Tips Booking Tiket Kereta Api yang Sudah Teruji!

Fakhri Zahir
30 Sep 2019

Kereta api saat ini merupakan salah satu moda transportasi yang cukup digemari di Indonesia. Apalagi sejak dilakukannya reformasi per-kereta api-an di Indonesia oleh Ignasius Jonan, banyak orang-orang yang belum menikmati kereta api menjadi penggemar setia kereta api.

Hal ini amatlah wajar, karena di tengah kendaraan yang hiruk pikuk di Indonesia, moda transportasi umum dengan kapasitas tinggi dan daya jelajah yang jauh secara otomatis menjadi pilihan utama.

Karena itu pula, dalam beberapa tahun terakhir mulai banyak start up dan website-website khusus yang menyediakan jasa booking tiket kereta api. Dulu sih memang banyak yang murah-murah, tapi bagaimana sekarang?

Tetap ada kok, selama Anda tahu tips booking tiket kereta api supaya murah yang akan kami bagikan sekarang!

Cara Booking Tiket Kereta Api Online

Sebelum membaca beberapa tips booking tiket kereta api yang murah berikut ini, ada baiknya pertama-tama Anda memahami terlebih dahulu bagaimana cara booking tiket kereta api online di tahun 2019 ini!

Pilih laman situs booking tiket kereta api – pertama-tama Anda bisa mencari layanan booking tiket kereta api yang terpercaya di Indonesia. Sejak perbaikan layanan kereta api, banyak layanan booking tiket kereta api online bermunculan.

Beberapa laman situs booking kereta yang bisa Anda manfaatkan layanannya adalah sebagai berikut ini:

  1. Laman situs resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero)
  2. Laman situs resmi Tiket.com
  3. Laman situs resmi milik Traveloka
  4. Laman situs resmi pegipegi
  5. Laman situs resmi misteraladin
  6. Laman situs resmi milik Tokopedia

Selain itu pun sebenarnya masih ada banyak laman-laman situs yang khusus menyediakan jasa booking tiket kereta api secara online. Anda bisa langsung mengeceknya, sesuai dengan pengalaman Anda ya!

Mengisi data yang diminta – setelah menemukan laman situs yang Anda percaya dan Anda rasa nyaman, Anda bisa langsung melakukan pemesanan tiket kereta api secara online. Pertama-tama tentu saja Anda harus memilih rute kereta api, serta tanggal keberangkatan.

Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi data penumpang yang akan berangkat menggunakan kereta api tersebut. Jangan lupa untuk memasukkan nomor kontak ataupun email yang bisa dihubungi.

Setelah mengisi data diri Anda bisa langsung mengisi data kursi yang ingin Anda pilih. Anda bisa memilih kursi-kursi tertentu yang menurut Anda nyaman. Terakhir jangan lupa menyelesaikan pembayaran ya.

Secara umum sih langkah-langkah di atas merupakan langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan booking tiket kereta api online dengan memanfaatkan laman situs online booking apapun, kira-kira sih akan mirip saja.

Dengan cara ini Anda sudah bisa deh melakukan booking tiket kereta api. Tapi pertanyaannya bagaimana cara booking tiket kereta api supaya murah? Kami punya tips nya!

#1 Rencanakan Perjalanan dari Jauh-Jauh Hari

peta

Tips pertama dari kami adalah dengan merencanakan perjalanan dengan kereta sejak jauh-jauh hari. Alasannya sederhana saja, lebih baik Anda mengikuti tanggal tiket kereta termurah daripada harus mencari tiket murah di tanggal yang telah Anda rencanakan.

Dengan berencana sejak jauh hari, Anda pasti akan lebih leluasa dan lebih longgar untuk mengikuti tanggal tiket kereta paling murah. Setelah itu barulah Anda bisa merencanakan terkait cuti dan pekerjaan yang akan Anda tinggalkan.

Memang cara ini agak aneh, karena seringnya orang-orang menentukan tanggal terlebih dahulu lalu mencari tiket kereta api di tanggal yang bersesuaian. Namun dengan cara ini tentu saja Anda akan kesulitan untuk mencari tiket kereta api yang murah, apalagi bila tanggal tersebut bertepatan dengan libur dan hari raya besar.

#2 Rajinlah Meng-update Informasi Seputar Tiket Kereta Api

travel fair

Cara termudah untuk mendapatkan tiket murah adalah dengan selalu mengupdate informasi seputar tiket kereta api. Hal ini karena biasanya informasi mengenai tiket-tiket murah tidak selalu digembar-gemborkan.

Pun ada, biasanya tiket-tiket murah macam ini akan diserbu banyak orang di awal-awal hari promosi. Oleh karena itulah Anda sebagai calon penumpang kereta api yang harus aktif dalam mencari informasi seputar tiket kereta api murah.

Anda bisa mencari dengan sekadar berkeliling di forum-forum travel yang seliweran di Internet, atau semudah berkeliling di laman-laman situs penyedia tiket kereta api online yang juga banyak di internet.

Lebih jauh lagi, Anda boleh menjadi anggota aktif di forum yang berisi para traveler. Biasanya sih para traveler ini tidak akan segan-segan satu sama lain untuk saling membagi informasi mengenai tiket-tiket perjalanan yang murah.

Terakhir, untuk mengupdate informasi yang Anda punya mengenai tiket berharga murah. Anda bisa sering-sering mendatangi expo perjalanan ataupun mendatangi pameran-pameran travel yang (juga) sering dilakukan di Indonesia.

Karena umumnya pasar tiket-tiket promo murah ini adalah para traveler, tidak heran kalau PT KAI dan banyak situs penyedia tiket kereta online ini menjual tiket kereta di pameran-pameran traveling.

#3 Manfaatkan Promo Situs Traveling

promo tiket kereta

Mirip dengan poin 2, bedanya promo-promo di situs traveling ini sifatnya terbuka dan iklannya pun ‘jor-joran’. Risikonya tentu saja Anda akan berebut tiket murah ini dengan banyak traveler lainnya di luar sana, hasilnya ya tentu saja Anda akan lebih sulit mendapat tiket murah disini.

Tapi bila dapat, kami jamin deh promo yang akan Anda dapatkan barangkali akan sulit Anda temukan di tempat lain. Karena biasanya promo-promo resmi yang diselenggarakan oleh situs penyedia tiket kereta api online biasanya cukup ‘gila’ dan menarik.

Oleh karena itulah bila mendapati iklan mengenai tiket kereta api promo, jangan sia-siakan kesempatan ini. Karena kemungkinan Anda tidak akan mendapatkannya lagi di hari lain, berhubung peminatnya amat tinggi.

Lalu kembali ke prinsip pertama, yang penting dapat tiket murah barulah sesuaikan jadwal harianmu terhadap tiket tersebut. ‘Gak usah ribet terkait jadwal cuti dan pekerjaan, karena kalau kebanyakan mikir soal jadwal kerja tentu Anda akan sulit mendapatkan tanggal yang sesuai.

#4 Follow IG Resmi PT KAI Persero di @kai121_

Masih mirip dengan poin kedua dan ketiga, kunci untuk mendapatkan tiket kereta api online murah adalah dengan mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya. Salah satunya adalah dengan mem-follow akun Instagram resmi milik PT KAI Persero.

Karena, menariknya, ternyata PT KAI Persero sendiri rajin memberikan tiket-tiket promo yang menggiurkan loh. Selain itu seringkali PT KAI Persero juga memberikan informasi terkait pemesanan tiket di waktu-waktu khusus, misalnya saat lebaran.

Nah dengan memegang banyak informasi semacam ini tentu saja kesempatan Anda untuk mendapatkan tiket kereta api online dengan lebih murah akan semakin terbuka lebar. Manfaatkan setiap kesempatan yang bakal muncul!

#5 Turun Kelas

kereta ekonomi baru

Anda yang biasa duduk di bangku eksekutif dan bisnis, tidak ada salahnya loh untuk melakukan turun kelas. Dari eksekutif ke kelas bisnis, atau malah lebih ekstreme lagi langsung turun ke kelas ekonomi.

Karena pada dasarnya perbedaan kelas kereta di zaman sekarang tidak terlalu signifikan kok, tapi tetap ya perhatikan juga kenyamanan. Anda yang terbiasa duduk di kelas eksekutif, pasti akan sakit punggung dan pinggang bila harus duduk di kelas ekonomi dengan perjalanan lebih dari 6 jam.

Tapi untuk perjalanan jarak dekat yang memakan waktu 2 hingga 4 jam saja, menurut kami tidak ada salahnya loh. Apalagi bila perjalanan tersebut melibatkan banyak orang, sehingga tidak akan terasa membosankan.

Kalau tidak mau ambil risiko, ya cukup turun kelas ke kelas bisnis. Tapi prinsipnya sih, bila memang uang terbatas namun ingin jalan-jalan ya tidak ada salahnya menurunkan gengsi demi tiket yang jauh lebih murah.

#6 Pelajari Tanggal-Tanggal High Season Peak

jip bromo

Repot tapi menurut kami merupakan salah satu cara yang paling efektif. Anda bisa memperhatikan tanggal-tanggal dimana tiket kereta api melonjak, dan tanggal-tanggal dimana terdapat banyak promo serta harga tiket kereta api turun drastis.

Catat tanggal-tanggal tersebut dan kalau memungkinkan Anda boleh lakukan analisis terkait naik turun harga tiket kereta api tersebut. Bila sudah Anda bisa deh coba perkirakan di tahun depan, kapan kira-kira harga tiket kereta akan turun drastis.

#7 Pesan Tiket Kereta Api dengan Kode X, Y, dan Z

tiket kereta api

Salah satu rahasia yang tidak diketahui oleh banyak orang adalah beberapa kode promo sub class kereta, yakni kode X, kode Y, dan kode Z. Kode ini sudah dikonfirmasi kebenarannya melalui staff PT KAI Persero di koran kompas online.

Nah dengan memanfaatkan informasi kode ini, Anda bisa mendapatkan diskon paling banyak 40% dari harga tiket aslinya loh. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara menemukan kode tiket semacam ini?

Mudah saja, pertama-tama Anda bisa langsung melakukan pemesanan tiket seperti yang kami jelaskan sebelumnya. Setelah itu Anda cukup mencari sub class tiket dengan kode huruf X, Y, ataupun Z.

Komentar

Artikel Terkait
Kereta 30 Sep 2019

Tips Booking Tiket Kereta Api yang Sudah Teruji!

Kereta api saat ini merupakan salah satu moda transportasi yang cukup digemari di Indonesia. Apalagi sejak dilakukannya reformasi per-kereta api-an di Indonesia oleh Ignasius Jonan, banyak orang-orang yang belum menikmati kereta api menjadi penggemar setia kereta api. Hal ini amatlah wajar, karena di tengah kendaraan yang hiruk pikuk di Indonesia, moda transportasi umum dengan kapasitas […]

Kereta 29 Mar 2019

Harga Tiket Kereta Bandara Terbaru 2019!

Penggunaan kereta bandara sedang ramai digunakan masyarakat Indonesia disekitar Jakarta, pasalnya moda transportasi ini telah menyita banyak perhatian khalayak. Banyak orang yang tertarik untuk mecoba transportasi kereta yang bisa mengantar Anda ke bandara seperti di negara-negara maju. Sebelum Jakarta ada kereta bandara, Medan sudah lebih dulu menciptakan moda transportasi yang sama yaitu kereta bandara Kualanamu. […]