Ini Penghasilan Driver GoCar Sebenarnya!

Fakhri Zahir
30 Jan 2019

Sejak tahun 2015 kehidupan para pekerja kantoran, anak sekolah, hingga para mahasiswa berubah sangat drastis. Hal ini tidak lain karena kehadiran startup transportasi massal yang mengubah sistem transportasi massal di Indonesia secara tiba-tiba.

Gojek adalah salah satunya, dengan berbagai macam layanan yang diberikan seperti GoRide, GoMart, GoFood, hingga GoMed dan yang akan kita kupas tuntas pada kesempatan kali ini yakni GoCar!

Tapi kami tidak akan banyak membahas GoCar dari sisi penumpang loh, melainkan dari sisi mitra alias drivernya. Kami akan mencoba mengulas secara mendetil tentang berapa sebenarnya penghasilan driver GoCar, apakah layak dan jauh diatas gaji UMR? Yuk langsung bahas!


Penghasilan Dasar Driver GoCar

Driver go car dan blue bird

Setelah sekian lama berkutat dengan tarik ulur aturan tarif dasar GoCar, Pada bulan Desember 2018 pemerintah mengeluarkan aturan terpadu melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 118, Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus.

Berdasarkan aturan ini pihak Gojek selaku penyedia jasa angkutan berhak menetapkan tarif yang batas atas maupun batas bawahnya ditetapkan oleh Menteri Perhubungan sebelumnya. (Cek gaji masinis di Indonesia)

Nah berdasarkan aturan yang baru ini batas bawah tarif taksi online adalah Rp3.500,- dan batas atasnya adalah Rp6.000,-. Secara mendetil kami tidak bisa memberikannya kepada anda secara lengkap.

Hal ini karena bervariasinya tarif GoCar, selain karena aturan tersebut, tarif dasar juga bisa berbeda sesuai dengan peraturan Gubernur setempat dan aturan dari Gojek di wilayah yang berkaitan.

Tapi berdasarkan pengalaman beberapa driver GoCar saat ini, penghasilan Driver GoCar yang paling dasar, tanpa embel-embel poin dan bonus lainnya, saat ini bisa mencapai pendapatan bersih Rp150.000,- hingga Rp250.000,- dengan jam kerja normal (sekitar 8 jam sehari). Agak jauh dengan penghasilan para driver Grab Car tentunya.

Jadi kalau anda libur di hari minggu misalnya, setidaknya anda bisa mendapatkan sekitar Rp5.000.000,- loh per bulannya! Belum lagi bonus-bonus dan poin yang bisa Anda dapatkan, apakah itu? Yuk kita bahas!


Skema Poin dan Bonus Baru

Sebagaimana hal nya para driver GoRide, GoJek juga telah menetapkan peraturan baru mengenai skema poin maupun bonus yang baru. Berdasarkan laman resmi GoJek, aturan baru tersebut berlaku sejak Desember 2018.

poin driver go car di aplikasi

Kalau dulu Anda yang menjadi driver GoCar harus bekerja keras dengan check point yang sama antar driver untuk mengejar bonus, sekarang check point untuk kejar bonus masing-masing driver adalah berbeda.

Aplikasi nantinya secara otomatis akan menghitung rata-rata pencapaian poin Anda dalam 2 minggu terakhir, baik di hari biasa dan di akhir pekan. Nantinya poin target yang harus Anda kejar bisa jadi berbeda dengan rekan driver lain, dan begitupula bonus yang bisa didapatkan.

Supaya tidak membingungkan, kami telah membuatkan Anda simulasi poin yang bisa Anda terapkan sendiri.

Katakanlah Bapak Apay adalah seorang driver GoCar di daerah Jakarta dengan poin yang terkumpul sehari-harinya sebagai berikut:

Pekan Periode Tutup Poin Hari Aktif
Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Total
Pekan-1 Senin-Jumat 13 5 9 0 10 37 4
Sabtu-Minggu 15 0 15 1
Pekan-2 Senin-Jumat 16 10 9 11 13 59 5
Sabtu-Minggu 4 10 14 2

Pencapaian poin Pak Apay di hari senin sampai jumat minggu pertama dan kedua adalah 37 ditambah 59 yakni 96 poin dengan jumlah hari aktif total 9 hari. Sementara pencapaian poin Pak Apay di akhir pekan dua minggu terakhir adalah 15 tambah 14 yakni 29 dengan hari aktifnya 3 hari saja.

Maka pencapaian rata-rata Pak Apay di hari biasa adalah 96 poin dibagi 9 hari atau sekitar 10,6 poin dan di akhir pekan adalah 29 poin dibagi 3 hari yakni 9,67 poin.

Nah nantinya target poin dasar yang harus dicapai Pak Apay akan mendekati kedua poin di atas, yakni yang mendekati 10,6 di hari kerja dan yang mendekati 9,67 di akhir pekan. Target poin Pak Apay akan berbeda bila rekannya memiliki rerata poin hari kerja misalnya 5, dan akhir pekan hanya 3.

Meski target poin Pak Apay lebih tinggi, potensi bonus yang bisa didapatkan Pak Apay akan jauh lebih tinggi dibanding rekannya tadi.


Skema Poin Jabodetabek

Pertanyaan selanjutnya, berapa target poin dasar dan bonusnya masing-masing? Sebenarnya untuk pertanyaan ini jawabannya amat bervariasi antar daerah. Yang terbesar tentu saja daerah Jabodetabek.

Tapi khusus untuk pembahasan ini kami akan menjabarkan skema poin lengkap khusus di Jabodetabek saja, untuk Anda yang berada di daerah lain, mungkin Anda bisa mencari tahu sendiri. Tapi pada dasarnya sih tidak banyak perbedaan yang berarti. Yuk lanjut!

Untuk memudahkan Anda, kami mengambil tabel skema poin terbaru langsung dari laman website GoJek. Sekali lagi skema ini berlaku khusus untuk daerah Jabodetabek ya.

Skema poin go car jabodetabek

Sebagaimana yang bisa Anda lihat, Anda bisa mendapatkan bonus yang berbeda-beda dengan rekan-rekan driver Anda dan seluruhnya bergantung dari aktivitas Anda dua minggu terakhir. Yang jelas maksimal Anda bisa mendapatkan Rp425.000,- bonus per hari!


Poin Dasar?

Lalu bagaimana caranya mendapatkan poin-poin tersebut? Caranya adalah dengan narik tentunya!

Satu kali Anda menjalankan orderan, Anda akan mendapatkan 1 poin, dan khusus area Jabodetabek Anda bisa mendapatkan tambahan 0,5 poin apabila mengambil orderan pada senin sampai jumat pukul 16.00 hingga 19.00.

Bagi Anda yang narik di daerah Jakarta, ada poin tambahan yang bisa Anda dapatkan lho. Anda bisa cari orderan di daerah SCBD, Jl. Prof DR. Satrio, Grand Indonesia, dan Senayan pukul 18.00 hingga 22.00 di hari senin sampai jumat untuk mendapatkan tambahan 1 poin.

Sementara Anda yang ambil orderan di area Blok M, Melawai, dan sekitarnya di hari senin sampai Jumat pukul 16.00 hingga 20.00, Anda berhak mendapatkan tambahan poin sebesar 0,5 poin. Bayangkan kalau seluruhnya Anda jumlah, wuih menarik bukan?


Adakah Cara Lain Menambah Penghasilan Driver GoCar?

Tentu saja cara simpel menambah penghasilan adalah menambah pekerjaan, menambah jam kerja, merangkap punya akun GrabCar, daftar GoFood dan sambil jualan makanan, hingga menawarkan jualan barang sendiri ke penumpang. Tapi gimana cara menambah penghasilan spesifik sebagai driver GoCar?

Sebenarnya ada satu cara lagi untuk menambah penghasilan seorang driver GoCar, yakni dengan mengaktivasi layanan GoCar L. Namun fitur ini hanya dapat diaktivasi oleh Anda yang khusus memiliki kendaraan dengan 6 bangku penumpang alias 6 seater car.

Mobil kapasitas 6 orang go car app

Dengan kapasitas yang lebih besar itu, GoJek menghargai setiap order yang Anda ambil dengan harga 20% lebih mahal daripada harga normal. Hal ini tentu amat menarik, toh rata-rata pengemudi GoCar sebenarnya memiliki mobil dengan kapasitas 6 orang.

Namun dengan aktivasi fitur L ini, tentu saja order yang akan masuk kemungkinan akan lebih sedikit. Karena mungkin akan lebih jarang konsumen yang memang mencari mobil-mobil besar. Paling-paling hanya 10% dari seluruh penumpang toh?

Penghasilan Driver GoCar memang tidak tentu, tapi bisa kita hitung loh berapa pendapatan potensialnya. Anggaplah Anda mencapai target poin bonus 21 poin atau sekitar Rp425.000,- dengan jumlah order rata-rata sekitar 16 order dengan masing-masing Rp20.000,-

Artinya pendapatan kotor harian Anda adalah sekitar Rp745.000,- dikurang dengan biaya makan dan bensin, setidaknya Anda bisa mendapatkan pendapatan bersih Rp400.000,- hingga Rp500.000,- per harinya. Berarti dalam sebulan maksimal Anda bisa saja mendapatkan Rp12.000.000,-.

Menggiurkan bukan? Apakah sekarang Anda mulai tertarik untuk pindah profesi?

Baca juga: Berapa gaji pramugari sebenarnya?

Komentar

10 Komentar

  • mohamadjamburi
    June 3, 2019 at 4:52 am

    Mantap jiwa buat tambahan penghasilan atau jadi penghasilan pokok?

    Balas
  • Tjan Kian Liang
    June 10, 2019 at 5:33 pm

    kesempatan kerja yg baik dan flexibel

    Balas
  • Ilham
    September 14, 2019 at 11:15 pm

    Bulsit, penghasilan saya perhari ga jauh dr 300 / hari , karna klo menolak yg nominal nya kecil akan ada ancaman suspen, tpi klo di terima pihak gocar trus menerus kasih yg nominal nya d bawah 50 ribu, d tambH bnyak nya potongan potongan harga, saya gocar, dan mobil saya butuh bahan bakar, dan saya juga butuh makan, apakah penghasilan 300 bsa mencukupi smua nya, bahkan kebutuhan rmh tangga,
    Saya bingung smakin lama smakin ancur penghasilan gocar
    Tolong dong pihak gocar melihat real d lapangan, jgn hanya memonitor aja.

    Balas
    • ORrdmnnrh
      December 11, 2019 at 4:46 pm

      300/hr, sebulan bisa 8-9 juta, msh jauh lbh baik dr kerja kantoran

      Balas
    • Rizky
      January 8, 2020 at 11:09 pm

      Dapet order 15.000 potongan nya 6.800 om..
      Parah banget..
      Dapet order 18.000 bayar gopay saya cuma terima 11.200 om..
      Trus untuk potongan sebenarnya berapa persen?????

      Balas
  • Ivan
    January 11, 2020 at 9:17 am

    Gimana lebih baik dari kerja kantoran ? Bro driver online utk dapat sebegitu kerja rodi dari pagi sampai malem, 12 jam n 7 hari seminggu. Coba kalau kantoran 8 jam perhari n 5 hari perminggu. 2 hari santai sama anak bini. Mana yg lebih baik. Jadi online itu hanya terpaksa n jalan akhir dr pada dari pada.

    Balas
  • Imam fadli
    January 13, 2020 at 6:24 pm

    Hai gojek saya mitra go car akun masih aktif namun belum lama sayatdk aktif kini saya mau mutasi ke goride mohon bantuan saya domisili bogor kekantor gojek tutup yg dijln baru ada kah info nya…agar saya bisa mutasi.

    Balas
  • rudi sugianto
    January 23, 2020 at 12:56 pm

    tolong di tanggapi dengan serius keluhan pak ilham,, bukanbdibantah, setiap keluhan yg keluar harusnya perusahaan benah agar perusahaanblebih baek,,, benar pak ilham bilang, perusahaanbharus tau kondisi lapangan,, karna belum tentu 300rb uang bersih, bagaimana kalau pak ilham belum potong uang makan, bensin, dll dari 300 rb, berfikirlah pahitnya, saya lebih suka berfikir pahitnya, karna yg manis adalah keberhasilan perusahaan, jafi tolong yg pahitnya dibenahi diperbaiki diminimalisir, thanks salam dari saya seorang marketing

    Balas
  • Agus
    February 2, 2020 at 8:35 am

    Apa yang dikatakan Pak Ilham itu betul sekali..sy sendiri tiap Hari “Narik” dr jam 09.00 sampai jam 21.00 bahkan mungkin lebih, pendapatan sy tidak jauh dari 300 ribu, belum dipotong Bensin 125 rb, yg tersisa Hanya 175 rb,bahkan utk memberi recehan utk Pak “ogah” yg Tak terhitung utk di setiap tikungan atau “U Turn”. Selama 12 jam sy “Narik” maximal Hanya bs mendapatkan 8 atau 9 “Trip”. Sy sarankan utk pihak Gojek untuk mencoba sendiri “Narik” , Dan berikan pendapatnya…analisa nya jangan Hanya berdasarkan hitung2an matematika saja tapi tidak memahami keadaan di lapangan..Karena tidak karang juga analisa teoritical berbanding terbalik dengan analisa lapangan..jadi cobalah pihak Gojek untuk mengkaji kembali dalam membuat setiap policy spy terjadi “Win Win Solution”

    Balas
  • Yutak
    February 4, 2020 at 12:19 am

    Benar kata pak Rizky, jadi sebenarnya sekarang gocar 1 trip potongannya kog sampai 35 % .parahh bangatt..gimana nasib para driver gocar, driver keluar tenaga ,keluar modal, isi bensin ,blom lagi resiko kena tilang polisi, nubrukk mobil org..potongan sampai 35% apakah gak kasihan sama driver Gocar ??? Mohon pengertiannya pak 🙏🙏🙏 (driver jua..ada keluarga yang harus di hidupi..mudah2an masukan ini bisa di terima dan ada perubahan potongan seperti awal nya,sekitar 16%. Amin 😇😇😇

    Balas
Artikel Terkait
Penghasilan 7 Mar 2020

Intip Besaran Gaji PNS di Tahun 2020 Terbaru

Pegawai negeri sipil atau PNS merupakan salah satu pekerjaan yang boleh jadi merupakan pekerjaan idaman bagi banyak orang di Indonesia. Bahkan menurut kami pekerjaan ini bukan hanya jadi pekerjaan generasi Y saja. Terbukti dari membludaknya pelamar CPNS di tahun lalu dan tahun ini yang pastinya kebanyakan diisi oleh generasi z dan generasi milenial. Tidak salah […]

Penghasilan 7 Mar 2020

Gaji Satpol PP di Tahun 2020 (Terbaru)

Apakah kamu tahu bahwa satpol PP salah satu perangkat pemerintah yang seringkali dipandang sebelah mata padahal Satpoll PP diketahui memiliki banyak manfaat bagi pemerintah daerah yang bersangkutan. Satpol PP sendiri merupakan perangkat pemerintah yang merupakan perpanjangan tangan dari kepala daerah. Dimana kepala daerah bisa mengandalkan satpol PP  sebagai salah satu perangkat untuk menjaga keteritiban umum […]

Penghasilan 5 Mar 2020

Apa itu Cek, dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Kalau kamu pernah menonton film di Hollywood, kamu pasti tidak asing dengan yang namanya cek. Biasanya si pemeran orang kaya akan menuliskan Nominal uang di selembar kertas untuk diberikan kepada orang lain. Nantinya orang yang diberikan selembar cek tersebut akan menukarkan uang sejumlah dengan Nominal uang yang tertera di dalam teks tersebut. Tapi apakah benar […]