4 Tips Maksimalkan Iklan Digital Untuk Menghadapi Pandemi

Dwi Arianto
5 Aug 2020

Di tengah pandemi COVID-19, iklan digital terasa seperti angin segar yang dapat membantu para pelaku usaha untuk dapat memastikan bisnisnya terus berjalan. Dengan memasang iklan, pelaku usaha dapat tetap memasarkan produk meski pelanggan setianya tetap berada di rumah untuk mengikuti imbauan serta aturan pemerintah dalam menekan penyebaran COVID-19. Naamun, agar hasil yang bisa didapatkan dengan memasang iklan bisa lebih efektif lagi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai beriklan di platform-platform digital.

1. Memilih platform paling tepat bagi pelanggan setia

Pembatasan aktivitas yang diterapkan untuk menghindari dampak terburuk wabah corona membuat orang tak banyak keluar rumah. Itulah mengapa memasang iklan di platform digital merupakan ide cemerlang karena kebanyakan dari mereka justru menghabiskan waktu di media-media sosial serta platform digital selama melakukan swakarantina.

Meski demikian, kamu juga perlu mengetahui platform mana yang paling banyak digunakan pelangganmu untuk melewatkan waktu. Mereka yang berusia tua, misalnya, akan lebih banyak bermain di Facebook, sementara anak-anak muda lebih menggemari Instagram atau Twitter. Pilih platform yang sesuai dengan karakteristik pelanggan yang kamu targetkan agar iklan yang dipasang tidak sia-sia.

2. Menentukan segmen untuk iklan yang ingin dipasang

Kebanyakan platform digital kini juga sudah dilengkapi dengan fitur analitik, sehingga kamu dapat menyesuaikan sendiri sasaran iklan yang ingin dipasang. Misalnya saja, jika selama ini produk yang kamu pasarkan lebih banyak dibeli oleh segmen usia tertentu, kamu bisa memilih agar iklan yang kamu pasang hanya ditampilkan di akun media sosial pengguna dengan segmen usia tersebut.

Selain usia, kamu juga bisa menyesuaikan segmen iklan berdasarkan pekerjaan pelanggan potensial. Kenali segmen terbaik untuk produk yang ingin kamu pasarkan agar capaian iklan yang dipasang bisa lebih maksimal. Jika kamu ingin memasarkan peralatan memasak, pilih agar iklanmu ditampilkan untuk ibu rumah tangga atau koki yang lebih potensial untuk melakukan pembelian.

3. Mengatur anggaran untuk pemasangan iklan

Berbeda dengan media-media iklan konvensional, harga untuk iklan yang dipasang di media digital tidak tetap. Kamu dapat menentukan sendiri anggaran iklanmu dengan mengatur durasi penayangan. Model anggaran semacam ini tentunya akan sangat membantu dalam menghadapi wabah corona di mana kamu harus memastikan bahwa setiap pengeluaran dapat seefektif mungkin.

Tak perlu memasang iklan setiap saat yang tentunya akan membuat biaya membengkak, padahal kamu juga harus berhemat hingga pandemi ini segera berlalu. Atur agar iklan ditayangkan di waktu yang sesuai dengan segmen pelangganmu. Jika pasar yang kamu targetkan adalah ibu rumah tangga, contohnya saja, pilih waktu penayangan di siang menjelang sore hari, atau ketika pekerjaan rumah umumnya sudah diselesaikan dan ibu rumah tangga yang kamu sasar memiliki waktu luang untuk bersantai. Anggaran untuk iklan pun bisa tetap efisien di tengah pandemi ini.

4. Jadikan iklan untuk menyorot promo di tengah wabah corona

Menjelang momen-momen lebaran seperti sekarang ini, kamu mungkin ingin mengeluarkan promo yang berhubungan dengan bulan puasa. Mulai dari mengeluarkan hampers lebaran, parsel, atau potongan harga khusus bulan puasa. Atau, bisa juga kamu meningkatkan penjualan dengan melakukan bundling produk yang dipasarkan menjadi program sedekah untuk kurir pesan-antar, khususnya bagi pembeli yang memesan secara online untuk mengikuti imbauan berdiam di rumah. Gunakan iklan di platform digital untuk memberikan highlight pada program-program serta promo menarik tersebut.

Berbeda dengan konten reguler, iklan atau konten berbayar akan diposisikan pada titik-titik strategis yang menarik perhatian pengguna media sosial. Dengan demikian, jangkauan promo yang kamu luncurkan pun akan semakin luas, dan potensi penjualan produk juga dapat ditingkatkan.

Sayang, kan, jika sudah merancang promo yang menarik, tetapi pelangganmu tidak mengetahuinya karena mereka tak bisa keluar rumah? Memasang iklan akan memastikan promo yang sudah kamu buat tidak tenggelam di antara posting-posting media sosial lainnya.

Komentar

Artikel Terkait
Tips 7 Sep 2020

Apa Sih Manfaat Kredit Tanpa Agunan (KTA)?

Istilah KTA atau Kredit Tanpa Agunan sudah akrab di telinga kita. Sepertinya hampir semua orang mengetahui apa itu KTA. Dari kepanjangannya saja kita sudah bisa menebak pengertiannya. KTA atau Kredit Tanpa Agunan adalah pemberian pinjaman atau kredit tanpa memerlukan persyaratan adanya jaminan apapun kepada pihak pemberi pinjaman, yang biasanya bank.  KTA seakan menjadi favorit orang […]

Tips 7 Sep 2020

Ini Dia Persiapan Untuk Memulai Bisnis Online

Apakah saat ini Anda berencana untuk memulai bisnis online? Memulai bisnis memang bukan hal yang mudah karena ada beberapa risiko yang akan dihadapi. Namun, bila Anda melakukan persiapan dengan matang serta memiliki keberanian untuk mencoba maka kedua hal tersebut sudah menjadi modal yang sangat baik.  Dengan begitu, risiko kegagalan usaha akan dapat diminimalkan sebaik mungkin. […]

Tips 7 Sep 2020

Cara Mendapatkan Pinjaman Untuk Modal Usaha

Anda jenuh bekerja di suatu perusahaan dan mau merintis usaha sendiri serta menjadi wirausaha? Dalam artikel ini akan dibahas 5 cara mendapatkan pinjaman uang untuk modal usaha. Tentu tidak akan mudah memulai suatu usaha baru, banyak tantangan yang menyertai. Baik tantangan saat akan memulai, tantangan saat menjalani, maupun tantangan di masa depan. Yang akan dibahas […]