Ini Dia Persiapan Untuk Memulai Bisnis Online

Dwi Arianto
7 Sep 2020

Apakah saat ini Anda berencana untuk memulai bisnis online? Memulai bisnis memang bukan hal yang mudah karena ada beberapa risiko yang akan dihadapi. Namun, bila Anda melakukan persiapan dengan matang serta memiliki keberanian untuk mencoba maka kedua hal tersebut sudah menjadi modal yang sangat baik. 

Dengan begitu, risiko kegagalan usaha akan dapat diminimalkan sebaik mungkin. Bisnis online semakin diminati, baik oleh kalangan konsumen maupun para pebisnis karena lebih praktis dan efisien dalam mencari peluang bisnis yang menjanjikan. 

Membuka bisnis ini akan diuntungkan dengan jangkauan pasar yang lebih luas. Berbagai kalangan usia dapat mempelajari bisnis melalui internet, begitu pula dengan Anda. Beberapa hal di bawah ini harus diperhatikan sebelum memulai bisnis secara online penting untuk Anda pelajari.

Buat Perencanaan yang Matang 

Percayakah Anda bahwa perencanaan yang matang adalah 50% dari kesuksesan? Untuk menjalankan bisnis online, Anda tidak dapat asal coba. Buatlah perencanaan mengenai produk atau jasa apa yang akan bisniskan, siapa saja target pemasarannya serta hal apa yang membedakan bisnis Anda dibanding bisnis yang lain. 

Dalam membuat perencanaan cari sebanyak mungkin sumber untuk belajar atau pertimbangan. Anda dapat melibatkan orang-orang yang dipercaya, seperti partner usaha, sahabat, atau keluarga. Bisa jadi dari mereka, Anda mendapatkan ide atau informasi barang dan jasa apa saja yang saat ini diperlukan oleh masyarakat.

Pahami Betul Makna Bisnis Online

Bisnis secara online bukanlah suatu hal yang mudah dan bisa dilakukan secara iseng. Mungkin Anda sering mendengar atau membaca bahwa mendapatkan banyak uang melalui internet adalah hal yang mudah. Kenyataannya tidak ada hasil tanpa ada proses. 

Di balik itu ada kerja keras dan siasat yang perlu dilakukan dan dipertimbangkan secara matang. Bila masih mempercayai usaha online dapat membuat kaya dalam waktu singkat, lebih baik Anda tidak usah membuka usaha online. 

Pola pikir yang salah akan membuat usaha menjadi sia-sia. Pahami bahwa untuk memulai usaha diperlukan proses dan mental yang kuat. Percayalah bahwa sesuatu yang diperoleh secara instan tentu tidak akan bertahan lama.

Persiapkan Modal Usaha

Perhitungkan berapa modal uang yang Anda miliki untuk memulai bisnis online. Modal adalah suatu hal yang sangat penting untuk keberlangsungan usaha online. Sesuaikan modal dana yang dimiliki dengan jenis usaha yang akan mulai dikembangkan. 

Pertimbangkan juga apakah modal didapatkan dari dana yang Anda miliki atau masih perlu melakukan pinjaman dari pihak lain. Bisnis online juga memerlukan modal waktu serta keahlian. Perhitungkan seberapa banyak waktu yang Anda sisihkan untuk merintis usaha online tersebut. 

Apalagi bila Anda seorang pekerja dan berminat membuka usaha online sebagai usaha sampingan, maka Anda harus cerdas dalam membagi waktu. Pertimbangkan juga keahlian apa yang perlu dimiliki dan apa saja yang perlu dikejar untuk dipelajari.

Tetap Berfokus dan Tetap Tekun

Bisnis online memerlukan perhatian yang tinggi. Bila Anda tidak fokus maka Anda tidak akan mendapatkan hasil yang optimal. Untuk mengawali usaha online, berfokuslah pada satu produk atau jasa saja. Jangan semua bidang Anda coba untuk jual. 

Setelah usaha online mulai bertumbuh dan laba mulai stabil, baru Anda dapat memikirkan program usaha lain yang akan dicoba. Anda juga harus tetap tekun dan komitmen. Rajinlah mencatat barang atau jasa yang laku serta lakukanlah pencatatan keuangan dengan rapi. 

Jangan menunda pekerjaan meskipun bisnis online adalah bisnis yang fleksibel. Jangan sampai pelanggan menunggu lama karena Anda tidak berkomitmen dengan bisnis yang dimulai. Lakukan usaha secara tekun setiap hari agar bisnis Anda dipercayai banyak pihak.

Persiapkan Jaringan Internet dan Komputer yang Memadahi

Modal usaha yang juga perlu Anda miliki adalah komputer serta jaringan internet yang cukup, tergantung dengan jenis usaha yang akan Anda pilih. Bila cukup menggunakan smartphone, mungkin untuk sekadar mengawali usaha dapat dipakai. Pastikan jaringan Internet memiliki kecepatan dan sinyal yang stabil. 

Tidak hanya memiliki komputer dan internet saja, Anda juga harus menguasai penggunaan media-media tersebut agar bisnis online dapat berjalan. Miliki pengetahuan yang cukup minimal penggunaan komputer dan internet secara dasar. Sambil bisnis berjalan, teruslah belajar untuk penggunaan media-media lain misalnya pengelolaan media sosial dan marketplace di internet.

Pelajari Teknik Marketing

Pemasaran dalam bisnis online penting dilakukan karena persaingan begitu ketat. Ada banyak kompetitor yang mungkin memiliki ide dan produk seperti usaha online Anda. Maka perlu pandai menentukan strategi pemasaran yang membuat barang atau jasa Anda lebih unggul dibanding kompetitor. Ada banyak teknik gratis atau berbayar yang bisa digunakan.

Pilih media pemasaran untuk bisnis online yang sesuai dengan target konsumen Anda. Bila target berupa remaja dan ibu-ibu mungkin akan lebih tepat menggunakan market place dan media sosial yang sering mereka gunakan. Anda juga dapat mengembangkan pemasaran melalui website bila diperlukan.

Jangan Takut Gagal

Dalam memulai bisnis online tentu ada dua kemungkinan, yaitu berhasil atau gagal. Dengan pertimbangan yang matang, tentu potensi kegagalan akan lebih kecil. Anda jangan mudah berkecil hati bila menemui rintangan. Realistis perlu, tetapi disertai keberanian mencoba dan terus belajar. 

Jangan takut mengambil keputusan bila sudah diperhitungkan. Bila gagal, Anda bisa belajar dan mencari solusi. Ketika memulai bisnis Anda tidak hanya dituntut untuk kerja keras, tetapi juga harus kerja cerdas. Usahakan untuk bisa melihat peluang yang ada di dunia bisnis secara online ini dengan baik.

Mengelola usaha melalui dunia maya memerlukan fleksibilitas dan manajemen yang bagus. Anda harus pandai mengatur serta menyiasati agar usaha yang Anda jalani dapat bertahan dan semakin berkembang. Bisnis online yang sukses tidak akan dimiliki bila tidak memulainya. 

Komentar

Artikel Terkait
Bisnis 7 Sep 2020

Apa Sih Manfaat Kredit Tanpa Agunan (KTA)?

Istilah KTA atau Kredit Tanpa Agunan sudah akrab di telinga kita. Sepertinya hampir semua orang mengetahui apa itu KTA. Dari kepanjangannya saja kita sudah bisa menebak pengertiannya. KTA atau Kredit Tanpa Agunan adalah pemberian pinjaman atau kredit tanpa memerlukan persyaratan adanya jaminan apapun kepada pihak pemberi pinjaman, yang biasanya bank.  KTA seakan menjadi favorit orang […]

Bisnis 7 Sep 2020

Ini Dia Persiapan Untuk Memulai Bisnis Online

Apakah saat ini Anda berencana untuk memulai bisnis online? Memulai bisnis memang bukan hal yang mudah karena ada beberapa risiko yang akan dihadapi. Namun, bila Anda melakukan persiapan dengan matang serta memiliki keberanian untuk mencoba maka kedua hal tersebut sudah menjadi modal yang sangat baik.  Dengan begitu, risiko kegagalan usaha akan dapat diminimalkan sebaik mungkin. […]

Bisnis 7 Sep 2020

Cara Mendapatkan Pinjaman Untuk Modal Usaha

Anda jenuh bekerja di suatu perusahaan dan mau merintis usaha sendiri serta menjadi wirausaha? Dalam artikel ini akan dibahas 5 cara mendapatkan pinjaman uang untuk modal usaha. Tentu tidak akan mudah memulai suatu usaha baru, banyak tantangan yang menyertai. Baik tantangan saat akan memulai, tantangan saat menjalani, maupun tantangan di masa depan. Yang akan dibahas […]