar

Artikel Terkait
Tips 24 Jul 2020

Cara Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home!

Di tengah pandemi yang virus corona yang sedang merebak di Indonesia dan diprediksi akan berakhir di bulan juli ini membuat banyak perusahaan untuk mengambil kebijakan supaya karyawannya bekerja dari rumah atau biasa disebut dengan Wok From Home. Selain beberapa perusahaan yang memilih kebijakan Work From Home juga ada beberapa perusahaan yang memilih untuk melakukan pemutusan […]

Tips 24 Jul 2020

Tips Mudah Mengelola Gaji Agar Tidak Boros

Jika Anda adalah salah satu pekerja yang memiliki gaji cukup besar, tapi gaji Anda selalu tidak bersisa? Itu adalah suatu indikasi bahwa manajemen keuangan Anda buruk dan membutuhkan cara untuk menyelamatkan kondisi finansial Anda. Sebelum membahas tentang cara menghemat penghasilan, ada baiknya jika Anda mengetahui dahulu apa sih kesalahan yang mengakibatkan hal tersebut sampai bisa […]

Tips 24 Jul 2020

Cara Bijak Mengelola Keuangan Bagi Pebisnis

Menjadi seorang pebisnis yang cerdas tentu harus memahami bagaimana membedakan keuangan pribadi dan bisnis. Hal ini perlu dilakukan supaya kondisi keuangan usaha stabil. Jangan tunggu sampai kondisi keuangan bisnis Anda kacau hanya karena tidak mampu mengelola keuangan dengan baik. Anda dapat mulai mencatat kebutuhan sehari-hari beserta budget yang akan dikeluarkan, dan menulis kebutuhan untuk operasional […]