Tempat Wisata di Jakarta yang Bikin Kaget

Fakhri Zahir
6 Jan 2020

Mendengar kata Jakarta barangkali yang terngiang-ngiang di kepala kamu adalah kemacetan yang parah, hawa panas yang tidak tertahankan, polusi udara dimana-mana, dan tingkat stress warganya yang tinggi. Memang benar!

Tapi Jakarta ternyata tidak seburuk yang kamu banyangkan kok, karena ternyata Jakarta memiliki banyak tempat wisata rahasia yang barangkali kamu tidak pernah kepikiran kalau ada tempat-tempat macam itu di Jakarta.

Lebih jauh lagi kami tentu saja tidak akan membicarakan mal-mal yang sudah menjamur di ibukota. Tentu saja beberapa tempat wisata Jakarta yang akan kami bahas adalah tempat wisata antimainstream yang wajib kamu kunjungi bila sedang berada di Jakarta.

#1 J-SKY Ferris Wheel

bianglala

Siapa bilang hanya London yang memiliki ferris wheel alias bianglala di tengah kota? Jakarta juga memiliki apa yang disebut dengan J-SKY Ferris Wheel. Yang memiliki ketinggian maksimum lebih dari 100 meter dari dasar, sekaligus menjadikannya bianglala tertinggi di Indonesia!

Dari J-SKY Ferris Wheel ini kamu bisa menikmati keindahan pemandangan Jakarta yang barangkali hanya bisa kamu nikmati macet-macetnya saja. Untuk bisa menikmati wahana ini kamu bisa datang ke AEON Mall Jakarta Garden City, Cakung.

Adapun biaya yang perlu kamu keluarkan untuk menikmati keindahan kota Jakarta dari bianglala ini adalah Rp50.000,- di weekdays, Rp60.000,- di weekend, Rp150.000,- bagi yang ingin berdua saja, serta Rp300.000,- untuk VIP.

Kapasitas dari satu bianglala adalah 6 orang, dengan 32 buah totalnya. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan terlalu lama mengantre apabila ingin menaikin bianglala tertinggi di Indonesia ini, yuk dicoba!

#2 Jakarta Aquarium

jakarta aquarium

Merupakan destinasi wisata yang mengusung tema edukatif dan rekreasi yang menjadi rumah bagi lebih dari 600 jenis satwa. Khususnya bagi satwa-satwa yang tinggal di lautan sesuai dengan nama dari tempat ini.

Boleh dibilang Jakarta Aquarium merupakan salah satu yang terlengkap dan termodern, karena memang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia, dan diketahui pula bekerja sama dengan Aquaria KLCC Malaysia!

Bukan sekadar melihat-lihat, layaknya Taman Safari Indonesia yang selalu menghadirkan wisata edukatif, Jakarta Aquarium juga menghadirkan beberapa pertunjukan dan wahana yang menarik. Misalnya Penguin Feeding, Pearl of The South Sea, Swirl Tank, Otter Feeding, Mangrove Feeding, Piranha Feeding, Outer Reef Feeding, Main Tank Feeding, Touch Pool Feeding, Archer Fish Feeding, hingga Snake Show.

Selain itu beberapa wahana interaktif yang bisa kamu nikmati disini adalah kolam sentuh, melewati otter tunnel, dan yang paling menarik dan memiliki antrean cukup panjang yakni Aquatrekking!

Adapun tiket dari Jakarta Aquarium adalah sebagai berikut:

  • Dewasa Reguler (WD) Rp150.000,-
  • Anak Reguler (WD) Rp125.000,-
  • Dewasa Reguler (WND) Rp200.000,-
  • Anak Reguler (WND) Rp150.000,-
  • Dewasa Premium (WD) Rp200.000,-
  • Anak Premium (WD) Rp150.000,-
  • Dewasa Premium (WND) Rp225.000,-
  • Anak Premium (WND) Rp175.000,-
  • Aquatrekking Rp550.000,-

Supaya tidak bingung kamu bisa langsung booking tiket Jakarta Aquarium langsung melalui website nya ya. Adapun petanya kamu bisa juga langsung unduh dari laman resmi mereka disini.

#3 Pulau Tidung

pulau tidung

Meski masih bagian dari teluk Jakarta, Pulau Tidung bisa menjadi salah satu pilihan short escape bagi kamu yang penat dengan kehidupan ‘orang dewasa’mu. Bahkan Pulau Tidung boleh dibilang sebagai salah satu tempat wisata paling antimainstream yang layak untuk dikunjungi di Jakarta.

Meskipun di area Kepulauan Seribu kamu bisa menemukan banyak pulau dengan pantai yang tentu saja indah, Pulau Tidung justru menawarkan pesonanya sendiri. Tidak heran kalau Pulau Tidung merupakan salah satu yang paling kesohor diantara pulau-pulau lainnya.

Di pulau ini kamu bisa menyusuri jalan-jalan kecil dengan menyewa sepeda, melintasi ilalang, diiringi deru ombak yang barangkali sulit kamu temukan di tempat lainnya di Jakarta. Belum lagi jembatan Cinta yang menjadi spot paling instagrammable di pulau ini.

#4 Hutan Mangrove PIK

hutan mangrove pik

Masih dari utara Jakarta, kamu yang mencintai alam dan khususnya daerah laut bisa mencoba berwisata ke hutan mangrove PIK. Bahkan barangkali hutan mangrove PIK merupakan satu-satunya kawasan konservasi mangrove yang bisa kamu nikmati di Jakarta.

Hanya dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp25.000,- kamu sudah bisa menikmati keindahan hutan mangrove PIK loh. Kamu bisa melakukan trekking singkat hingga mencari spot-spot foto keren di sini.

Bahkan saking memilliki pesonanya sendiri, hutan mangrove PIK seringkali dijadikan sebagai tempat foto prewedding loh. Eits tentu untuk bisa melakukan foto prewedding kamu harus izin kepada pengelola.

Letaknya pun relatif dekat dengan pusat kota apabila dibandingkan harus pergi ke kepulauan seribu. Kamu bisa mencari gedung Yayasan Budha Tzu Chi dan kemudian berjalan ke belakang ke arah hutan mangrove ini.

Meski demikian kamu tidak perlu khawatir kalau hutan mangrove ini akan berisik dengan hiruk pikuk layaknya kota Jakarta setiap hari. Alih-alih hutan mangrove ini seringkali dijadikan short escape bagi penduduk Jakarta yang penat akan hingar bingar kota Jakarta.

Bila trekking saja tidak cukup, kamu bisa merogoh kocek sebesar Rp 250.000,- untuk ber-6 dan naik ke dalam 1 perahu atau Rp 350.000,- untuk 8 orang. Selain itu kamu diperkenankan menanam pohon mangrove sendiri dengan membayar Rp 150.000,- per orang atau Rp 500.000,- bila ingin menamai pohon mangrove mu sendiri!

#5 Pandora Experience

pandora experience

Kalau bilang Jakarta hanya khusus bagi orang-orang yang senang bersenang-senang dan berhedon ria mungkin kamu harus berpikir ulang. Karena ternyata kota ini menyediakan tempat spesial bagi kamu yang senang dengan tantangan dan teka-teki: Pandora Experience!

Pandora Experience sendiri merupakan permainan teka-teki ruangan yang bisa dimainkan secara tim, yang populer dengan istilah escape game! Cocok bagi kamu yang memiliki obsesi untuk menjadi detektif layaknya Sherlock Holmes.

Pandora Experience sendiri saat ini terletak di empat tempat di Jakarta yakni di Kelapa Gading, Puri Indah, Baywalk Mall serta di Mall Ciputra. Nah kamu tinggal pilih deh lokasi mana yang paling dekat dengna tempat tinggalmu.

Dengan membayarkan mulai dari Rp150.000,- kamu bisa bermain bersama teman-temanmu dalam satu grup dengan jumlah maksimal 14 orang sekali masuk ke dalam permainan. Kamu akan bermain selama 120 menit dengan pilihan permainan yang cukup banyak.

Jadi kamu bisa datang kesini berkali-kali dan bisa memilih beberapa episode-episode permainan yang berbeda loh. Tidak ada kata bosan bila kamu bermain escape game di Pandora Experience, yang memang antimainstream bukan?

Terhitung saat ini ada 20 episode dari mitologi dan dongeng di seluruh dunia yang diangkat menjadi episode-episode menarik di Pandora Experience. Seluruhnya bisa kamu pilih dan tentu mainkan bersama teman-temanmu!

#6 Arcanum Hobbies

arcanum hobbies

Selain Pandora Experience, satu lagi wisata antimainstream di Jakarta yang didedikasikan bagi kamu yang penggemar teka-teki. Atau lebih spesifiknya untuk yang satu ini khusus bagi kamu yang merupakan penggemar boardgame!

Sebenarnya Arcanum yang terletak di Kuningan City merupakan toko yang spesifik menjual permainan boardgame, namun kamu bisa mencoba dan belajar board game yang ada di sini dengan panduan dari staff yang ramah.

Lalu untuk siapa kah wisata ini dikhususkan? Tentu saja bagi kamu dan teman-temanmu ataupun bagi kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki anak kecil. Alih-alih membelikan anakmu gadget atau gawai, jauh lebih baik kamu membelikan mereka permainan semacam ini.

Buka mulai dari jam 1 siang hingga 10 malam, Arcanum memiliki lebih dari 300 koleksi board game dan diketahui bahwa tempat ini mampu mengakomodasi hingga 35 orang pemain loh! Cukup besar bukan?

Kalau kamu ingin lebih intens lagi belajar mengenai board game kamu bisa mendaftarkan diri ke dalam training and team building exercises atau bahkan mengikuti program satu bulan di dalam Arcanum Academy!

Intinya sih ditengah-tengah dunia yang penuh dengan gawai seperti saat ini, menurut kami board game merupakan salah satu solusi yang bukan hanya menarik dan menyenangkan namun sebagai salah satu sarana bersosialisasi secara langsung dengan orang-orang di dunia nyata! Kurang antimainstream apa coba?

#7 Bounce Street Asia Trampoline Park

jakarta trampoline

Kurang gerak bisa bikin badan melebar? Nah saatnya kamu mencoba liburan-liburan antimainstream yang memaksa badan kita buat bergerak. Salah satunya adalah dengan mendatangi Bounce Street Asia Trampoline Park.

Di trampoline park ini kamu bukan hanya bisa sekadar melompat-lompat layaknya bermain di trampoline yang mainstream. Karena pihak pengelola telah menyediakan trampoline yang dikombinasikan dengan berbagai macam permainan beregu maupun individual.

Kamu bisa bermain bola basket, dodgeball, hingga area climbing and jumping, tanpa harus mengkhawatirkan anak-anak yang memang memiliki area khusus anak yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Untuk bisa bermain disini kamu tinggal datang langsung ke Jalan Sentra Bisnis Artha Gading Blok D, Kav/8 Jakarta Utara. Kemudian kamu cukup membayarkan tiket masuk seharga Rp120.000,- per jam (Senin-Kamis) ataupun Rp140.000,- per jam (Jumat-Minggu).

Tapi perlu diingat yak arena berwisata disini melibatkan banyak gerak anggota tubuh, tentu saja ada beberapa peraturan khusus yang mesti kamu dan teman-teman ataupun keluargamu patuhi bila ingin bermain disini.

Aturan pertama adalah berat badan maksimal yang diizinkan untuk bermain disini adalah 120 kg, sementara khusus bagi anak usia 3-6 tahun wajib ditemani oleh orang tua ataupun pengasuh. Selebihnya diizinkan untuk bermain trampoline tanpa ditemani ya.

Pertanyaan selanjutnya, meskipun ada beberapa aturan di atas pasti adalah terkait keamanan pemain bukan? Nah khusus untuk ini pihak pengelola telah menyediakan safety policy nya sendiri, jadi jangan khawatir ya.

Beberapa safety policy yang diterapkan disini misalnya desain area bermain yang sudah dibuat dan diperhitungkan keamanannya, dengan supervisi ketat staf-staf terlatih dengan supervisi khusus di area anak-anak.

Selain itu pihak pengelola juga menyediakan grip socks yang akan diberikan ketika pertama kali kamu mendaftarkan diri kesana. Masih kurang? Kamu bisa ikut pelatihan khusus yang seringkali diadakan pula oleh pihak pengelola.

Jadi bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menggerakkan badanmu yang sudah terlalu lama duduk diam di depan laptop itu?

#8 Museum MACAN

macan

Kalau tadi kami sudah menampilkan beberapa lokasi wisata dengan pemandangan, permainan, teka-teki, dan aktivitas fisik di Jakarta, saatnya kami hadirkan satu lagi wisata antimainstream yang bisa kamu datangi di kota Jakarta: Museum MACAN!

MACAN sendiri merupakan singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Meski namanya terdengar amat intimidatif, tapi kenyataannya banyak anak-anak muda yang datang ke tempat ini loh.

Sebagian orang datang tentu untuk menikmati karya seni kontemporer yang ada di tempat ini. Namun sebagiannya lagi datang untuk mencari spot-spot foto terbaik untuk dipamerkan ke dalam media sosial mereka tentunya.

Kamu bisa melihat ratusan karya seni langka yang dipamerkan sesuai dengan tema yang ada, dan yang mengejutkan lagi ternyata seluruh karya seni yang dipamerkan di tempat ini merupakan koleksi pribadi dari sang pemilik loh!

Takut bosan? Coba kamu cari infinite mirror room yang sempat menjadi booming dalam beberapa tahun terakhir karena memang menyediakan gambaran yang sangat unik dan (lagi-lagi) tentu saja Instagrammable.

Bila kamu masih takut bosan untuk datang ke tempat ini, cobalah sesekali mencari tahu event-event khusus yang seringkali diadakan oleh museum ini. Belum lagi area-area khusus bagi anak-anak.

Yang jelas menurut kami Museum MACAN bukan hanya menyediakan pajangan, namun juga aktivitas serta kegiatan-kegiatan yang pastinya sayang apabila kamu lewatkan. Belum lagi 1/15 Coffee Shop yang menyediakan pemandangan yang luar biasa indah, yang masih merupakan bagian dari Museum MACAN.

Nah, hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp50.000,- untuk dewasa, Rp40.000,- untuk pelajar dan lansia, serta Rp30.000,- untuk anak-anak kamu bisa menikmati keindahan museum yang terletak di AKR Tower Kebon Jeruk ini!

Tunggu apalagi, gak melulu kan berwisata di DKI Jakarta yang padat penduduk ini harus selalu diisi dengan mall, hiburan malam, hingar bingar, hingga wisata dari satu café ke café lainnya. Karena toh bila mau mengeksplorasi Jakarta, kita bisa menemukan tempat-tempat antimainstream di Jakarta!

Baca Juga 20 Tempat dengan Pemandangan Terindah, Wisata di Bogor untuk Short Escapemu!

Komentar

Artikel Terkait
Umum 7 Sep 2020

Ini Dia Persiapan Untuk Memulai Bisnis Online

Apakah saat ini Anda berencana untuk memulai bisnis online? Memulai bisnis memang bukan hal yang mudah karena ada beberapa risiko yang akan dihadapi. Namun, bila Anda melakukan persiapan dengan matang serta memiliki keberanian untuk mencoba maka kedua hal tersebut sudah menjadi modal yang sangat baik.  Dengan begitu, risiko kegagalan usaha akan dapat diminimalkan sebaik mungkin. […]

Umum 5 Aug 2020

Kesalahan Dalam Memulai Bisnis Franchaise

Saat ini, banyak pebisnis yang mempertimbangkan franchise sebagai salah satu pilihan menggiurkan. Mungkin Anda sekarang juga tertarik untuk menjalankan waralaba. Beberapa alasan yang dapat meyakinkan Anda adalah sistem waralaba lebih mudah dijalankan serta cenderung mudah untuk dipromosikan.  Selain itu modal yang diperlukan bisa dimulai dari modal yang kecil dahulu. Bila Anda berminat untuk berinvestasi melalui […]

Umum 5 Aug 2020

Cara Memulai Bisnis Dari Nol dan Tetap Menjanjikan

Lebaran menjadi momen yang paling ditunggu oleh kebanyakan orang di tanah air. Dalam momen tersebut setiap orang bisa berkumpul bersama keluarga. Apalagi bagi mereka yang bekerja di luar kota akan pulang kampung demi menyambut momen menggembirakan tersebut. Sayangnya, jika tidak cermat pengeluaran justru membengkak usai hari raya berakhir.  Masyarakat Indonesia di berbagai penjuru biasanya memiliki […]