Pilihan Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Fakhri Zahir
6 Feb 2020

Percaya atau tidak, di era digital seperti saat ini sudah banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya adalah dengan cara berusaha dengan memanfaatkan internet.

Lebih jauh lagi, Bahkan banyak orang-orang menjadi kaya hanya karena bermodal internet saja. hal ini tentu saja harus dimanfaatkan bagi kamu yang merupakan ibu rumah tangga sehingga tidak hanya bergantung dari gaji suamimu saja.

Kalau kamu masih belum percaya, kami telah merangkum beberapa pilihan usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang bisa dilakukan dengan mudah. Kami jamin kamu yang merupakan ibu rumah tangga juga bisa kok usaha dengan omset yang tinggi.

Baca Juga Usaha Sampingan yang Mudah dan Bikin Cepat Kaya, Dropship vs Reseller, Tips Memulai Bisnis Makanan

#1 Usaha Kue Rumahan

kue macarons

Siapa bilang usaha kue di rumah tidak bisa menghasilkan? Di era digital seperti saat ini kamu yang bisa memasak kue dengan enak, tentu saja bisa menghasilkan uang dengan banyak dari sana.

Bahkan omset yang kamu terima dari sana bisa mencapai jutaan rupiah dalam satu bulan loh. Kalau tidak percaya, kamu boleh menengok beberapa pengusaha rumahan di bawah ini dan bisa mencontoh cara mereka berusaha dari rumah.

Kamu bisa mencontoh Syarifah Kemala misalnya, pemilik bisnis kue Dapur Mama Nizam.Di awal-awal ia berusaha berjualan kue rumahan, omzetnya diketahui mencapai 20 juta rupiah di dalam satu bulan.

Padahal ia hanya seorang istri lurah saja loh, dan bahkan ia memutarkan modal di awal yang cukup sedikit. Namun karena usaha kerasnya dia bisa menghasilkan omset yang tinggi di dalam satu bulan nya hanya dari berjualan kue rumahan saja.

Untuk bisa berjualan kue rumahan, syarat utamanya tentu saja kamu harus bisa memasak kue yang enak. oleh karena itulah kamu yang belum bisa memasak kue kami sarankan untuk ikut kursus terlebih dahulu.

Berbekal kemampuan membuat kue itulah, kemudian kamu boleh mencoba untuk membuat media sosial khusus merk yang kamu punya. pertama-tama kamu bisa menawarkan kue daganganmu kepada teman-teman terdekat hingga tetanggamu.

Biasanya dari sanalah namamu mulai akan terkenal,  di fase ini kamu harus cukup bersabar titik karena tergantung dari keberuntunganmu pula seberapa cepat merek semua kan bisa dikenal orang banyak selain dari orang terdekatmu.

Bila kamu merasa orderan yang ada sudah membuatmu lelah, saatnya kamu menambah karyawan. Jangan sampai kamu terlalu pelit dengan modal yang kamu punya sehingga kamu menolak untuk menambah karyawan.

Padahal di fase ini barangkali kamu sudah membutuhkan karyawan, agar jumlah orderan yang banyak tersebut bisa kamu penuhi titik sehingga tidak ada klien yang kecewa dengan pelayanan yang kamu berikan.

#2 Dropshipper Jilbab dan Pakaian

cewek cantik

Menjadi dropshipper merupakan salah satu hal yang banyak dikerjakan oleh mahasiswa dan pelajar untuk mencari uang tambahan. tidak salah dong kalau kamu yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga juga ingin mencoba melakukan dropshipping ini.

Salah satu barang yang kami rekomendasikan untuk kamu jual kembali adalah jilbab pakaian ataupun pakaian muslim. Hal ini karena pasar di Indonesia yang memang menyukai produk tersebut, apalagi Indonesia merupakan negara muslim terbesar dengan masyarakat yang sangat konsumtif.

Kamu bisa memulainya dengan mencari supplier barang-barang terpercaya, kamu tidak harus mencari secara offline namun secara online. kamu bisa mencarinya di e-commerce seperti Tokopedia ataupun Shopee.

Carilah penjual penjual pakaian dengan rating yang tinggi serta riwayat penjualan yang banyak pula, selain itu harga yang murah tentu saja. bila kamu sudah yakin saatnya menunjuk tokoh tersebut menjadi supplier barang dagangan mu.

Setelah itu kamu bisa membuka toko online mu sendiri di Tokopedia atau pun di Shoppee dengan nama yang kamu kehendaki. mulailah berjualan barang barang sesuai dengan yang dimiliki oleh toko supplier mu.

Saran kami berilah satu atau dua barang sampel untuk kamu foto sehingga kamu memiliki etalase online mudik e-commerce tersebut. kemudian carilah pelanggan yang sesuai bila sudah kamu bisa langsung memesan barang tersebut ke toko supplier mu untuk dikirimkan langsung kepada pelanggan mu.

Proses yang langsung dari supplier kepada pelanggan Inilah yang disebut dengan proses dropshipping. Pada tahap ini kamu tidak perlu membeli barang ataupun menyetok barang di gudang yang kamu punya.

Hal inilah yang membuat banyak orang tergiur dengan bisnis dropshipping ini titik karena dengan kata lain kamu tidak membutuhkan modal sepeserpun untuk berjualan barang apapun yang ingin kamu jual.

Namun kami tetap nyaman kamu untuk berjualan pakaian, karena memang supplier yang banyak dan permintaan pasar nya pun cukup tinggi. atau dengan kata lain kamu tidak perlu repot-repot belajar banyak hal di awal.

Bila kamu sudah yakin dengan ilmu jualanmu, kamu bisa berjualan barang-barang lain yang menurut kamu akan laku di pasar. Namun, bila sudah sampai tahap ini kamu harus belajar ilmu marketing maupun branding.

Apalagi bila barang yang kamu jual merupakan barang yang cukup sulit, dengan pasar yang spesifik. Tentu saja kamu harus memiliki ilmu branding maupun marketing yang cukup sehingga penjualan yang kamu targetkan bisa tercapai.

#3 Reseller

sepatu bagus

Nah kalau yang satu ini kami tidak merekomendasikannya kecuali kamu memang sudah memiliki ilmu bisnis dan berjualan yang matang. Tidak hanya itu kamu pun harus memiliki ilmu branding maupun marketing yang baik bila ingin menjadi reseller.

Perbedaan yang mendasar antara reseller maupun dropshipper adalah bahwa  kamu harus membeli barang dan menyetok barang tersebut di gudang apabila kamu ingin menjadi seorang dari seller. Tidak peduli apakah kamu berjualan di toko online maupun toko offline.

Untuk jenis komoditas yang kami sarankan kamu jual tentu saja berkisar di pakaian, jilbab , pakaian muslim, hingga sepatu yang menjadi barang-barang basah dengan permintaan yang tinggi di pasar.

Tahapan awal untuk menjadi reseller adalah dengan mencari supplier yang terpercaya. Bila sudah menemukan supplier yang terpercaya kamu bisa membuka toko online maupun offline kamu sendiri.

Nah disinilah letak kesulitan menjadi seorang riseller. karena kamu harus tahu berapa jumlah barang yang kamu beli dari suplier, menentukan harganya, hingga menentukan cara menjual barang tersebut kepada pasar.

Karena itulah kami tidak terlalu menerangkan kamu untuk menyesuaikan ke seller Apabila kamu tidak memiliki ilmu mengenai bisnis yang cukup. Karena  dikawatirkan kamu akan merugi karena tidak bisa menghitung cara menyetok barang, cara menentukan harga, hingga menentukan alur distribusi dan stocking barang.

Tapi bagi kamu yang sudah pernah berbisnis, kami cukup  menyarankan kamu untuk menjadi seorang reseller. karena di luar sana ada banyak orang yang menyadari seller dan memiliki omzet ratusan hingga miliaran rupiah loh.

#4 Jual Pulsa dan Voucher Online

voucher PSN

Menjual pulsa saat ini menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mendapat uang sampingan.  meski demikian bila dibandingkan dengan usaha sampingan lainnya, menjual pulsa merupakan salah satu usaha sampingan dengan pendapatan yang tidak terlalu besar.

Meski demikian kelebihan dari menjual pulsa maupun voucher online adalah waktu yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Selain itu kamu juga tidak perlu memiliki banyak karyawan, melainkan hanya ponsel yang terkoneksi dengan internet saja.

Untuk memulai usaha ini pertama-tama kamu harus menemukan supplier voucher online ataupun pulsa yang banyak tersedia di internet. Setelah itu kamu bisa mulai mencari pelanggan mu mulai dari teman dekat hingga keluargamu.

Bila kamu sudah cukup yakin dengan usaha kamu maka kamu bisa mencari penjual lainnya di bawah kamu. Maksudnya adalah orang-orang lain yang menjual pulsa, dan kamu menjadi supplier dari penjual pulsa dan voucher online tersebut.

Kallau kamu memiliki pelanggan serta menjadi supplier dengan permintaan tinggi. Maka dimungkinkan kamu mendapat uang sejumlah 2 juta hingga Rp10 per bulannya. Lumayan bukan buat ukuran seorang ibu rumah tangga yang tidak bekerja di luar?

#5 Usaha Kost-Kostan

kost bagus

Kalau usaha yang satu ini boleh dikatakan sebagai salah satu usaha yang memiliki keuntungan paling besar. Hanya saja modal yang harus dikeluarkan pun cukup besar dibandingkan beberapa usaha sampingan lainnya

Selain itu beberapa pertimbangan yang harus kamu pikirkan adalah apakah di sekitar tempatmu terdapat banyak orang yang kira-kira membutuhkan tempat kost, seberapa baik akses jalan raya ke tempat kost mu, hingga seberapa banyak fasilitas pendukung di sekitar kostmu.

Untuk membuka usaha kos-kosan ada beberapa hal yang perlu samu urus, salah satunya adalah izin ke pemerintah setempat. Hal ini merupakan salah satu hal yang tidak diperlukan untuk bisnis lainnya namun perlu bila ingin membuka usaha kos-kosan.

Kalau soal keuntungan dan balik modal, hal itu tergantung dari seberapa besar tempat kost milikmu, harga kost di sekitar tempat kos kamu berada, dan seberapa banyak orang yang menyewa tempatmu.

Tapi secara umum bila usaha kos-kosan mu sudah mencapai titik balik, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang luar biasa serta pendapatan pasif yang membuatmu cukup istirahat di rumah saja.

#6 Menjadi Penulis Lepas

menulis

Menjadi penulis lepas merupakan salah satu pekerjaan yang tidak terlalu disukai oleh banyak orang, namun sebenarnya pekerjaan yang menghasilkan banyak uang walaupun kamu bekerja dari rumah saja.

Saat ini ada banyak alasan perusahaan yang membutuhkan penulis lepas untuk menulis di media sosial milik mereka. Mulai dari Instagram, hingga menjadi penulis lepas untuk website yang mereka punya.

Bayaran yang didapatkan oleh seorang penulis lepas tergantung dari kualitas tulisan yang yang mereka punya.free dari Rp30.000 per tulisan hingga mencapai Rp250.000 per tulisan. pemain Bukan bagi seorang freelancer?

Hanya saja kekurangan dari menjadi penulis lepas adalah dibutuhkannya konsistensi menulis yang tinggi. Mulai dari konsistensi kualitas tulisan hingga konsistensi dari jumlah tulisan yang dihasilkan di dalam satu bulan.

Pada umumnya kalian akan memberikan target yang cukup banyak bagi seorang penulis lepas. Akan tetapi pada akhirnya jumlah tulisan yang harus kamu terus dalam sebulan biasanya bergantung dari negosiasi antara kamu sebagai penulis serta klienmu.

Selain itu kamu yang ingin menjadi penulis konten, yang merupakan salah satu pekerjaan penulis lepas dengan bayaran tertinggi, membutuhkan keahlian khusus tertentu yakni kemampuan menulis SEO. Untuk yang satu ini silakan kamu cari sendiri di Google ya!

Terakhir, hal penting yang dibutuhkan bagi seorang penulis lepas adalah portofolio yang baik karena dari sanalah nantinya klien bisa menentukan apakah kamu merupakan penulis lepas yang cocok bagi perusahaan mereka atau tidak.

#7 Menjadi Desainer Grafis

desain grafis

Selain menjadi penulis lepas, kebutuhan akan designer grafis juga cukup tinggi saat ini. Hal ini karena banyak perusahaan-perusahaan yang juga memiliki website ataupun media sosial membutuhkan designer untuk membuat konten mereka.

Namun sama seperti menjadi penulis lepas, kamu yang ingin menjadi desainer grafis lepas tentu saja membutuhkan kemampuan designer yang baik serta portofolio yang cukup baik. sehingga perusahaan yang ingin menyewa jasamu bisa melihat hasil karyamu sebelumnya.

Tapi bila kamu tidak ingin mendapatkan tekanan dari klien yang memberimu pekerjaan, kamu bisa mencari situs-situs yang membuka lomba ataupun lelang logo ataupun desain bagi klien dari situs tersebut.

Jumlah uang yang bisa kamu dapatkan sebagai desainer grafis tentu saja tergantung dari kecepatan mendesain, serta seberapa sering kamu mendapatkan klien, ataupun seberapa sering kamu memenangkan lomba desain di internet.

Namun tidak dipungkiri pula, bagi kamu yang memang jago serta memiliki kemampuan desain yang baik bisa mendapatkan uang hingga belasan juta rupiah di dalam satu bulan saja. Hal ini sudah banyak yang membuktikan loh!

#8 Membuka Franchise

janji jiwa

Kamu yang memiliki modal cukup, bisa memulai usaha franchise mu sendiri. Membuka franchise merupakan salah satu pilihan saat ini karena banyak pemilik brand yang menjual franchise dengan harga murah.

Bila dahulu kamu membutuhkan uang ratusan juta hingga miliaran untuk membuka 1 franchise saja, saat ini kamu cukup menyediakan uang jutaan hingga belasan juta rupiah saja untuk membuka franchise kecil kecilan.

Akan tetapi tentu saja keuntungan yang kamu dapatkan tidak akan sebesar Franchise yang berharga ratusan juta rupiah tersebut. meski demikian membuka franchise ini tetap menjadi pilihan yang menguntungkan kok.

Saat ini, rata-rata Franchise yang berharga 5 juta hingga belasan juta rupiah menawarkan kamu keuntungan hingga 3 sampai 6 juta rupiah di dalam satu bulannya, tentu saja setelah kamu balik modal.

Untuk memulai bisnis franchise ini kamu harus banyak membaca terlebih dahulu hal-hal seputar bisnis. Selain itu kamu juga harus mencari brand dengan penawaran yang menarik mulai dari ilmu yang ditransfer hingga pembagian hasil yang adil.

Selain itu saran kami jangan langsung memakan keuntungan dari hasil franchise pertamamu. Tapi tabunglah uang hasil dari franchise pertamamu tersebut dan kamu bisa kemudian membeli franchise lainnya sehingga kamu memiliki banyak usaha.

Sekarang bayangkan bila dari satu franchise saja kamu bisa mendapatkan 5 juta perbulan, berapa uang bisa kamu dapatkan bila kamu memiliki 10 franchise dengan keuntungan yang sama di dalam satu bulannya?

Baca Juga 24 Pilihan Franchise Murah, Penjelasan Seputar Franchise Terlengkap

Komentar

Artikel Terkait
Bisnis 7 Mar 2020

Panduan Membuat SOP yang Mudah dan Praktis

SOP atau standar operasional prosedur merupakan sebuah alat ataupun metode yang biasanya digunakan oleh suatu perusahaan agar segala sesuatu yang dilakukan oleh Karyawan mereka bisa lebih teratur dan memiliki acuan khusus. SOP yang merupakan acuan pekerjaan bagi para karyawan biasanya harus terlebih dahulu diteliti dan dikaji dengan detil untuk kemudian disahkan oleh pejabat yang memiliki […]

Bisnis 7 Mar 2020

Cara Membuat Kwitansi Pembayaran yang Baik

Berbisnis merupakan salah satu cara bagi kamu untuk belajar berbagai macam hal, karena di dalam berbisnis kamu dituntut untuk mengurus hal-hal yang barangkali tidak akan kamu urus bila kamu tidak pernah berbisnis. Dalam hal ini kami berbicara mengenai dokumen-dokumen, serta hal-hal yang terkait legalitas dari bisnis itu sendiri. Salah satu yang harus kamu urus ketika […]

Bisnis 7 Mar 2020

Cara Membuat Infografis yang Mudah dan Cepat

Infografis merupakan salah satu metode komunikasi yang cukup populer belakangan ini. Hal ini karena dengan kesederhanaan infografis ada banyak pesan yang bisa disampaikan kepada para pembacanya. Perlu diketahui keberadaan infografis sebenarnya baru diminati sekitar 1 hingga 2 dekade terakhir saja. Akan tetapi perkembangan yang begitu pesat membuat infografis saat ini bisa kita temui di semua […]