Serba Serbi Kuliah Kelas Karyawan Lengkap

Fakhri Zahir
5 Jan 2020

Bila di masa lalu menjadi karyawan, baik swasta ataupun pegawai BUMN merupakan salah satu puncak karir dan pendidikan seseorang, maka berarti saat ini telah terjadi perubahan zaman yang cukup signifikan.

Dimana saat ini mulai banyak orang-orang yang meneruskan pendidikan setelah mereka bekerja di perusahaan-perusahaan tertentu. Alasannya bisa karena ingin mencoba pilihan karir lain, atau melakukan peningkatan skill sehingga bisa mencapai puncak karir lebih cepat.

Di sisi lain semakin banyak universitas negeri maupun swasta yang mulai membuka kelas-kelas karyawan mereka. Nah ini dia serba serbi kuliah kelas karyawan yang harus Anda pahami sebelum memilih untuk melanjutkan pendidikan di kelas karyawan.

Baca Juga Cara Daftar Go Ride, Cara Daftar Go Car

Mengapa Harus Melanjutkan Pendidikan Kelas Karyawan

kelas karyawan

Ada banyak alasan mengapa Anda harus, atau justru tidak perlu, melanjutkan pendidikan kelas karyawana. Banyak dari informasi tersebut yang tepat, namun tidak sedikit pula informasi yang salah berseliweran di internet.

Tapi sebenarnya apakah kita benar-benar melanjutkan pendidikan kelas karyawan sembari kita bekerja?

Meningkatkan ‘nilai jual’ di dalam industri – memang tidak semua orang yang sudah bekerja menurut kami harus mengikuti kelas karyawan. Namun salah satu alasan penting mengapa seseorang harus melanjutkan kuliah kelas karyawan adalah alasan yang satu ini.

Dimana Anda bisa meningkatkan nilai jual Anda di dalam industri. Anda misalnya yang bekerja di perusahaan tambang, berlatar belakang teknik, dan kebetulan menduduki posisi penting dan diproyeksikan menjadi manajer, tentu direkomendasikan untuk mengambil kelas manajemen misalnya.

Contoh kasus lain misalnya Anda yang seorang sarjana teknik mesin dimana perusahaan Anda membutuhkan seseorang dengan keahlian baru yang masih berkaitan dengan teknik mesin. Maka Anda bisa mengajukan kelas karyawan dan mengambil tawaran tersebut, daripada perusahaan harus meng-hire orang baru.

Memperbanyak relasi – untuk yang satu ini sih tidak perlu ditanya. Anda yang bekerja dengan mengandalkan relasi dan hubungan antar manusia pasti akan cukup diuntungkan bila mengambil kelas karyawan.

Karena dengan kembali berkuliah di kelas karyawan artinya Anda membuka kembali pintu-pintu kemungkinan untuk menambah relasi. Sehingga nantinya bisa bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun bagi perusahaan tempat Anda bekerja.

Ingin pindah ke jenjang karir yang lebih tinggi – ada banyak orang yang mengambil kelas karyawan secara khusus karena memang ingin pindah ke jenjang karir yang lebih tinggi, atau malah shifting carreer alias berpindah karir.

Tapi untuk berpindah karir seperti ini, tentu dibutuhkan pemikiran yang matang ya. Karena tentu saja konsekuensinya akan sangat besar. Memang sih pindah karir bisa diikuti dengan gaji ataupun jenjang yang lebih tinggi. Tapi tidak sedikit pula orang yang harus kembali merangkak dari nol setelah pindah karir loh.

Maka dari itu bagi Anda yang berpikiran untuk pindah karir atau ingin lanjut ke jenjang karir yang lebih tinggi, tidak ada salahnya mengambil kelas karyawan. Jadi Anda tetap bisa bekerja sambil mengenyam bangku perkuliahan kembali!

Upgrade diri – mendaftarkan diri menjadi mahasiswa kelas karyawan berarti berkomitmen untuk kuliah di malam hari sambil bekerja di siang hari, dan percayalah hal itu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Ketika Anda memilih untuk mengambil kelas karyawan berarti Anda memlih untuk belajar mengatur waktu dengan lebih baik lagi, belajar untuk tetap komit pada tugas-tugas perkuliahan sambil bekerja, dan tentu saja belajar untuk lebih disiplin terhadap diri Anda sendiri.

Hal-hal inilah yang barangkali akan didapatkan oleh Anda yang memilih untuk melakukan kuliah sambil bekerja. Memang tidak langsung dan mungkin butuh adaptasi di awal, tapi bila Anda berhasil melewatinya, pasti Anda akan menjadi orang yang lebih baik lagi.

Kampus Terbaik Kelas Karyawan

universitas terbaik

Bila sudah mantap hati untuk mengambil kuliah kelas karyawan, saatnya Anda hunting kampus terbaik. Berikut ini adalah beberapa kampus terbaik yang menyediakan program kelas karyawan yang bisa Anda pilih.

Universitas Indonesia – sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, UI tentunya memiliki kelas karyawan yang secara khusus dibuka di hari sabtu dan minggu. Kuliah karywan di UI khusus dibuka bagi Anda lulusan D3 yang ingin lanjut ke jenjang S1.

Beberapa program studi yang membuka kelas karyawan di UI adalah akuntansi, manajemen, kesehatan masyarakat, teknik sipil, teknik mesin, teknik kimia, teknik industri, dan ilmu keperawatan.

Adapun persyaratan masuk kelas karyawan di UI secara umum adalah sebagai berikut ini:

  1. Berasal dari PTN maupun PTS yang sudah terakreditasi.
  2. IPK minimal 2.0 dari 4.0
  3. Lulusan luar negeri harus sudah mendapatkan penyetaraan dan disahkan oleh Ditjen Dikti Kemendikbud.

Universitas Gunadarma – bila UI merupakan universitas negeri terbaik yang membuka kelas karyawan, maka Gunadarma merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia yang juga membuka kelas khusus karyawan.

Sama seperti UI, Universitas Gunadarma juga tidak membuka semua prodi untuk kelas karyawan. Beberapa program studi yang khusus dibuka untuk kelas karyawan diantaranya adalah Sistem Informasi, Akuntansi, serta prodi Manajemen.

Universitas Bina Nusantara – bersaing ketat dengan Universitas Gunadarma, Universitas Bina Nusantara atau yang lebih umum dikenal sebagai Binus saat ini boleh dibilang termasuk ke dalam kampus swasta terbaik di Indonesia.

Lebih jauh lagi, Binus diketahui memiliki jurusan IT terbaik di Indonesia yang dapat dibuktikan dengan presentase lulusannya yang bekerja di perusahaan swasta nasional maupun di luar negeri yang tentu amat bonafid.

Adapun beberapa kelas karyawan yang dibuka oleh Binus adalah prodi Desain, Ilmu Komputer, Sistem Informatika, serta Bisnis dan Manajemen. Biasanya untuk masing-masing prodi dibutuhkan waktu transfer D3 ke S1 selama 2-3 tahun.

Universitas Trisakti – dikenal sebagai universitas yang amat bersejarah dengan berbagai macam tragedi dan perjuangannya di era reformasi, Universitas Trisakti saat ini terus bersaing ketat untuk menjadi kampus swasta terbaik di Indonesia.

Berbeda dengan beberapa kampus yang telah kami sebutkan di atas, pilihan kelas karyawan yang dibuka oleh Universitas Trisakti jauh lebih banyak loh. Berikut ini adalah beberapa fakultas yang membuka kelas karyawan:

  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Teknologi Industri
  • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain
  • Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi
  • Magister Managemen
  • Pascasarjana Trisakti Internasional Business School

Dengan banyaknya pilihan kelas karyawan tentu saja hal ini bisa menjadi angin segar bagi Anda yang ingin kuliah kelas karyawan. Terutama bila Anda ingin kuliah di jurusan yang cukup jarang ada di kelas karyawan.

Tips Kuliah Kelas Karyawan

Bila sudah mantap dan mendaftar kuliah kelas karyawan, ada baiknya Anda membaca beberapa tips bermanfaat di bawah ini terkait kuliah kelas karyawan yang nantinya akan Anda jalani.

PIlih waktu kuliah yang tepat – sebagai seseorang yang bekerja sambil kuliah, tentu saja Anda memiliki waktu yang jauh lebih sempit dibandingkan mahasiswa lainnya. Untuk itulah kami sarankan Anda mengambil waktu kuliah yang memang memungkinkan.

Sebagai contoh bila Anda kesulitan berkuliah di malam hari karena jam kerja Anda, maka Anda bisa mencari kampus-kampus yang membuka kuliah kelas karyawan di hari Sabtu dan Minggu, atau malah sebaliknya.

Intinya sih pilihlah waktu kuliah yang paling sesuai dengan jadwal harian Anda. Jangan sampai kuliah kelas karyawan yang Anda ambil malah mengganggu performa diri Anda di kantor, dan sebaliknya jangan sampai Anda keteteran kuliah karena jam kerja yang mepet dengan jadwal kuliah.

Pilih jurusan yang tepat – sesuai dengan tujuan Anda, Anda harus bisa memilih jurusan kuliah kelas karyawan yang tepat. Misalnya Anda yang lulusan D3 teknik dan bekerja di bidang perminyakan, tentu saja bisa mengambil kelas karyawan yang sesuai dengan karir Anda.

Atau Anda yang sudah memiliki gelar S1 dan diproyeksikan untuk menjadi manager di perusahaan Anda bekerja, tentu saja bisa memilih untuk mengambil program studi manajemen sebagai karyawan.

Selain itu bisa juga Anda mengambil program studi perkuliahan sesuai dengan permintaan dari perusahaan Anda. Ada kasus dimana perusahaan membutuhkan orang dengan kualifikasi tertentu nah ketika itulah nantinya bisa ada tuntutan kepada karyawan mereka untuk mengambil kuliah kelas karyawan.

Sesuaikan biaya kuliah dengan budget karena Anda sedang bekerja sambil kuliah, tentu saja Anda harus memperhatikan biaya perkuliahan yang Anda ambil nantinya. Jangan sampai biaya kuliah kelas karyawan ini malah memberatkan hidup Anda.

Karena ada banyak kasus loh dimana para karyawan justru tidak bisa melanjutkan kuliah kelas karyawan mereka hingga lulus hanya karena terkendala biaya. Nah jangan sampai Anda juga demikian ya, perhitungkanlah biaya kuliah dengan baik dan pilihlah kampus yang uang kuliahnya sesuai dengan budget yang Anda punya.

Bukan hanya uang pangkalnya saja, tapi Anda juga harus memperhatikan biaya semester yang harus Anda keluarkan saat kuliah kelas karyawan nantinya ya. Dengan demikian tentu saja bisa memperkecil kemungkinan Anda kehabisan uang untuk kuliah di tengah jalan.

Baca Juga Cara Daftar Grab Bike, Cara Daftar Grab Car

Komentar

Artikel Terkait
Pekerjaan 7 Mar 2020

Pekerjaan Paling Menjanjikan di Masa Depan

Pekerjaan merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia karena dengan bekerja tentu saja seorang manusia bisa mendapatkan uang untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidup dirinya dan barangkali keluarganya. Dengan berkembangnya zaman saat ini jauh lebih banyak pilihan pekerjaan yang bisa dipilih oleh orang-orang. Tidak menutup kemungkinan di masa depan jumlah pekerjaan yang bisa dipilih oleh manusia […]

Pekerjaan 7 Mar 2020

Intip Besaran Gaji PNS di Tahun 2020 Terbaru

Pegawai negeri sipil atau PNS merupakan salah satu pekerjaan yang boleh jadi merupakan pekerjaan idaman bagi banyak orang di Indonesia. Bahkan menurut kami pekerjaan ini bukan hanya jadi pekerjaan generasi Y saja. Terbukti dari membludaknya pelamar CPNS di tahun lalu dan tahun ini yang pastinya kebanyakan diisi oleh generasi z dan generasi milenial. Tidak salah […]

Pekerjaan 7 Mar 2020

Gaji Satpol PP di Tahun 2020 (Terbaru)

Apakah kamu tahu bahwa satpol PP salah satu perangkat pemerintah yang seringkali dipandang sebelah mata padahal Satpoll PP diketahui memiliki banyak manfaat bagi pemerintah daerah yang bersangkutan. Satpol PP sendiri merupakan perangkat pemerintah yang merupakan perpanjangan tangan dari kepala daerah. Dimana kepala daerah bisa mengandalkan satpol PP  sebagai salah satu perangkat untuk menjaga keteritiban umum […]