Inilah 8 Tanda Bisnis Siap Untuk Dikembangkan

Dwi Arianto
21 Jul 2020

Seorang pebisnis tentunya harus memiliki tekad yang kuat untuk memulai sebuah bisnis baru dan pastinya seorang pebisnis memiliki impian untuk terus mengembangkan usaha menjadi lebih maksimal.

Bentuk pengembangan bisnis juga beragam, mulai dari pengembangan produk, jasa, dan lainnya. Ketika bisnis yang Anda jalankan sudah terbilang sukses, kini saatnya untuk melakukan ekspansi untuk mendapatkan pendapatan dan keuntungan yang lebih besar lagi.

Untuk melakukan ekspansi sebuah usaha harus memperhatikan beberapa hal, berikut ini merupakan tanda bahwa Anda siap mengembangkan bisnis.

1. Memiliki Produk yang Inovatif

Salah satu cara bertahan dalam dunia bisnis adalah memiliki produk yang inovatif atau berbeda dari yang lain dan harus memiliki keunikan tersendiri. Karena dengan begitu, bisa mengurangi tingkat persaingan sekaligus menarik minat pelanggan Anda dengan produk yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Dengan meningkatkan permintaan pada produk yang di inginkan oleh para customer tentunya akan membuat keuntungan menjadi lebih maksimal. Hal ini merupakan indikasi bahwa bisnis yang dijalankan telah sukses.

2. Utamakan Pelayanan Konsumen

Pelayanan konsumen akan menjadi aspek penting yang harus Anda perhatikan, ketika peningkatan sumber daya sudah optimal. Pelayanan terbaik kepada konsumen menjadi hal yang sangat penting untuk membuat mereka tetap bertahan pada produk/merk yang Anda jual.

Manfaatkan social media untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen Anda, berikan juga update tentang produk dan terbaru atau apapun yang berkaitan dengan bisnis Anda. Jangan lupa juga untuk menjawab pertanyaan konsumen, memberikan solusi serta menawarkan bantuan, Anda juga harus bisa mengedukasi konsumen dengan baik.

3. Kenali Kompetitor

Anda akan mendapat banyak pelajaran jika mengenali kompetitor, lihat apa saja nilai jual dan serta kelebihan yang dimiliki oleh para pesaing. Anda juga tidak perlu mengikuti apa yang dilakukan kompetitor untuk membuat pendapatan berada dalam posisi yang setara.

Mengenali kompetitor ini dilakukan dengan tujuan agar bisnis Anda bisa mengeluarkan suatu produk yang berbeda.

4. Pelanggan Datang Kembali

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang memiliki pelanggan setia dan akan selalu kembali untuk membeli produk terbaru dari bisnis Anda. Pelanggan yang selalu kembali ke tempat usaha Anda merupakan salah satu bukti pelayanan yang dihadirkan dapat memuaskan mereka.

Untuk mendapatkan pelanggan setia, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut:

  • Gunakan media sosial untuk menjaring pelanggan baru.
  • Buatlah database pelanggan yang pernah datang ke toko outlet Anda. Data tersebut nantinya bisa Anda manfaatkan untuk memberitahukan adanya promo.
  • Berkomunikasi secara aktif dengan.
  • Manfaatkan juga Customer Relationship Management untuk tetap terhubung dengan para pelanggan.

5. Minimalisasi Biaya Operasional

Tujuan dalam membangun usaha adalah untuk menghemat biaya pengeluaran dan mendapatkan keuntungan dengan sebesar-besarnya. Anda juga harus mengawasi berapa modal dan biaya operasional yang telah dikeluarkan dan serta pendapatan yang dihasilkan. 

Hal ini dilakukan untuk memastikan kebutuhan yang dipenuhi oleh bisnis selaras dengan apa saja yang harusnya didapatkan untuk menciptakan pertumbuhan.

6. Atur Keuangan Dengan Baik

Jika usaha yang Anda jalankan sudah stabil, kini waktunya Anda untuk mengatur keuangan dengan  benar. Hal ini dilakukan agar pengeluaran dan penghasilan dari usaha yang Anda jalankan seimbang.

Mengelola keuangan dengan baik merupakan bagian krusial dalam perkembangan sebuah bisnis, maka dari itu tak heran jika banyak sekali usaha yang gagal karena salah dalam mengelola keuangan.

Untuk bisa mengelola keuangan dengan baik, Anda bisa mempekerjakan seorang lulusan Akuntan yang kompeten untuk membantu semua pencatatan keuangan bisnis Anda.

7. Memiliki Karyawan yang Solid

Karyawan adalah garda terdepan yang akan membantu menjualkan produk-produk bisnis Anda kepada para konsumen. Dan perlu Anda ketahui bahwa ekspansi bisnis membutuhkan banyak tenaga dan akan menyita karena Anda harus terjun langsung ke lapangan untuk menangani perluasan bisnis.

Dan disitulah peran karyawan Anda dibutuhkan, apakah Anda siap mempercayakan bisnis kepada mereka dan apakah mereka siap untuk diberikan kepercayaan. Semua ada di tangan Anda.

Maka dari itu lakukanlah strategi perekrutan karyawan dengan baik agar dapat memiliki karyawan yang solid dan memiliki motivasi serta tujuan yang sama dengan Anda dalam mengembangkan bisnis.

8. Memiliki Modal yang Cukup

Hak terakhir yang harus Anda siapkan untuk mengembangkan bisnis adalah modal usaha. Modal dibutuhkan tidak hanya pada saat Anda akan memulai bisnis saja, saat Anda ingin mengembangkan bisnis juga sangat diperlukan.

Pada dasarnya jika Anda memiliki aliran dana yang lancar, pemasukan serta bisnis yang stabil, mungkin ini waktu yang tepat untuk mengembangkan usaha Anda. Meski begitu, perlu diingat bahwa “mengembangkan” sama halnya dengan membangun usaha baru, membutuhkan banyak modal untuk mewujudkan rencana Anda.

Komentar

Artikel Terkait
Tips 24 Jul 2020

Cara Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home!

Di tengah pandemi yang virus corona yang sedang merebak di Indonesia dan diprediksi akan berakhir di bulan juli ini membuat banyak perusahaan untuk mengambil kebijakan supaya karyawannya bekerja dari rumah atau biasa disebut dengan Wok From Home. Selain beberapa perusahaan yang memilih kebijakan Work From Home juga ada beberapa perusahaan yang memilih untuk melakukan pemutusan […]

Tips 24 Jul 2020

Tips Mudah Mengelola Gaji Agar Tidak Boros

Jika Anda adalah salah satu pekerja yang memiliki gaji cukup besar, tapi gaji Anda selalu tidak bersisa? Itu adalah suatu indikasi bahwa manajemen keuangan Anda buruk dan membutuhkan cara untuk menyelamatkan kondisi finansial Anda. Sebelum membahas tentang cara menghemat penghasilan, ada baiknya jika Anda mengetahui dahulu apa sih kesalahan yang mengakibatkan hal tersebut sampai bisa […]

Tips 24 Jul 2020

Cara Bijak Mengelola Keuangan Bagi Pebisnis

Menjadi seorang pebisnis yang cerdas tentu harus memahami bagaimana membedakan keuangan pribadi dan bisnis. Hal ini perlu dilakukan supaya kondisi keuangan usaha stabil. Jangan tunggu sampai kondisi keuangan bisnis Anda kacau hanya karena tidak mampu mengelola keuangan dengan baik. Anda dapat mulai mencatat kebutuhan sehari-hari beserta budget yang akan dikeluarkan, dan menulis kebutuhan untuk operasional […]