fbpx

15 Tempat Wisata Bogor yang Patut Dicoba Minimal Sekali!

Fakhri Zahir
29 Nov 2019

Bicara mengenai Bogor, pasti erat kaitannya dengan Puncak. Apalagi Anda yang berdomisili di DKI Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Depok. Kebanyakan orang-orang yang tinggal di sekitar Bogor berwisata ke Bogor, hanya ke daerah Puncak saja.

Padahal ada banyak loh tempat wisata Bogor yang harus Anda kunjungi setidaknya sekali seumur hidup Anda. Percaya deh beberapa tempat yang kami rekomendasikan di bawah ini cocok untuk dikunjungi dalam rangka berlibur bersama keluarga atau bahkan short escape!

Memang sih kebanyakan berada di puncak, tapi kami coba bagikan beberapa yang bukan di Puncak kok. Nah, kalau ada waktu bepergian ke Bogor boleh banget Anda datangi beberapa tempat wisata Bogor yang menarik di bawah inI!

#1 Curug Bidadari Cikoneng

curug cikoneng

Curug yang berarti air terjun dalam bahasa Sunda ini terletak di daerah Leuwiliang, Kabupaten Bogor tepatnya di Desa Puraseda 1, Bojong Koneng. Memang tempat wisata ini belum sepopuler Puncak, tapi di daerah sini banyak curug-curug yang instagrammable loh.

Untuk sampai ke Curug Bidadari Cikoneng Anda bisa keluar tol Jagorawi dan jalan ke Pasar Bogor hingga ke daerah Stasiun ng.

Di Curug Bidadari ini Anda bisa menemukan kolam renang yang cocok untuk dipakai bermain sekeluarga. Selain itu Anda yang hobi berpetualang dan berfoto dengan latar pemandangan, jangan melewatkan tempat wisata yang satu ini ya!

#2 Gunung Batu Jonggol

gunung batu jonggol

Kalau tempat wisata yang satu ini lokasinya tidak terlalu jauh dari Jakarta, Depok, ataupun Bekasi. Bahkan untuk sampai ke Gunung Batu Jonggol ini Anda tidak perlu keluar Tol Jagorawi di Kota Bogor loh, sangat cocok untuk short escape!

Untuk bisa masuk ke Gunung Batu Jonggol Anda akan diminta untuk membayar uang seumlah Rp15.000,- ditambah biaya pendakian Rp5.000,- ke puncak gunung Batu, dan biaya parkir kendaraan Rp15.000,-

Sayangnya untuk bisa sampai ke sini Anda membutuhkan fisik yang prima, dan menurut kami kurang cocok bila dijadikan tempat wisata bersama keluarga. Tentu saja karena medannya yang cukup terjal dan berbahaya bagi orang tua dan anak-anak.

Selain itu di area sini banyak terdapat kera loh, artinya Anda harus menjaga barang bawaan Anda dengan hati-hati. Meski demikian tempat ini boleh dikatakan salah satu tempat yang sangat instagrammable dan mudah dijangkau dari kota-kota sekitar Bogor.

#3 Penangkaran Rusa Cariu

penangkaran rusa cariu

Anda yang sudah memiliki keluarga kecil dengan anak-anak boleh mencoba datang ke penangkaran rusa Cariu. Di penangkaran yang terletak di Kecamatan Tanjungsari ini Anda bisa berinteraksi dengan rusa-rusa loh.

Tempat penangkaran yang dikelola Perhutani ini memang belum sefavorit tempat wisat di Puncak, tapi menurut kami boleh dicoba terutama untuk memperkenalkan hewan rusa dan interaksinya kepada anak-anak.

Selain itu dengan biaya yang cukup murah yakni sekitar Rp20.000,- Anda sudah bisa masuk ke area penangkaran rusa ini. Anda pun bisa memilih untuk melakukan trekking ataupun menggunakan sepeda berkeliling tempat penangkaran ini.

Oh iya tapi perlu kami ingatkan karena rusa-rusa di tempat ini dibiarkan berkeliaran di alam bebas, jadi ada kemungkinan Anda tidak akan bertemu rusa-rusa yang lucu disini. Apalagi kalau memang Anda tidak datang di waktu yang pas, yah belum rezeki deh!

#4 Penangkaran Elang Loji

penangkaran elang loji

Dimana lagi tempatnya Anda bisa berinteraksi langsung dengan burung elang nan gagah, dekat dari ibu kota, dan dengan harga yang murah, selain di penangkaran Elang Loji! Dari rusa kita pindah ke elang!

Berlokasi di Cijeruk, Anda diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan burung Elang. Selain itu tempat ini juga memberikan pemandangan yang instagrammable dengan pepohonan pinus yang rindang.

Tidak cukup itu saja Anda pun bisa melakukan foto di jembatan gantung, hingga mengambil banyak foto sambil melakukan trekking hingga sampai di bumi perkemahan di tengah-tengah hutan pinus.

Hanya dengan membayarkan uang sejumlah Rp5.000,- dan Rp2.000,- untuk biaya kebersihan Anda sudah bisa langsung memasuki area penangkaran elang Loji yang barangkali sulit didapatkan di tempat lain ini!

#5 Danau Quarry Jayamix

danau quarry jayamix

Berasal dari area penambangan pasir yang terisi air, danau ini menjadi salah satu objek wisata yang cukup hits. Mengapa? Tentu saja alasannya karena tempatnya yang sangat instagrammable. Cocok bagi Anda yang suka pamer liburan di Instagram.

Tidak perlu uang yang banyak untuk masuk ke tempat ini, Anda cukup merogoh kocek kurang dari Rp10.000,- saja untuk masuk dan tentu saja membayar biaya parkir kendaraan yang Anda bawa.

Hanya saja karena memang pada awalnya tempat ini bukanlah tempat wisata, maka tempat ini masih minim pengawasan serta keamanan dan penjagaannya pun belum baik. Lagi-lagi kurang cocok dikunjungi bersama keluarga, namun cocok dikunjungi bagi Anda yang senang berpetualang dan berfoto-foto kekinian.

Untuk mencapai danau Quarry Jayamix Anda bisa langsung keluar Tol Jagorawi di sentul dan lanjut masuk Tol Bogor Ring Road. Setelah itu lurus saja hingga masuk ke daerah Rumpin atau Parung Panjang.

#6 Pondok Rasamala, Gunung Salak

pondok rasamala

Terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, tempat ini cocok dijadikan tempat berlibur bagi Anda yang petualang, pasangan muda yang baru menikah, hingga Anda yang sudah berkeluarga.

Karena letaknya di gunung Salak inilah yang membuatnya dekat dengan alam. Gunung Salak sendiri diketahui merupakan rumah bagi berbagai macam spesies burung, reptile, hingga mamalia dan tentu saja lingkungannya sejuk dan bahkan amat dingin di malam hari!

Pondok Rasamala sendiri menyediakan rumah-rumah kecil bagi Anda yang berlibur bersama keluarga, hingga glamping yang cocok dikunjungi bersama teman-teman ataupun Anda yang ingin berbulan madu bersama pasangan dengan suasana yang berbeda.

Menariknya pula Anda yang ingin melakukan team building, bermain paint ball, dan berbagai games kekompakan lainnya pun bisa dilakukan disini. Karena memang Pondok Rasamala sudah memiliki manajemen yang bertugas untuk mengurus hal-hal semacam ini, tunggu apalagi!

#7 Curug Leuwi Lieuk – Curug Leuwi Hejo – Curug Barong

curug leuwi lieuk

Satu lagi pesona air terjun di Bogor yang wajib Anda kunjungi setidaknya sekali. Bertempat di daerah Sentul, Anda bisa menikmati pesona air terjun yang sangat jernih. Serunya Anda bahkan bisa berenang di area ini karena memang arusnya yang tidak terlalu deras.

Di Curug Leuwi Lieuk Anda pun disediakan 3 spot lompat dari tebing, mulai dari ketinggian 3 meter, 5 meter, hingga kalau Anda memiliki keberanian yang tinggi bisa mencoba spot lompat dari ketinggia 7 meter!

Meski bisa berendam, kami tetap menyarankan Anda untuk berhati-hati loh karena semakin ke tengah kedalamannya bisa mencapai 6 meter. Apalagi karena tempat wisata ini cukup baru, jadi belum disediakan perlengkapan keamanan yang cukup.

Untuk bisa datang ke tempat ini Anda cukup membayar biaya retribusi seharga Rp10.000,- per orang ditambah parkir motor Rp5.000,- atau parkir mobil Rp10.000,- murah bukan?

Meski spot utama di tempat ini adalah Curug Leuwi Lieuk, Anda bisa juga mengunjungi dua curug lainnya yang terletak di satu lokasi loh yakni Curug Leuwi Hejo serta Curug Barong. Keduanya pun tidak kalah cantik.

Untuk Anda yang ingin berenang-berenang cantik kami sarankan Anda datang ke Curug Barong, karena memang air terjun yang ada di tempat ini tidak terlalu tinggi, yakni hanya sekitar 10 meter saja. Tapi intinya sih, patut dicoba!

#8 Gunung Munara Rumpin

gunung munara rumpin

Mirip-mirip Gunung Batu Jonggol dari sini Anda bisa melihat pemandangan yang luar biasa cantik. Selain itu tentu saja Gunung Munara Rumpin memberikan Anda pengalaman dan (lagi-lagi) stok foto untuk Instagram.

Tidak berlebihan bila kami menyebut lokasi ini sebagai salah satu tempat liburan di Bogor yang instagrammable.

Tapi tentu saja ada harga yang mesti Anda bayarkan, yakni fisik yang prima. Karena untuk sampai ke puncak dengan pemandangan yang indah ini Anda butuh tenaga yang cukup untuk melakukan trekking bolak balik sekitar satu hari.

#9 Bukit Alesano Bogor

bukit alesano

Bila Anda pernah mendengar reputasi Bukit Bintang di Bandung, dimana Anda bisa menikmati keindahan lampu-lampu kota Bandung dari atas bukit, tentu Anda harus juga mendengar nama Bukit Alesano di Bogor.

Terletak di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Anda wajib mengunjungi dan camping di bukit Alesano ini. Anda yang ingin berbulan madu dengan cara yang tak biasa hingga Anda yang ingin bersenang-senang bersama teman-teman Anda kami sarankan untuk datang ke sini.

Siapkan uang Rp10.000,- per orang ditambah biaya parki Rp10.000,- serta biaya camping Rp15.000,- Anda sudah bisa menikmati keindahan bukit Alesano ini. Jangan lupa bawa kamera yang mumpuni ya untuk mengambil gambar kecantikan Kota Bogor dari sini!

#10 Novus Giri Resort & Spa

novus giri

Anda yang ingin mengunjungi resort-resort cantik di Ubud bersama pasangan, namun tidak punya cukup waktu dan uang, boleh mencoba datang ke Novus Giri Resort and Spa yang memberikan pengalaman serupa!

Terletak di daerah Puncak, kami merasa diantara beberapa hotel yang diklaim sebagai hotel ‘ala-ala’ Ubud, Novus Giri lah yang paling worth untuk dikunjungi dan setidaknya diinapi. Apalagi bagi Anda pasangan muda yang ingin berbulan madu.

Harganya mulai dari Rp800.000,- yang cocok bagi Anda yang sendiri atau berdua dengan pasangan hingga Rp5.000.000,- yang cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Ubud di Jawa Barat bersama keluarga besar Anda.

Bagi Anda yang datang memang berniat untuk bulan madu dan ingin pengalaman yang lebih manis, bisa mencoba pilihan kamar yang cukup keren dengan harga terjangkau loh yakni sekitar Rp 1 juta hingga Rp 2 juta saja!

Ditambah biaya bensin dan tiket tol bila berasal dari luar kota Bogor, Anda sudah bisa menikmati pemandangan yang kami jamin bisa membuat pikiran yang suntuk kembali menjadi tenang. Tapi sesuai dengan tempatnya, Anda yang berharap untuk bertualang tentu saja kurang cocok bila datang ke tempat ini.

#11 Villa Aman D’Sini

villa aman dsini

Mengusung nama yang unik, villa yang terletak di Sentul ini kami jamin akan memberikan Anda pengalaman menginap yang tidak terlupakan. Mirip Novus Giri, Villa Aman D’sini memang sengaja mendesain tempat yang tenang ala-ala Ubud.

Kebanyakan yang datang ke sini adalah keluarga-keluarga muda yang ingin melakukan staycation singkat. Nah tapi tentu saja untuk mendapatkan pengalaman ini Anda juga harus merogoh kocek yang cukup dalam.

Selain penginapan, Anda juga bisa menikmati keindahan infinite pool berlatar pemandangan alam yang menakjubkan serta restoran yang tentu saja menyajikan pemandangan pula. Tapi lagi-lagi siapkan uang Anda ya!

#12 The Highland Park Resort and Hotel

highland park

Boleh dibilang sebagai salah satu pelopor resort glamping di Bogor, The Highland Park saat ini menjadi salah satu yang paling populer pula. Bahkan di tempat ini seringkali diadakan event-event yang menarik.

Lucunya Anda yang ingin menginap disini, bisa memilih untuk tidur di tenda Mongolian ataupun tenda Apache, dengan pemandangan kaki Gunung Salak yang indah dan menarik untuk difoto tentu saja.

Lucunya meski terletak di kaki gunung, Anda bisa menikmati internet dengan kecepatan tinggi hingga TV kabel! Kesimpulanya tempat ini merupakan salah satu tempat yang cocok untuk dijadikan tempat staycation.

Untuk bisa menginap disini Anda cukup merogoh kocek sekitar Rp 1 hingga Rp 2 juta per malamnya. Untuk staycation singkat tentu bukan harga yang terlalu mahal bukan!

Anda bisa mengajak pasangan Anda untuk berbulan madu, mengajak keluarga Anda, ataupun bermain bersama teman-teman Anda. Karena The Highland Park menyediakan berbagai aktivitas menarik seperti flying fox, horse riding, driving range, mini golf, shooting target, zip bike, wall climbing, hingga fun fishing!

#13 Rafting Cisadane Bogor

rafting bogor

Anda yang senang berpetualang dan merupakan seorang adrenaline junkie kami sarankan untuk mencoba berlibur ke Rafting Cisadane bogor ini. Rafting disini bisa dilakukan oleh Anda yang sudah biasa ataupun baru ingin mencoba rafting pertama kalinya loh.

Meski demikian karena sungai Cisadane ini merupakan salah satu sungai yang cukup asyik untuk dilalui rafting, banyak organizer-organizer bertebaran disini. Saran kami carilah organizer terpercaya dengan reputasi yang baik.

Selain itu biasanya masing-masing organizer yang menawarkan kegiatan rafting disini akan menawarkan pula beberapa kegiatan lainnya yang cukup sayang untuk dilewatkan, misanya outbond hingga menyediakan arena-arena dengan tantangan khusus.

#14 Open House Istana Bogor

open house istana bogor

Setiap tahunnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor menggelar event yang sangat menarik, yakni Istana Bogor Open House yang memungkinkan pengunjungnya untuk mengeksplorasi rumah tinggal bapak Presiden RI yang satu ini!

Sayangnya memang cukup sulit mendapatkan informasi mengenai tangga-tanggal open house yang dilakukan oleh Disbudpar Kota Bogor ini. Artinya Anda harus rajin-rajin melakukan pencarian di internet untuk bisa datang ke Istana Bogor.

Anda yang sukses masuk tidak akan dipungut biaya sepeser pun, dan natinya akan dipandu oleh pemandu-pemandu yang cakap. Meski demikian memang ada batas dimana ada beberapa tempat yang tidak bisa dimasuki oleh para wisatawan.

Tapi tetap saja, sebagai rakyat biasa pengalaman mengunjungi istana presiden barangkali merupakan salah satu pengalaman yang tidak terlupakan dan mungkin sulit terulang bukan? Nah jadi rajin-rajin cari informasi ya!

#15 Keliling Kota Bogor di Malam Hari

wisata malam bogor

Anda yang merupakan fotografer, atau bahkan yang senang mengulik-ngulik kamera, foto, dan menaruhnya di Instagram wajib mencoba sensasi berkeliling kota Bogor di malam hari. Selain bisa mendapatkan foto-foto unik, Anda bisa sekaligus melakukan wisata kuliner Bogor!

Saran kami, Anda bisa mulai perjalanan Anda dari daerah Tugu Kujang yang juga cukup cantik di malam hari. Di dekat sana Anda juga bisa mengambil foto Lawang Salapan yang dibangun pada era walikota Bapak Bima Arya.

Dari sana Anda bisa berjalan menyusuri Kebun Raya hingga ke Istana Negara, dan berjalan kembali hingga ke Taman Sempur. Disinilah Anda bisa menemukan berbagai macam jajanan yang tentu saja walaupun sederhana tapi berkesan bila dinikmati bersama teman atau pasangan.

Setelah itu Anda juga bisa lanjut berjalan naik hingga ke Taman Kencana. Di sana selain jajanan, Anda bisa menemukan beberapa tempat makan dengan kuliner ikonik di Kota Bogor. Mulai Macaroni Panggang, PIA Apple Pie, hingga Pizza Kayu Bakar Kedai Kita, nah!

Komentar

Artikel Terkait
Umum 7 Sep 2020

Ini Dia Persiapan Untuk Memulai Bisnis Online

Apakah saat ini Anda berencana untuk memulai bisnis online? Memulai bisnis memang bukan hal yang mudah karena ada beberapa risiko yang akan dihadapi. Namun, bila Anda melakukan persiapan dengan matang serta memiliki keberanian untuk mencoba maka kedua hal tersebut sudah menjadi modal yang sangat baik.  Dengan begitu, risiko kegagalan usaha akan dapat diminimalkan sebaik mungkin. […]

Umum 5 Aug 2020

Kesalahan Dalam Memulai Bisnis Franchaise

Saat ini, banyak pebisnis yang mempertimbangkan franchise sebagai salah satu pilihan menggiurkan. Mungkin Anda sekarang juga tertarik untuk menjalankan waralaba. Beberapa alasan yang dapat meyakinkan Anda adalah sistem waralaba lebih mudah dijalankan serta cenderung mudah untuk dipromosikan.  Selain itu modal yang diperlukan bisa dimulai dari modal yang kecil dahulu. Bila Anda berminat untuk berinvestasi melalui […]

Umum 5 Aug 2020

Cara Memulai Bisnis Dari Nol dan Tetap Menjanjikan

Lebaran menjadi momen yang paling ditunggu oleh kebanyakan orang di tanah air. Dalam momen tersebut setiap orang bisa berkumpul bersama keluarga. Apalagi bagi mereka yang bekerja di luar kota akan pulang kampung demi menyambut momen menggembirakan tersebut. Sayangnya, jika tidak cermat pengeluaran justru membengkak usai hari raya berakhir.  Masyarakat Indonesia di berbagai penjuru biasanya memiliki […]