Tips Mengatur Uang Agar Hemat Selama WFH

Dwi Arianto
24 Jul 2020

Sebagian orang mungkin senang dengan kebijakan work from home, pasalnya mereka jadi bisa menghemat biaya transport. Tapi ada juga yang mengeluh dan mengaku kebijakan itu malah membuat pengeluaran mereka membengkak.

Hal tersebut biasanya terjadi akibat gaya hidup konsumtif selama work from home seperti order kopi fancy setiap hari atau mungkin belanja online terus-terusan. Nah biar tak kebobolan, berikut ini beberapa tips yang bisa bantu kamu mengatur keuangan selama work from home.

Apa aja sih, yuk disimak!

1. Disiplin dengan anggaran bulanan yang sudah ada

Hal yang paling penting dilakukan dalam mengatur keuangan selama work from home adalah disiplin dengan anggaran bulanan yang sudah direncanakan dengan rumus 50:30:20.

Prioritaskan penghasilan untuk membeli kebutuhan pokok, menabung dan dana darurat serta membayar cicilan.

Kamu juga bisa mengalokasikan sebagian dana transport untuk menambah jumlah dana darurat. Misalnya dana darurat yang biasanya kamu simpan Rp500.000 per bulan, nah selama work from home kamu bisa menambah jumlahnya dua kali lipat atau lebih.

Pasalnya, memiliki dana darurat yang ideal sangat penting di tengah situasi gawat akibat pandemi ini. Jumlah dana darurat yang ideal biasanya 3x dari penghasilan bulanan. Dengan memiliki dana darurat, kita bisa lebih siap menghadapi hal-hal tak terduga yang terjadi selama situasi ini.

Atau kamu juga bisa menggunakan sebagian dana darurat untuk melunasi cicilan, melakukan investasi dan berdonasi.

2. Simpan di rekening terpisah

Memiliki rekening lebih dari satu bisa memudahkan alokasi dana. Sebaiknya kamu membagi penghasilan di dua rekening terpisah. Rekening pertama untuk menyimpan kebutuhan pokok, cicilan utang.  Sedangkan rekening lainnya untuk dana darurat atau tabungan.

Selain itu kamu bisa menggunakan dompet digital untuk menyimpan dana untuk kebutuhan yang sifatnya ‘entertainment’ seperti membeli camilan atau membeli barang yang kamu inginkan. Anggaran untuk entertainment besarnya 20 persen dari penghasilan bulanan.

Usahakan jumlah tersebut cukup sampai tanggal yang ditentukan, ya!

3. Belanja dengan bijak

Di tengah pandemi ini, kita harus tetap rasional dalam berbelanja. Jangan sampai melakukan panic buying dan membeli kebutuhan pokok dalam jumlah besar sekaligus.

Selain tidak bijak, panic buying bisa saja membuat kita membeli barang-barang di luar daftar belanja yang malah membuat kita jadi boros.

4. Manfaatkan promo

Rajin-rajinlah mencari informasi tentang promo dan diskon. Kamu bisa mencarinya di e-commerce atau mengecek langsung di media sosial produk yang sedang dicari. Manfaatkan juga voucher gratis ongkir yang banyak ditawarkan e-commerce.

Namun,  jangan biarkan  promo-promo tersebut membuatmu kalap dan akhirnya  membeli barang-barang yang tidak begitu penting. Kalau sampai dituruti, bukannya hemat, kamu malah jadi kebobolan.

Komentar

Artikel Terkait
Tips 24 Jul 2020

Cara Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home!

Di tengah pandemi yang virus corona yang sedang merebak di Indonesia dan diprediksi akan berakhir di bulan juli ini membuat banyak perusahaan untuk mengambil kebijakan supaya karyawannya bekerja dari rumah atau biasa disebut dengan Wok From Home. Selain beberapa perusahaan yang memilih kebijakan Work From Home juga ada beberapa perusahaan yang memilih untuk melakukan pemutusan […]

Tips 24 Jul 2020

Tips Mudah Mengelola Gaji Agar Tidak Boros

Jika Anda adalah salah satu pekerja yang memiliki gaji cukup besar, tapi gaji Anda selalu tidak bersisa? Itu adalah suatu indikasi bahwa manajemen keuangan Anda buruk dan membutuhkan cara untuk menyelamatkan kondisi finansial Anda. Sebelum membahas tentang cara menghemat penghasilan, ada baiknya jika Anda mengetahui dahulu apa sih kesalahan yang mengakibatkan hal tersebut sampai bisa […]

Tips 24 Jul 2020

Cara Bijak Mengelola Keuangan Bagi Pebisnis

Menjadi seorang pebisnis yang cerdas tentu harus memahami bagaimana membedakan keuangan pribadi dan bisnis. Hal ini perlu dilakukan supaya kondisi keuangan usaha stabil. Jangan tunggu sampai kondisi keuangan bisnis Anda kacau hanya karena tidak mampu mengelola keuangan dengan baik. Anda dapat mulai mencatat kebutuhan sehari-hari beserta budget yang akan dikeluarkan, dan menulis kebutuhan untuk operasional […]