Tempat Wisata Bali yang Antimainstream

Fakhri Zahir
6 Feb 2020

Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup popular di seluruh dunia, hal ini tidak terlepas dari keindahan pulau ini serta keramahan penduduk lokal pada pendatang di sana, baik turis domestik ataupun turis mancanegara.

Sayangnya popularitasnya yang semakin menanjak dan membuat pulau Bali banyak dikunjungi turis lokal ini, membuat beberapa tempat wisata kotor, penuh sampah, terlalu ramai, dan sulit untuk dinikmati.

Untuk itulah bila kamu memutuskan untuk berjalan-jalan ke Bali, kami sarankan kamu untuk pergi ke beberapa tempat wisata Bali yang antimainstream ini. Tentu saja agar kamu bisa menikmati keindahan pulau Bali seutuhnya tanpa harus terganggu lingkungan yang kotor atau penuh sesak.

Kami akan coba sajikan kepada kamu beberapa tempat yang unik di Bali, dan tentunya bukan hanya pantai-pantai saja ya. Yuk dibaca!

Baca Juga: Wisata Bogor Antimainstream, Wisata Jakarta Antimainstream, Wisata Antimainstream ke Karimunjawa

#1 Ayunan Desa Wanagiri, Bedugul

wisata wanagiri

Siapa yang sangka sih kalau Bali yang penuh dengan pantai yang memesona ternyata memiliki desa di atas bukit dengan pemandangan alam yang luar biasa indah. Kalau kamu kesini barangkali kamu akan teringat wisata alam ala-ala Gunungkidul, Yogyakarta.

Di Desa Wanagiri ada sebuah ayunan yang digantungkan di atas pohon di puncak bukit, dimana dari sana kamu bisa langsung melihat Danau Buyan yang membentang indah di bawahnya.

Selain itu kamu juga bisa mengambil foto di berbagai anjungan yang menurut kami cukup unik, tentu saja dengan pemandangan Danau Buyan yang amat indah di bawahnya. Yah memang sih tempat wisata ini cocok bagi kamu yang hobi update di Instagram, plus, yang tidak takut ketinggian tentunya!

#2 Candidasa: Bukit Guungan

bukit guungan

Masih seputar bukit yang ada di Bali, Bukit Gunungan yang terletak di Bali bagian Timur menurut kami cocok menjadi salah satu tempat berkelana bagi kamu yang sudah jenuh dengan wisata Bali yang terlalu mainstream.

Menariknya dari Bukit Guungan kamu bisa melihat kota Candisasa sekaligus melihat batas pertemuan antara daratan Bali dengan lautan yang dipenuhi oleh pulau-pulau kecil alias gili nan indah.

Untuk saat ini Bukit Guungan termasuk salah satu wisata yang tidak populer, namun sangat layak untuk kamu kunjungi. Apalagi karena belum ada pengelolanya kamu cukup melakukan tracking singkat ke atas bukit tersebut tanpa harus membayar sepeserpun.

#3 Desa Pinggan, Kintamani

desa pinggan

Kalau kamu pernah mendengar lagu Katon Bagaskara yang berjudul Negeri di Awan, barangkali lagu tersebut cocok disematkan kepada desa Pinggan di Kintamani ini. Desa yang terletak ‘hanya’ 2 jam dari kuta ini menawakan pesona yang luar biasa berbeda loh.

Dari atas bukit kamu bisa menyaksikan keindahan desa Pinggan yang seolah-olah terendam kabut tipis, ditambah dengan keindahan sunrise alias matahari terbit yang menurut kami merupakan kombinasi yang sangat indah.

Selain itu kamu juga tidak perlu repot-repot merogoh kocek, berhubung secara resmi Desa Pinggan bukanlah objek wisata maka tidak ada biaya apapun yang harus kamu keluarkan apabila ingin ke tempat ini.

#4 Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati

beji guwang

Meski tidak terlalu anti-mainstream, wisata ngari tersembunyi ini menurut kami sangat layak untuk kamu kunjungi. Lebih-lebih lagi karena keindahan ngarai ditambah airnya yang berwarna biru kehijauan ini.

Sayangnya untuk mencapai keindahan Hidden Canyon Beji Guwang ini kamu harus menyiapkan fisik yang prima ya, karena jalan untuk menuju dan kembali dari sana cukup berat dan menantang.

Artinya lagi, objek wisata ini menurut kami tidak cocok dikunjungi bersama anak-anak ataupun orang tua. Nah kalua mau kesini sih kami sarankan datang sejak pagi hari agar bisa menjelajah seluruh ngarai yang ada, sambil berfoto-foto ria deh!

#5 Bukit Asah Karangasem

bukit asah karangasem

Salah satu lokasi wisata yang juga cocok dikunjungi oleh kamu yang penyendiri, cocok pula dikunjungi oleh ‘solo traveller’ yang ingin berkontemplasi atau sekadar menikmati alam dengan sederhana.

Di sini kamu bisa menemukan silent hill yang sesuai namanya memang senyap dan sepi. Dari atas bukit ini kamu bisa langsung melihat lautan lepas yang indah. Menariknya kamu cukup membayar Rp 5.000,- untuk parkir dan Rp 15.000,- bila ingin izin berkemah.

Nah kami sarankan kamu yang sedang penat dengan kebisingan ibukota, sedang berjalan-jalan ke Bali dan memang ingin menenangkan diri sejenak dari hingar bingar kota, untuk mendatangi Bukit Asah ini.

#6 Sambangan Secret Garden

sambangan secret garden

Terletak di Buleleng, Sambangan Secret Garden merupakan salah satu lokasi wisata tersembunyi yang cukup populer di kalangan wisatawan mancanegara loh. Tentu saja karena pemandangan dan ketenangan yang ditawarkan.

Memang Buleleng sendiri merupakan tempat dengan banyak sekali objek wisata berupa air terjun hingga seringkali disebut sebagai surga air terjun di Bali. Termasuk Sambangan Secret Garden yang juga menawarkan air terjun yang sangat eksotis ini!

Di tempat ini kamu bisa mengunjungi beberapa objek wisata sekaligus mulai dari Air Terjun Pucuk dengan ketinggian 16 meter, Kolam Puncak Sari, Air Terjun Kroya yang memiliki ketinggian 12 meter, Air Terjun Cemara hingga Air Terjun Aling-Aling.

Mengingat banyaknya objek wisata yang bisa kamu nikmati, datanglah ke tempat ini sejak pagi dan sediakanlah tenaga dan fisik yang prima. Karena memang untuk mendatangi masing-masingnya kamu harus menggunakan kakimu alias trekking.

#7 Keramas Aero Park Gianyar

keramas aero park

Diantara beberapa wisata antimainstream yang ada di Bali ini, barangkali Keramas Aero Park merupakan salah satu yang paling unik. Karena objek wisata ini memanfaatkan bangkai pesawat sebagai salah satu daya tariknya.

Lucunya bangkai pesawat yang merupakan restoran ini terletak di tengah-tengah sawah yang tidak jauh dari Pantai Keramas. Kapan lagi kamu bisa menemukan ada pesawat di tengah-tengah sawah bukan?

Pesawat yang berada di tengah sawah ini awalnya merupakan pesawat milik salah satu maskapai nasional. Namun saat ini warnanya sudah dicat sehingga tampak unik dan tidak menyerupai maskapai apapun yang ada.

#8 Bali Safari Marine Park

bali safari marine park

Pergi ke Bali tidak melulu menikmati keindahan pantai yang memesona, ataupun Ubud dengan ketenangannya yang luar biasa loh. Kamu bisa juga berkunjung ke Bali Safari Marine Park bersama keluargamu.

Saat ini Bali Safari Marine Park merupakan rumah bagi lebih dari 100 spesies di seluruh dunia, bahkan termasuk bagi spesies-spesies yang langka dan terancam punah. Dengan membeli tiket ke sana artinya kamu telah membantu Taman Safari Indonesia sebagai pengelola merawat hewan-hewan tersebut demi kelestariannya.

Sebagaimana Taman Safari yang lainnya, Bali Safari Marine Park juga menawarkan atraksi dan wahana menarik seperti Jungle Hopper, Elephant Back Safari, Night Safari, Breakfast with the Lions, 4×4 Safari, hingga Agung Show.

Selain itu kamu juga bisa memilih untuk menginap di penginapan Safari sambil berinteraksi secara langsung dengan hewan-hewan yang ada di sana loh.

Hal yang berbeda di sini adalah harga ticketing yang ada, karena untuk menikmati beberapa wahana kamu harus membeli tiket. Tiketnya pun dijual dengan cara bundling mulai dari Rp 500.000,- hingga yang hamper menyentuh angka Rp 2.000.000,-

Tapi jelas dengan harga itu kamu pasti puas menikmati berbagai macam wahana dan fasilitas yang telah di sediakan di Bali Safari Marine Park yang tidak bisa kamu dapatkan di Taman Safari lainnya di Indonesia.

#9 Gunung Batur

gunung batur

Sesuai namanya wisata yang satu ini tentu membutuhkan stamina yang kuat dan fisik yang prima. Karena mendaki Gunung Batur bisa menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang bosan dengan suasana pantai di Bali.

Gunung berapi tertinggi kedua di Bali ini walaupun antimainstream tapi sudah menjadi pilihan wisata terutama bagi bule-bule yang memang hobi melakukan trekking demi mencari kepuasan batin.

Nah begitupun kamu, bagi kamu yang hobi trekking dan foto-foto tentu saja, menurut kami patut mencoba mendaki gunung batur untuk menikmati keindahan panorama Bali dari puncaknya!

#10 Hamparan Marigold di Desa Temukus

desa temukus

Apa sih itu Marigold? Marigold merupakan bunga-bunga indah yang berwarna jingga kekuningan. Apa jadinya bila bunga yang begitu cantik terhampar secara luas di satu area terbuka?

Tentu saja hasil akhirnya adalah karya seni yang luar biasa indah yang diciptakan oleh alam. Menariknya, selain bisa menikmati sajian karya seni dari alam yang indah ini, kamu pun bisa berkontemplasi sambil menyepi mengingat Desa Temukus tergolong sebagai desa yang cukup sepi.

Kamu bisa mengunjungi Desa Temukus sebelum masa panen. Berhubung bunga Marigold merupakan salah satu bunga yang seringkali digunakan dalam upacara keagamaan, maka kamu harus memastikan datang sebelum bunga ini diambil untuk upacara ya!

#11 Air Terjun Seganing Nusa Penida

air terjun seganing

Untuk mendapatkan pemandangan air terjun yang eksotis ini, kamu harus menyiapkan tenaga, stamina, serta nyali yang besar. Karena untuk bisa sampai ke sana kamu harus menyusuri tebing curam yang langsung berbatasan dengan laut berbatu karang.

Untuk bisa ke sini kamu harus menggunakan kapal feri terlebih dahulu dari Bali. Kamu bisa ke Nusa Penida melalui Padang Bai, Sanur, hingga Benoa. Di sana kami sarankan kamu menyewa skuter matik dan carilah Desa Bunga Mekar di GMaps.

Nah dari sana kamu bisa bertanya langsung ke warga setempat mengenai rute yang harus ditempuh selanjutnya untuk bisa mencapai air terjun seganing ini. Hati-hati ya jangan sampai celaka!

#12 Rumah Pohon Batu Molenteng

rumah pohon molenteng

Rumah pohon yang satu ini bukan sekadar rumah pohon biasa, melainkan rumah pohon yang terletak di ketinggian dan menghadap langsung ke cantiknya Pantai Atuh. Lebih rinci lagi Rumah Pohon Batu Molenteng ini terletakdi Nusa Penida.

Sekilas pemandangan Pantai Atuh yang dilengkapi dengan lansekap laut dengan tebaran pulau-pulau kecil dan tebing-tebing di atasnya mengingatkan kita kepada Raja Ampat yang tersohor itu.

Sayangnya untuk mencapai rumah pohon ini kamu harus (lagi-lagi) menyiapkan nyalimu. Karena memang terletak di ketinggian dan kamu hanya disediakan tangga kecil yang terbuat dari kayu untuk mencapai ke atasnya.

Tapi pemandangannya? Wah jangan ditanya deh, selain cantik dilihat oleh mata pemandangan yang ada di sini sangat instagrammable loh! Jadi buruan deh sebelum terlalu banyak orang yang tahu tempat ini.

Komentar

Artikel Terkait
Wisata 7 Mar 2020

Wisata Lembang yang Sayang untuk Kamu Lewatkan

Lembang merupakan salah satu tempat wisata yang paling favorit di kawasan Jawa Barat tepatnya di Bandung. Selain udaranya yang sejuk di Lembang diketahui banyak terdapat tempat wisata yang menarik bagi keluarga ataupun pasangan.  Salah satu tempat wisata terfavorit di Lembang sendiri adalah gunung Tangkuban Parahu karena memang sudah sejak zaman dahulu gunung Tangkuban Parahu dikunjungi […]

Wisata 4 Mar 2020

7 Tempat Ngopi Paling Nikmat di Bogor

Bogor si Kota Hujan menyimpan banyak tempat-tempat yang mampu menenangkan hati yang sedang suntuk, dan perasaan yang sedang tak karuan. Tidak heran kalau para penjajah di masa lampau memberi Kota Bogor gelar Buitenzorg yang kira-kira berarti kota tanpa kerisauan. Hingga hari ini pun masih banyak orang-orang dari kota besar di sekitar Kota Bogor yang datang […]

Wisata 6 Feb 2020

Tempat Wisata Bali yang Antimainstream

Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup popular di seluruh dunia, hal ini tidak terlepas dari keindahan pulau ini serta keramahan penduduk lokal pada pendatang di sana, baik turis domestik ataupun turis mancanegara. Sayangnya popularitasnya yang semakin menanjak dan membuat pulau Bali banyak dikunjungi turis lokal ini, membuat beberapa tempat wisata kotor, penuh sampah, […]