fbpx

Apa Sih Manfaat Kredit Tanpa Agunan (KTA)?

Dwi Arianto
7 Sep 2020

Istilah KTA atau Kredit Tanpa Agunan sudah akrab di telinga kita. Sepertinya hampir semua orang mengetahui apa itu KTA. Dari kepanjangannya saja kita sudah bisa menebak pengertiannya.

KTA atau Kredit Tanpa Agunan adalah pemberian pinjaman atau kredit tanpa memerlukan persyaratan adanya jaminan apapun kepada pihak pemberi pinjaman, yang biasanya bank.  KTA seakan menjadi favorit orang saat membutuhkan dana karena keperluan mendadak atau jangka pendek. 

Anda ingin menikah? Memulai usaha? Membeli kendaraan bermotor? Atau ingin melanjutkan jenjang pendidikan Anda ke tingkat lebih tinggi?

Apapun alasan Anda membutuhkan dana, KTA seakan memberikan solusi yang mudah, cepat, dan terpercaya.

Di Indonesia, KTA gencar dipromosikan berbagai bank yang ada, baik itu bank besar ternama maupun bank menengah ataupun yang tergolong masih baru atau kecil. Semuanya berlomba menawarkan KTA dengan berbagai cara.

Lalu, apa saja manfaat KTA? Berikut penjelasannya.

Syarat lebih mudah

Apabila dibandingkan dengan kredit lainnya, salah satu keunggulan KTA adalah tidak dibutuhkan persyaratan jaminan apapun, baik itu jaminan rumah, tanah, atau kendaraan atau apapun itu. 

Anda cukup menyiapkan KTP, NPWP, beserta lampiran pembayaran kredit-kredit lain yang Anda miliki. Baik itu pembayaran kartu kredit, KPR, atau kredit lainnya. Sangat mudah dibandingkan dengan mengajukan kredit konvensional lainnya. Jadi, jangan lagi bertanya-tanya ya apa itu KTA.

Biaya administrasi ringan

Anda tidak akan direpotkan dengan biaya-biaya bank lain seperti kredit lainnya. Jadi biaya administrasinya lebih ringan, dan Anda bisa menyimpan dana lebihnya untuk keperluan lain. Beberapa bank yang menawarkan biaya administrasi relatif lebih ringan antara lain adalah ANZ MoneyLine, Citi Ready Credit, dan Bank Bukopin Kredit Serba Guna.

Tenor pinjaman lebih lama

Apabila kredit multiguna biasanya paling lama menawarkan tenor pinjaman maksimal 3 tahun, ada beberapa bank yang menawarkan tenor pinjaman KTA hingga 5 tahun. Sangat membantu, bukan? Pembayaran angsuran bulanan tidak akan terasa terlalu berat dengan tenor pinjaman yang lebih lama ini. Bank yang menyediakannya antara lain ANZ MoneyLine, Standard Chartered KTA Reguler, Bank Bukopin Kredit Serba Guna, BII KTA Payroll, dan banyak bank lainnya.

Proses yang lebih ringkas serta sederhana

Anda tidak perlu repot-repot datang ke bank, mengantri, dan menunggu hingga giliran Anda tiba untuk dilayani. Bahkan dengan kecanggihan teknologi, Anda bisa mengajukan KTA melalui internet. Anda tinggal mengisi formulir yang ada, melampirkan data-data pendukung yang dibutuhkan, dan menunggu hingga ada laporan mengenai status pinjaman KTA Anda.

Waktu pencairan yang cenderung lebih cepat

Jika Anda mengajukan kredit multiguna, walaupun pinjaman KTA Anda disetujui, biasanya bisa makan waktu hingga 2 minggu sampai dana pinjaman yang disetujui cair. Namun dengan KTA, Anda hanya perlu menunggu paling lama 5 hari setelah pinjaman Anda disetujui.

 Lumayan, bukan? Terutama bagi Anda yang sangat membutuhkan dana tersebut cepat cair. Sudah banyak bank yang mempromosikan kecepatan pencairan KTA ini, sebut saja ANZ MoneyLine, Permata KTA Speed, Standard Chartered KTA Reguler, dan banyak bank lainnya.

Semua proses pembayaran tercatat dan mudah diakses

Karena semua data bank sudah terdigitalisasi, bukti pembayaran angsuran Anda akan sangat mudah diakses jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Anda tidak repot mencari-cari bukti pembayaran tersebut di tumpukan dokumen Anda di rumah, namun Anda tinggal membukanya di penyimpanan data digital Anda.

Banyak bank yang menawarkan

KTA banyak ditawarkan dan dipromosikan oleh berbagai bank yang tersebar di seluruh nusantara. Anda tidak akan kesulitan menemukan bank yang menyediakan KTA. bahkan beberapa bank berinisiatif menawarkannya langsung pada Anda tanpa diminta.

Bisa melunasi KTA sebelum tenor habis

Biasanya banyak pinjaman yang tidak menyediakan fitur bisa melunasi pinjaman sebelum tenor habis. Pinjaman-pinjaman itu akan memberikan denda jika Anda ingin melunasi pinjaman sebelum masa tenor berakhir. 

Akan tetapi kini beberapa bank mulai menyediakan fitur ini, mereka tidak akan memberikan denda jika Anda ingin melunasi KTA sebelum tenor berakhir, antara lain BNI Fleksi, KTA ANZ MoneyLine, Bank Bukopin Kredit Serba Guna, serta beberapa bank lainnya.

Pinjaman yang bisa diambil hingga 200 juta

Pinjaman dana KTA yang ingin Anda ajukan juga bisa bervariatif, Anda bisa mengajukannya sesuai kebutuhan dana yang Anda perlukan. Namun tentu ada maksimalnya ya. Maksimal pinjaman yang bisa Anda ajukan adalah 200 juta, masih belum bisa lebih dari itu. Tapi 200 juta juga sudah lumayan banyak, bukan?

Paling tidak Anda akan bisa memenuhi impian Anda, ataupun sebagian impian Anda. Bank-bank yang menawarkan pinjaman KTA hingga 200 juta antara lain adalah Bank Mandiri KTA Mitrakarya, KTA BNI  Cerdas, ANZ MoneyLine, dan berbagai bank alternatif lainnya.

Bagaimana? Cukup banyak bukan manfaat KTA yang bisa Anda dapatkan? Namun, sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman KTA, ada baiknya Anda mempertimbangkan dengan matang. Walaupun persyaratan dan pengajuannya cukup mudah, namun resiko akan sanksi jika Anda tidak rutin melakukan pembayaran angsuran sesuai tenor yang disepakati juga harus menjadi bahan pertimbangan Anda.

Selain akan didatangi debt kolektor yang menagih tunggakan angsuran Anda, nama baik Anda juga akan tercoreng, bahkan jika tunggakan hingga beberapa bulan, Anda bisa tercatat di buku hitam Bank Indonesia. Dan jika itu terjadi, Anda juga yang akan dirugikan, karena Anda bisa dipastikan akan sulit mendapatkan persetujuan untuk pengajuan kredit Anda di masa yang akan datang.

Jadi pikirkan dengan matang semua resiko serta manfaat KTA, dan bijaksanalah dalam mengambil keputusan, agar KTA ini menguntungkan dan tidak merugikan Anda. Setelah membaca artikel ini, semoga tidak ada lagi yang bertanya apa itu KTA.

Komentar

Artikel Terkait
Bank 7 Sep 2020

Apa Sih Manfaat Kredit Tanpa Agunan (KTA)?

Istilah KTA atau Kredit Tanpa Agunan sudah akrab di telinga kita. Sepertinya hampir semua orang mengetahui apa itu KTA. Dari kepanjangannya saja kita sudah bisa menebak pengertiannya. KTA atau Kredit Tanpa Agunan adalah pemberian pinjaman atau kredit tanpa memerlukan persyaratan adanya jaminan apapun kepada pihak pemberi pinjaman, yang biasanya bank.  KTA seakan menjadi favorit orang […]

Bank 6 Feb 2020

Bank Syariah Mandiri: Solusi Menabung Tanpa RIba

Salah satu negara dengan penduduk yang beragama muslim tertinggi di dunia, Indonesia merupakan salah satu sasaran bagi produk-produk perbankan yang berbau Syariah titik terutama setelah banyaknya gerakan-gerakan hijrah di Indonesia. Bukan hanya Bank Swasta, tapi banyak juga Bang dari BUMN yang membuat cabang-cabang perbankan syariah yang memiliki banyak konsumen. Apakah kamu salah satunya, atau justru […]

Bank 3 Oct 2019

Harga Uang Lama Sekarang: Update 2019!

Sebagai salah satu alat tukar yang sah, uang merupakan benda yang rasa-rasanya sulit dipisahkan dari kehidupan manusia. Karena memang tercatat dalam sejarah, sudah sejak ratusan tahun lalu manusia telah mengenal uang, atau setidaknya alat tukar. Saat ini uang sudah menjadi alat tukar yang sah di seluruh dunia, dengan standar, bentuk, warna, dan nilai yang berbeda-beda […]