Skip to content

Solusi Kartu Smartfren Hilang atau Rusak (Update 2021)

featured-img

Di zaman teknologi informasi seperti sekarang ini, kebutuhan internet tampaknya sudah (nyaris) menyaingi kebutuhan primer sandang pangan papan manusia. Baik di negara-negara maju maupun di negara berkembang seperti Indonesia.

Bisa kita lihat di jalan, di sekolah, di rumah, hingga di kantor nyaris semua orang bermain-main dengan ponsel serta laptop mereka. Entah untuk bermain atau mengerjakan tugas dan kerja kantor, rata-rata pasti membutuhkan internet.

Oleh karena itulah kemudian banyak orang memutuskan untuk membeli MiFi alias modem WiFi yang saat ini cenderung murah. Tentu dengan memiliki modem kecil seperti ini, mereka tidak perlu waswas kehilangan koneksi saat butuh sewaktu-waktu.

Di Indonesia sendiri awalnya banyak provider yang menyediakan MiFi semacam ini, namun berhubung banyak yang tutup maka saat ini pasar MiFi dikuasai nyaris secara penuh oleh Smartfren.

Nah bicara soal penggunaan Smartfren, ada satu hal yang seringkali ditanyakan karena cukup menjengkelkan. Yakni modem mendadak hilang sinyal dan koneksi menjadi putus. Tapi tenang saja karena kami punya solusi kartu Smartfren hilang atau rusak macam ini.

Baca Juga Cara Cek Sisa Pulsa dan Kuota Smartfren, Cara Irit Pulsa dan Kuota Internet untuk Game Online

Sebelum Terburu-Buru Mengganti Kartu Smartfren

kartu smartfren

Salah satu solusi yang seringkali ditempuh oleh para pelanggan Smartfren adalah dengan mengganti kartu Smartfren yang mereka punya, langsung datang ke toko-toko resmi gerai Smartfren.

Cara ini memang amat mudah, tanpa perlu banyak berpikir tinggal jalan dan dalam waktu sekejap masalah selesai. Biasanya dilakukan penggantian kartu, atau bila ada masalah lain (mungkin) dilakukan penggantian modem.

Nah tapi sebelum sampai ke solusi mengganti kartu smartfren ini, ada baiknya kamu baca beberapa langkah yang perlu kamu lakukan jika mendadak koneksi data Smartfren mu bermasalah.

Langkah 1: Pastikan Koneksi Data Internet Aktif

laptop tidak terkoneksi internet

Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh pengguna Smartfren adalah putusnya koneksi internet. Seringnya konsumen mengeluh di beberapa kesempatan bisa terkoneksi dengan internet, namun di kesempatan lain mendadak tidak ada koneksi.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memastikan bahwa kamu sudah mengaktivasi koneksi data internet. Melalui laman admin di laptopmu, bukalah menu setting dan kemudian pilih more dan pilih kembali mobile network. Terakhir pilih data enabled.

Dengan memilih data enabled artinya kamu sudah melakukan aktivasi koneksi data internet. Hal yang perlu kamu ingat adalah tidak mungkin secara otomatis pilihan data ter-disabled sendiri, maka dari itu kamu bisa coba langkah ini bila modemmu sebelumnya dipinjam orang lain.

Langkah 2: Pastikan Setting APN Sudah Tepat

setting apn iphone

Bila sudah memastikan paket data enabled namun kamu masih belum bisa menonon channel Youtube kesayanganmu, saatnya kamu memastikan bahwa pengaturan APN di aplikasi sudah tepat.

Untuk bisa memastikan ini kamu cukup membuka setting kemudian Wireles & Networks dilanjutkan dengan Mobile Network, Network Setting, dan terakhir buka lah menu Access Point Name.

Isilah kolom setting APN dengan isian di bawah ini:

  • Nama : smartFren4G
  • APN : smartFren4G
  • Proxy : (kosong)
  • Port : (kosong)
  • Pengguna : smartfren
  • Server : (kosong)
  • MMSC : http://10.17.94.103:8080
  • Proxy MMS : 10.17.27.250
  • Port MMS : 8080
  • MCC : 510
  • MNC : 09
  • Autentikasi : PAP atau chap
  • Jenis APN : default, mms, supl
  • Protokol APN IPv4/ipv6
  • Protokol Roaming APN IPv4
  • Bearer : Unspecified atau LTE
  • MVNO : (diamkan)

Bila masih tidak bisa kamu bisa mencari langsung beberapa pilihan alternatif setting APN di laman website resmi milik Smartfren.

Langkah 3: Pastikan Modem Tidak Bermasalah

mifi smartfren

Setelah berkutat dengan sistem, di langkah ketiga ini kamu bisa memastikan apakah modem yang kamu gunakan bermasalah atau tidak. Ada beberapa hal yang harus kamu cermati dalam mencari “penyakit” pada modem, yakni:

  1. Error saat instalasi program
    • Penyebabnya bisa jadi karena file installer yang kamu punya mengalami kerusakan.
    • Solusinya adalah dengan langsung mengunduh program di laman resmi Smartfren, lalu pilih menu Produk, Modem, serta Router dan Lainnya. Kemudian unduh program yang sesuai dan lakukan instalasi ulang.
  2. Kegagalan membuka port
    • Penyebab pertamanya adalah karena kamu langsung menjalankan aplikasi sebelum USB modem dicolokkan. Solusinya mudah saja, kamu bisa langsung tutup aplikasi lalu colokkan USB modem dan bukalah aplikasi kembali.
    • Penyebab kedua adalah karena port sedang digunakan oleh aplikasi lainnya, misalnya Hyper Terminal. Solusinya tinggal tutup aplikasi pengganggu dan buka kembali aplikasi Smartfren.
  3. Indikasi sinyal hilang
    • Kemungkinan besar kamu sedang berada di luar jangkauan jaringan. Solusinya tentu saja kamu berpindah tempat yang memang sudah tercakup dari jaringan Smartfren.
  4. Kegagalan koneksi internet
    • Penyebab pertama yakni karena sinyal jaringan yang ada terlalu lemah, untuk itu kamu bisa langsung melihat indikasi kekuatan sinyal yang ada. Kalau memang lemah artinya disanalah penyebabnya.
    • Penyebab kedua adalah kamu melakukan koneksi saat USB Modem belum tersambung dengan sempurna. Solusinya cukup dis-konek internet, cabut USB modem dan pasangkan kembali. Setelah itu kamu bisa langsung melakukan koneksi internet.
    • Penyebab terakhir adalah akibat kesalahan parameter jaringan. Untuk ini kamu cukup memasukkan beberapa parameter di bawah ini
      • Phone #777
      • User smartfren
      • Password smartfren
      • Mode Hybrid
  1. Tidak ada kartu RUIM Smartfren
    • Penyebab pertama adalah kamu lupa memasukkan kartu RUIM Smartfren yang kamu punya. Solusinya adalah dengan memasukkan kartu yang lupa kamu masukkan tersebut.
    • Penyebab kedua adalah akibat kamu salah memasukkan kartu sehingga posisinya tidak benar. Solusinya cabut kembali kartu dari modem dan masukkan sesuai dengan petunjuk penggunaan yang ada.
    • Kartu rusak.

Bila kamu sudah sampai tahap terakhir, yang berarti kamu sudah memastikan bahwa kartu Smartfren kamu benar-benar rusak maka kamu bisa langsung melakukan penggantian kartu Smartfren di gerai terdekat.

Langkah 4: Ganti Kartu Smartfren di Gallery Smartfren

galeri smartfren

Nah berikut ini adalah langkah-langkah mengganti kartu Smartfren, bila memang kamu yakin kartumu rusak:

  1. Siapkan KTP asli yang kamu punya dan langsung mengisi formulir yang diberikan oleh customer service sebagai persyaratan administrasi.
    • Bagi kamu yang tidak bisa langsung datang ke Gallery Smartfren dan ingin diwakilkan, kami sarankan kamu membuat surat kuasa yang telah ditandatangani di atas materai. Jangan lupa bekali perwakilanmu dengan KTP milikmu yang asli, serta KTP miliknya yang asli pula.
  2. Setelah itu kamu bisa langsung menunggu prosesnya yang hanya beberapa saat hingga kartu Smartfren punyamu diganti oleh mas-mbak customer service.
    • Selain itu kamu tidak perlu membawa uang sepeserpun loh.
    •  Kamu hanya akan dipungut biaya apabila kamu ingin melakukan penggantian nomor, dan pada beberapa kesempatan Smartfren bahkan menawarkan promo “pilih nomor sesukamu”.

Biaya yang dipungut apabila kamu melakukan pergantian nomor pun akan diambil dengan cara potong pulsa. Jadi pada akhirnya tetap saja kamu tidak perlu memberikan uang sepeserpun kepada petugas Gallery Smartfren, keren ya!

Penutup

Nah, seharusnya sih sebelum kamu mengganti kartu Smartfren yang kamu punya pastikan dulu kalau memang jaringan yang ada bukan terganggu.

Apalagi di kondisi-kondisi tertentu dimana jaringan internet yang kamu miliki bisa saja terganggu. Bila sudah begitu tentu saja sebaiknya kamu mencari cara, atau menunggu hingga jaringan pulih.

Bila yakin kalau jaringan tidak terganggu, barulah kamu bisa mengganti kartu yang (mungkin) rusak tersebut ke Gallery Smartfren terdekat.

Tags