Solusi Kartu SIM Tri Hilang atau Rusak

Fakhri Zahir
25 Jun 2019

Sebagai pengguna ponsel sebagian dari kamu pasti pernah merasakan kondisi dimana kamu mendadak tidak bisa melakukan panggilan, mengirim SMS, hingga tidak bisa internetan, dengan tulisan SIM not detected di dalam ponselmu.

Kalau sudah begitu yakin deh, mood bisa hancur seharian. Apalagi kalau di hari yang sama kamu sedang ada janji-janji penting, mulai janji dengan pasangan hingga barangkali janji yang terkait dengan pekerjaan dan bisnis.

Padahal kamu tidak perlu panik loh, karena sudah sejak lama problem-problem semacam ini dialami oleh orang lain. Sehingga kemudian banyak provider yang berlomba-lomba dalam kemudahan penggantian kartu SIM yang rusak atau malah hilang.

Begitupula dengan Tri, yang merupakan provider milik CK Hutchison Holdings yang boleh jadi salah satu provider berusia cukup muda terbaik di Indonesia. Selain jaringan internetnya yang ciamik, tentu paket-paket dan promo menarik milik Tri sukses menggaet banyak konsumen.

Tanpa berpanjang-panjang lagi, sebelum kamu keburu stress mending dibaca yuk solusi kartu SIM Tri Hilang atau Rusak di bawah ini.

Baca Juga: Cara cek kuota Tri

Hal yang Perlu Dipersiapkan Untuk Mengganti Kartu SIM Tri

logo tri

Sebagaimana provider seluler lain, ketika konsumen mengalami kerusakan ataupun kehilangan kartu pasti konsumen cukup datang langsung ke gerai-gerai resmi provider seluler yang bersangkutan.

Demikian pula dengan Tri, untuk melakukan penggantian kartu SIM Tri, kamu bisa dengan mudah mencari gerai-gerai resmi Tri paling dekat dengan rumahmu. Hanya dalam waktu singkat kartu SIM kamu pasti akan digantikan.

Meski demikian ada beberapa hal yang perlu kamu ingat dan kamu persiapkan sebelum kamu buru-buru datang ke gerai resmi Tri tersebut. Berikut ini adalah yang perlu kamu siapkan:

  1. Pertama-tama tentu saja pastikan bahwa memang kartu Tri kamu rusak. Karena dalam beberapa kasus kerusakan terjadi diakibatkan oleh ponsel atau malah karena memang jaringan Tri sedang terganggu. Kalau bingung, ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk memastikan hal ini.
    • Langkah pertama tentu saja kamu bisa langsung melakukan restart alias mematikan dan menyalakan ponselmu kembali. Biasanya hanya dengan melakukan restart berbagai masalah yang ada di ponsel akan segera selesai.
    • Bila masih tidak bisa, kamu boleh mencoba mencabut SIM Tri yang terpasang di ponsel (setelah mematikan ponsel tentunya). Setelah itu pasang kembali dan nyalakan lagi ponselmu.
    • Bila kemudian cara kedua ini masih tidak bisa, kamu bisa bertanya kepada teman di sekitarmu yang juga menggunakan Tri. Apabila temanmu juga mengalami hal yang serupa, bisa dipastikan bahwa kerusakan yang terjadi memang menyeluruh alias dari pihak operator itu sendiri.
    • Tapi bila hanya kamu yang mengalami gangguan, kamu bisa mencoba untuk meminjam ponsel yang sedang nganggur. Kemudian masukkanlah kartu SIM Tri yang tadinya berada di ponselmu. Bila kartu SIM tersebut bekerja dengan baik di ponsel lain maka bisa dipastikan ponselmu lah yang rusak. Namun bila kartu SIM tersebut tetap tidak bisa bekerja, maka bisa dipastikan bahwa kartu SIM tersebut lah yang rusak.
  2. Nah dalam kasus kehilangan kartu SIM Tri, kamu bisa langsung menyiapkan benda-benda di poin ketiga.
  3. Berikut ini adalah beberapa benda yang perlu kamu bawa sebelum kamu pergi ke gerai Tri terdekat:
    • Bawalah KTP asli mu, yang sesuai dengan identitas yang digunakan untuk registrasi kartu Tri pertama kali.
    • Bila diwakilkan, sertakan surat kuasa kepada perwakilanmu dan bawalah KTP asli pemilik kartu SIM serta KTP asli milik perwakilanmu.
    • Meski tidak dipersyaratkan, siapkanlah beberapa nomor kontak yang tersimpan di ponsel, atau 5 nomor terakhir yang kamu kontak, atau bukti isi pulsa terakhir kali.
  4. Untuk proses penggantian kartu ini, kamu tidak perlu membawa uang sepeserpun loh. Karena kamu tidak akan dipungut biaya sama sekali. Yah untuk berjaga-jaga bawa saja sedikit uang untuk bayar parkir, isi bensin, jajan, dan kalau lagi apes kena tilang.

Setelah itu kamu bisa langsung datang ke gerai 3Store yang paling dekat dengan rumahmu. Bila kamu tidak hafal, kamu bisa langsung cek gerai 3Store paling dekat di laman website resmi milik Tri.

Selain itu, kalau kamu masih tidak yakin terhadap apa yang harus kamu lakukan, kamu bisa juga langsung kontak customer service milik Tri di nomor 123 atau 089644000123 dan sampaikanlah masalah yang kamu hadapi. Sampaikan pula beberapa solusi yang kamu coba.

Bila kamu masih bingung, kamu juga bisa langsung mengirimkan komplain atau menanyakan permasalahan terkait kartu SIM Tri yang kamu punya langsung via email ke 3Care@three.co.di Biasanya pihak operator akan menjawab dengan segera kok.

Datang Langsung Ke 3Store Dekat Rumah

3store bintaro

Bila kamu sudah melakukan pengecekan lokasi 3Store terdekat dari rumahmu, berbekal beberapa persiapan di atas kamu bisa langsung jalan deh. Jangan lupa untuk membawa kartu SIM yang rusak ya.

Setelah datang, seperti biasa ambil nomor antrean dan tunggu lah hingga kamu dipanggil oleh customer service. Bila sudah dipanggil kamu bisa langsung menyampaikan masalahmu dan serahkanlah beberapa persyaratan yang telah kamu siapkan sebelumnya.

Biasanya sih hanya dalam waktu beberapa menit saja, proses penggantian kartumu sudah bisa diurus. Bahkan bisa kurang dari 5 menit saja, walaupun kadang memang proses anternya cukup lama sih.

Nah dalam beberapa kesempatan biasanya pihak customer service juga akan bertanya apakah kartu SIM yang kamu punya ingin diganti dengan kartu SIM 4G. Bila ponselmu sudah kompatibel dengan teknologi 4G, kamu bisa mengiyakan pertanyaan tersebut deh, tidak perlu ragu!

Bagaimana Bila Kartu SIM Tri Hilang

Bila kartu SIM Tri hilang, pada dasarnya proses yang harus kamu lakukan sama dengan di atas, hanya saja ada satu langkah penting yang harus kamu lakukan sebelum terburu-buru datang ke gerai 3Store atau membeli kartu baru di agen pulsa favorit anda.

Langkah ini adalah pemblokiran nomor Tri yang kamu punya, karena ada kemungkinan kartu Tri yang kamu punya hilang dicuri. Bila benar demikian, bisa saja kartu SIM tersebut digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan aksi kriminal seperti penipuan.

Nah untuk melakukan pemblokiran kartu Tri yang kamu punya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah:

  1. Siapkanlah identitas lengkap, riwayat telpon, ataupun daftar kontak sebelum menelpon call center karena biasanya mereka akan melakukan verifikasi data.
  2. Telpon call center Tri di nomor 123 atau 089644000123.
  3. Setelah itu tunggulah beberapa saat hingga kamu disambungkan dengan petugas customer service. Bila sudah tersambung sampaikanlah masalahmu dan sampaikan pula permintaan untuk melakukan blokir terhadap kartu SIM Tri yang kamu punya.
  4. Bila dilakukan verifikasi data, kamu cukup menjawab data-data yang diminta oleh operator.
  5. Selesai, dalam beberapa menit saja kamu sudah selesai melakukan pemblokiran kartu Tri yang kamu punya.

Khusus untuk kartu hilang ini, kami cukup merekomendasikan kamu melakukan blokir ya. Apalagi bila kartu yang hilang merupakan kartu SIM utamamu, yang biasa kamu gunakan untuk berbisnis dan bekerja.

Komentar

16 Komentar

  • Jajang sopian
    September 14, 2019 at 4:32 pm

    Bisa bantu kartu 3 anak sya ko ga kebaca sama hp mana pun ada pun tulisannya “kartu sim kosong”
    Mohon bantuannya….trimskh

    Balas
  • Atme
    December 16, 2019 at 8:18 pm

    Sama kasusnya dengan saya, ini bagaimana yah saya disuruh menunggu sehari kemudian dari penggantian kartu saya yang hilang. Namun setelah dicoba, kartunya mskh belum terbaca dan ada keterangan kartum sim anda belum registrasi. Mohon bantuannya yah. Terimakasih

    Balas
  • Nisa bilah azahra
    December 17, 2019 at 11:47 am

    Bisa ngga ya kalo kartu sim nya hilang biss d aktifkan lagi nmr nya
    Mohon bantuannya

    Balas
  • musa
    December 29, 2019 at 3:51 am

    kartu saya hilang bagaimana saya bisa mendapatkan kembali kartu saya yang hilang nomor nya 08995703681 apakah kartu itu di dapati orang lain

    karena kartu itu sudah terdaftar di ktp ibu saya tolong di cek nomornya aktif atau tidak

    Balas
  • Fatmawati
    January 29, 2020 at 3:03 pm

    Bisa, bawa surat kehilangan dari kepolisian, kartu Kk asli, kalo pake kartu kk foto copy jangan lupa bawa NPWP/Kartu Sim. terus ktp asli, siapin 3 nomor yg sering di hubungin Nnti kita di gerai 3 suruh isi 3 nomor yg sering kita hubungin dan nominal pulsa yg sering kita isi, semoga membantu.

    Balas
  • Gina
    February 4, 2020 at 10:43 pm

    Kartu 3 saya hilang. Klo mau di bikin baru apakah data data nomer di dalem SIM nya jg ikut hilang?

    Balas
    • Dwi Arianto
      February 6, 2020 at 11:24 am

      Halo Kak Gina, silakan datang langsung ke 3 center untuk meminta kartu penggantinya ya Kak. Terima kasih

      Balas
  • Firda Ayu Sukmasari
    February 6, 2020 at 10:21 am

    Kartu 3 saya hilang, saya lupa meletakkan nya dimana tapi hanya di sekitar rumah. Terakhir saya melakukan isi pulsa pd tanggal 30 januari 2020, jd masa aktif nya masih. Saya sudah memakai kartu itu selama +_ 5-6 tahun. Nomornya 089639430708 bagaimana caranya agar kartu nomor saya bisa kembali?

    Balas
    • Dwi Arianto
      February 6, 2020 at 11:23 am

      Halo Kak Firda, silakan datang ke 3 center untuk meminta kartu penggantinya. Terima kasih

      Balas
  • Praktis
    March 18, 2020 at 7:41 pm

    Rempong amat nih tri mau ganti kartu rusak doank, beda ama provider sebelah, praktidls. Udah 2020 nih cuy!

    Balas
  • Nadya
    March 19, 2020 at 6:30 am

    Kartu Saya hilang lupa taruh dimnaa , apakah Saya bisa mendapatkan kartu baru ? Terimakasih

    Balas
  • Khoiriyah
    June 8, 2020 at 5:55 pm

    Hp saya ilang dan kartu 3 nya di buang oleh orang yang mencuri hp saya dan saya ingin memulihkan kembali kartu 3 saya karena banyak nomer penting di kartu 3 saya bagaimana kah solusinya mohon bantuannya terina kasih .

    Balas
  • Nurul Hilalliyah
    July 19, 2020 at 3:53 pm

    Kartu tri saya hilang dari bulan 3, karena kartu tersebut adalah nmor tlfon wa yg bnyak grup terimakasih

    Balas
  • Saryulis
    July 25, 2020 at 11:30 am

    Bolh bisa bantu

    Balas
  • Lilis
    August 1, 2020 at 11:19 am

    Kalo kartu tri sudah hangus apakah bisa diaktifkan lagi?

    Balas
  • Eko setiawan
    August 2, 2020 at 4:43 am

    maaf sebelumnya pak/ibu,masih bisa gak ya aktifin nomer yang sudah hilang dalam waktu yg lama,dulu hp sempet hilang,dan saya belum sempat ke three center,kira2 bisa gk minta di aktifin lg pakai perdana baru dengan nomer yg lama?

    Balas
Artikel Terkait

Memahami Unipin: Voucher Game Nomor Satu di Indonesia

Siapa sih yang tidak kenal Counter Strike, DOTA, atau Ragnarok? Game-game online tersebut dahulu sempat merajai dunia game online di Indonesia, dan bahkan kebanyakan dari mereka saat ini sudah memiliki penerus. Kamu yang sudah memainkan game online sejak beberapa tahun lalu pasti sudah sangat paham mengenai jual beli voucher. Bila di zaman dahulu kamu harus […]

Apa Itu Payment Gateway, Bagaimana Cara Pakainya?

Di zaman sekarang siapa sih orang yang tidak pernah melakukan pembelian barang secara online? Lebih jauh lagi diketahui bahkan di tahun 2018 15% dari total penjualan barang-barang di dunia dilakukan secara online. Meski hanya 15%, Sudah tahu bahwa angka ini dicapai hanya dalam waktu kurang dari 20 tahun saja semenjak berkembangnya berbagai macam e-commerce yang […]

Pulsa & Kuota 30 Nov 2019

Pilihan dan Daftar Kuota Paket XL Paling Oke

Anda yang sudah lama menggunakan ponsel di Indonesia pasti sudah tahu bukan kalau ada tiga pemain besar yang menyediakan layanan telekomunikasi di Indonesia. Yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo, serta XL Axiata. Ketiganya sudah sejak lama menjadi rival dengan masing-masing keunggulan dan promo-promo menariknya. Hal ini tentu saja wajib sifatnya, karena tanpa hal tersebut bisa jadi mereka […]