Potensi Bisnis di Tengah Wabah Covid-19

Dwi Arianto
21 Jul 2020

Merebaknya virus novel Corona (Covid-19) di dunia membuat organisasi kesehatan dunia WHO menetapkan status pandemi global sejak 11 Maret 2019. Salah satu cara yang dilakukan untuk menekan jumlah penyebaran virus Corona (Covid-19) adalah dengan menjaga kebersihan diri sendiri. 

Di beberapa negara sejumlah kebijakan yang diambil pemerintah adalah dengan menjaga jarak di masyarakat (social distancing). Secara otomatis, masyarakat pun harus mengurangi banyak aktivitas di luar rumah dan  mencari kegiatan di dalam rumah untuk menerapkan social distancing. Seperti dengan bekerja, belajar mengajar serta menjalankan ibadah di dalam rumah. 

Menurut Global System for Mobile Communications Association (GSMA) kegiatan tersebut membuat penggunaan internet semakin meningkat. Dikutip dari laman cnnindonesia.com mengatakan bahwa Virus Corona Novel 2019 (2019-nCoV) yang berasal dari Wuhan, China turut memberikan dampak terhadap industri telekomunikasi. 

Banyak aktivitas di dalam rumah yang membutuhkan penggunaan ponsel atau komputer. Hal tersebut akan membuat semakin meningkatnya penggunaan data internet. Interaksi dunia maya lewat chat atau pesan singkat juga akan melonjak dengan adanya kebijakan untuk tetap berada dirumah. Selain itu tingkat peramban (browsing) melalui Google, penggunaan Whatsapp, Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya juga meningkat dibandingkan hari-hari biasa.

Penggunaan teknologi berbasis mobile seperti pemesanan makanan secara online dan pembayaran mobile juga meningkat. Sebagai pebisnis PPOB hal tersebut akan menjadi potensi bagi bisnis Anda untuk meningkatkan produktivitas bisnis Anda. Berikut Jenis-jenis produk bisnis yang dapat menjadi potensi untuk Anda tawarkan saat social distancing di tengah pandemi Corona (Covid-19) :

1. Bisnis pulsa dan paket data internet 

Ketika bekerja dari rumah tentu memerlukan kuota data yang banyak untuk tetap terhubung online. Sama halnya dengan penggunaan e-learning di rumah dalam mendukung aktivitas pembelajaran jarak jauh juga membutuhkan paket internet. 

Tinggal di rumah seharian membuat pemakaian internet pun meningkat seiring dengan kebutuhan akan informasi dan komunikasi. Internet seolah menjadi kebutuhan primer saat ini. Oleh karena itu pentingnya kebutuhan pulsa dan paket data internet akan menjadi potensi untuk bisnis Anda. Anda dapat tetap produktif dengan berbisnis pulsa dan paket data secara online.

2. Bisnis top up saldo E-Wallet dan E-Money

Upaya lain untuk mencegah virus Corona (Covid-19) yaitu dengan mengurangi kontak fisik langsung antar masyarakat dalam aktivitas sehari-hari. Masyarakat dihimbau untuk menggunakan metode pembayaran non-tunai (cashless) atau dengan menggunakan e-wallet dalam memenuhi kegiatan sehari-hari sebagai sikap bijak yang diambil untuk menghadapi penyebaran virus Corona (Covid-19). Maraknya hal tersebut dapat menjadi potensi Anda untuk menyediakan bisnis top up saldo e-wallet dan e-money kepada konsumen Anda, seperti pengisian saldo ovo, dana, dan gopay.

3. Bisnis pembayaran tagihan bulanan

Meningkatnya virus Corona (Covid-19) membuat beberapa loket tempat pembayaran tagihan tutup sementara, untuk itu masyarakat banyak disarankan untuk membayar tagihan secara online untuk mengurangi kontak fisik antara pelanggan dan petugas. Saat seperti ini tanpa harus datang ke tempat pembayaran tagihan bulanan, Anda dapat memberikan layanan secara online untuk pembayaran tagihan bulanan seperti  PBB, PGN, BPJS kesehatan dan lainnya kepada konsumen.

4. Bisnis voucher games online

Wabah virus Corona (Covid-19) membuat masyarakat berdiam diri di rumah atau mengisolasi diri, hal ini tentu saja membuat masyarakat menjadi cepat bosan. Selain berselancar di dunia maya, bermain game online juga dapat menghabiskan waktu. Berdasarkan data yang dilaporkan oleh firma riset aplikasi, Sensor Tower  bahwa unduhan game seluler menyentuh angka sekitar 4 miliar secara global, naik dari 2,9 miliar pada tahun sebelumnya. 

Asia menjadi wilayah dengan lonjakan tertinggi terkait unduhan game seluler sebesar 46% menjadi 1,6 miliar pada Februari 2020. Rata-rata masyarakat bermain game online dan tidak segan untuk menggelontorkan sejumlah uang untuk membeli beberapa item di dalam games online. Maka dari itu, peluang bisnis voucher games dapat menambah variasi produk bisnis dan menambahkan keuntungan bisnis Anda. Anda dapat menawarkan voucher game online seperti PUBG, Mobile Legend dan google play. 

Demikianlah beberapa informasi potensi bisnis yang harus Anda ketahui, agar bisnis Anda tetap produktif di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Ingatlah untuk selalu jaga kesehatan dengan menjaga pola hidup sehat, rajin cuci tangan, dan hindari menyentuh wajah.

Komentar

Artikel Terkait
Tips 24 Jul 2020

Cara Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home!

Di tengah pandemi yang virus corona yang sedang merebak di Indonesia dan diprediksi akan berakhir di bulan juli ini membuat banyak perusahaan untuk mengambil kebijakan supaya karyawannya bekerja dari rumah atau biasa disebut dengan Wok From Home. Selain beberapa perusahaan yang memilih kebijakan Work From Home juga ada beberapa perusahaan yang memilih untuk melakukan pemutusan […]

Tips 24 Jul 2020

Tips Mudah Mengelola Gaji Agar Tidak Boros

Jika Anda adalah salah satu pekerja yang memiliki gaji cukup besar, tapi gaji Anda selalu tidak bersisa? Itu adalah suatu indikasi bahwa manajemen keuangan Anda buruk dan membutuhkan cara untuk menyelamatkan kondisi finansial Anda. Sebelum membahas tentang cara menghemat penghasilan, ada baiknya jika Anda mengetahui dahulu apa sih kesalahan yang mengakibatkan hal tersebut sampai bisa […]

Tips 24 Jul 2020

Cara Bijak Mengelola Keuangan Bagi Pebisnis

Menjadi seorang pebisnis yang cerdas tentu harus memahami bagaimana membedakan keuangan pribadi dan bisnis. Hal ini perlu dilakukan supaya kondisi keuangan usaha stabil. Jangan tunggu sampai kondisi keuangan bisnis Anda kacau hanya karena tidak mampu mengelola keuangan dengan baik. Anda dapat mulai mencatat kebutuhan sehari-hari beserta budget yang akan dikeluarkan, dan menulis kebutuhan untuk operasional […]