Pentingnya Sebuah Invoice Bagi Bisnis B2B

Dwi Arianto
21 Jul 2020

Mengelola invoice menjadi bagian dari keseharian para pebisnis atau pengusaha. Invoice atau yang bisa disebut juga dengan faktur adalah daftar kiriman barang yang biasanya dilengkapi dengan nama, jumlah dan juga harga yang harus dibayarkan oleh pembeli.

Jika bisnis Anda ingin lebih meningkat dan tertata, maka Anda harus menggunakan komponen invoice ini. Karena invoice inilah yang akan sangat berguna untuk keberlangsungan bisnis Anda.

Apa sih Fungsi Invoice?

Invoice atau yang sering disebut juga dengan faktur bukan hanya selebaran kertas yang tidak memiliki fungsi yang berarti. Berikut adalah fungsi dari invoice!

Sebagai Arsip Keuangan

Invoice dapat dijadikan sebagai rujukan yang ditambahkan dalam bagian keuangan. Dengan begitu, penjual dapat mengatur jumlah pemasukan dana atau juga pengeluaran dana secara efektif

Menganalisa Bisnis

Ternyata invoice juga menjadi dokumen yang digunakan untuk menganalisa bisnis. Maksudnya adalah, Anda sebagai penjual dapat menyimpulkan bagaimana pola pembelian yang disenangai oleh para pelanggan Anda. 

Jika Anda sudah mengerti cara apa yang paling disenangi pelanggan, maka Anda dapat menyiapkan strategi bisnis yang baru.

Menyimpan Catatan Penjualan

Fungsi dari invoice yang paling dimengerti oleh para penjual adalah hanya sekedar untuk menyimpan catatan penjualan saja. Yang dimana dalam invoice itu memuat semua catatan seperti waktu transaksi, identitas penagih, jasa, jumlah pajak dan juga identitas pembeli.

Jenis-Jenis Invoice

Invoice memiliki beberapa jenis, yang sering digunakan oleh suatu bisnis hanya ada 3. Apa saja sih jenis-jenisnya? Yuk simak penjelasan berikut!

Invoice Biasa

Yang pertama adalah invoice biasa, jenis invoice ini paling umum dan paling sering digunakan oleh pelaku saat bertransaksi usaha. Disebut sederhana, karena invoice ini hanya berisi rincian barang dan jumlahnya. Terdapat harga persatuan dan juga harga total dari barang yang akan dibeli. Maka dari itu sangat cocok dengan namanya yaitu, yakni invoice biasa.

Invoice Konsuler

Jenis yang kedua adalah invoice konsuler. Invoice konsuler merupakan invoice khusus yang biasanya digunakan untuk dalam perdagangan internasional, atau ekspor-impor.

Dalam invoice konsuler harus terdapat pengesahan dan persetujuan dari perwakilan negara yang melakukan kegiatan impor atau atase perdangangan, kantor konsuler, dan kedutaan besar negara pengimpor yang ada di negara pengekspor.

Invoice Proforma

Yang terakhir adalah invoice proforma, merupakan invoice yang bersifat sementara. Invoice ini akan diberikan kepada pelanggan sebelum penjual mengirimkan semua barang pesanannya.

Bisa dibilang juga bahwa invoice proforma ini adalah invoice pengganti ketika barang yang dikirimkan dilakukan dengan cara bertahap. Ketika seluruh pesanan sudah diterima pelanggan maka si penjual akan menyerahkan invoice biasa untuk menggantikan jenis invoicenya.

Contoh Invoice

Gambar di atas adalah contoh dari invoice. Dari contoh invoice di atas bisa di lihat bagian-bagian yang terdapat di dalamnya, yakni:

  1. Identitas Perusahaan
  2. Nomor Invoice
  3. Deskripsi jasa yang digunakan
  4. Identitas Pelanggan
  5. Keterangan total

Itulah beberapa penjelasan mengenai pentingnya sebuah invoice bagi perusahaan.

Komentar

Artikel Terkait
Umum 24 Jul 2020

Cara Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home!

Di tengah pandemi yang virus corona yang sedang merebak di Indonesia dan diprediksi akan berakhir di bulan juli ini membuat banyak perusahaan untuk mengambil kebijakan supaya karyawannya bekerja dari rumah atau biasa disebut dengan Wok From Home. Selain beberapa perusahaan yang memilih kebijakan Work From Home juga ada beberapa perusahaan yang memilih untuk melakukan pemutusan […]

Umum 24 Jul 2020

Tips Mudah Mengelola Gaji Agar Tidak Boros

Jika Anda adalah salah satu pekerja yang memiliki gaji cukup besar, tapi gaji Anda selalu tidak bersisa? Itu adalah suatu indikasi bahwa manajemen keuangan Anda buruk dan membutuhkan cara untuk menyelamatkan kondisi finansial Anda. Sebelum membahas tentang cara menghemat penghasilan, ada baiknya jika Anda mengetahui dahulu apa sih kesalahan yang mengakibatkan hal tersebut sampai bisa […]

Umum 24 Jul 2020

Cara Bijak Mengelola Keuangan Bagi Pebisnis

Menjadi seorang pebisnis yang cerdas tentu harus memahami bagaimana membedakan keuangan pribadi dan bisnis. Hal ini perlu dilakukan supaya kondisi keuangan usaha stabil. Jangan tunggu sampai kondisi keuangan bisnis Anda kacau hanya karena tidak mampu mengelola keuangan dengan baik. Anda dapat mulai mencatat kebutuhan sehari-hari beserta budget yang akan dikeluarkan, dan menulis kebutuhan untuk operasional […]