Tips Mudah Mengelola Gaji Agar Tidak Boros

Dwi Arianto
24 Jul 2020

Jika Anda adalah salah satu pekerja yang memiliki gaji cukup besar, tapi gaji Anda selalu tidak bersisa? Itu adalah suatu indikasi bahwa manajemen keuangan Anda buruk dan membutuhkan cara untuk menyelamatkan kondisi finansial Anda.

Sebelum membahas tentang cara menghemat penghasilan, ada baiknya jika Anda mengetahui dahulu apa sih kesalahan yang mengakibatkan hal tersebut sampai bisa terjadi.

Tidak Punya Catatan Pengeluaran

Jika Anda berpikir bahwa uang yang keluar yang masuk dan keluar itu tidak perlu dicatat selama Anda mengetahuinya itu adalah kesalahan besar dan faktor yang membuat uang Anda cepat habis. 

Membuat catatan keuangan dapat membantu Anda melacak penggunaannya dengan pasti tanpa hanya mengira-ngira saja.

Tidak Memiliki Prioritas

Tidak memiliki skala prioritas juga termasuk kesalahan yang cukup fatal dalam mengelola keuangan. Jika Anda tidak memiliki prioritas, itu akan membuat Anda tidak mengetahui mana yang bersifat penting dan tidak.

Akhirnya, Anda dengan mudah menggelontorkan uang yang membuat penghasilan Anda akan cepat habis. Faktor ini juga menjadi kebiasaan buruk para milenial.

Mengikuti Perkembangan Teknologi

Hidup di era teknologi yang sangat maju seperti sekarang ini memiliki banyak tantangan yang berpengaruh pada stabilitas keuangan. Salah satunya adalah hasrat untuk ganti gadget, hal tersebut jelas menjadi penyebab krisis keuangan Anda.

Berlangganan Kartu Kredit

Kartu kredit banyak digandrungi kaum milenial di masa sekarang karena memberikan kepraktisan/kemudahan dalam bertransaksi. Padahal, kemudahan ini justru berdampak gaji jika Anda tidak bisa kontrol penggunaan kartu kreditnya.

Apalagi jika limit kartu kredit Anda cukup besar. Padahal saat melunasi tagihan, Anda masih dikenakan berbagai biaya tambahan.

Tips Mengelola Gaji Agar Tidak Boros

Nah setelah Anda mengetahui apa saja faktor yang membuat gaji Anda cepat habis, kini saatnya Anda menghemat. Berikut ini adalah tips sederhana untuk menghemat gaji Anda agar tidak cepat habis:

Membuat Catatan Pengeluaran

Hal yang paling utama dalam mengatasi keuangan agar tidak boros pastinya adalah membuat catatan pengeluaran. Kini sudah banyak aplikasi wallet online yang bisa Anda gunakan untuk mencatat pengeluaran dana Anda.

Dengan begitu Anda bisa memantau pengeluaran keuangan dengan lebih terarur dan mengetahui dimana pengeluaran terbesarnya.

Membuat Daftar Kebutuhan

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat daftar prioritas kebutuhan secara mendetail. Anda bisa memisahkan atau mengkatogarikan menjadi dua yaitu kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder.

Kebutuhan pokok atau primer yang harus diutamakan, sedangkan untuk keperluan sampingan bisa Anda beli ketika mendesak saja. 

Alokasikan Tabungan di Awal Bulan

Untuk Anda yang ingin menabung, ada baiknya jika Anda mengalokasikan sebagian dari gaji untuk segera ditabungkan setelah Anda menerimanya.

Besarnya nominal yang ingin Anda tabungkan juga bisa di atur sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda yang lain. Akan lebih baik jika Anda bisa menyisihkan dalam jumlah yang agak banyak agar biaya pengeluaran pribadi bisa Anda tekan.

Kurangi Menimbun Uang di e-wallet

Salah satu yang harus Anda kurangi bahkan hindari adalah menimbun uang di e-wallet seperti Gopay, OVO dan juga Dana. Karena jika Anda terlalu sering menimbun uang di e-wallet justru akan membuat kondisi keuangan Anda semakin boros.

Secara tidak sadar Anda akan membeli ini itu yang tidak prioritas dengan sangat mudah dan membayar melalui e-wallet yang tertera di atas.

Komentar

Artikel Terkait
Tips 24 Jul 2020

Cara Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home!

Di tengah pandemi yang virus corona yang sedang merebak di Indonesia dan diprediksi akan berakhir di bulan juli ini membuat banyak perusahaan untuk mengambil kebijakan supaya karyawannya bekerja dari rumah atau biasa disebut dengan Wok From Home. Selain beberapa perusahaan yang memilih kebijakan Work From Home juga ada beberapa perusahaan yang memilih untuk melakukan pemutusan […]

Tips 24 Jul 2020

Tips Mudah Mengelola Gaji Agar Tidak Boros

Jika Anda adalah salah satu pekerja yang memiliki gaji cukup besar, tapi gaji Anda selalu tidak bersisa? Itu adalah suatu indikasi bahwa manajemen keuangan Anda buruk dan membutuhkan cara untuk menyelamatkan kondisi finansial Anda. Sebelum membahas tentang cara menghemat penghasilan, ada baiknya jika Anda mengetahui dahulu apa sih kesalahan yang mengakibatkan hal tersebut sampai bisa […]

Tips 24 Jul 2020

Cara Bijak Mengelola Keuangan Bagi Pebisnis

Menjadi seorang pebisnis yang cerdas tentu harus memahami bagaimana membedakan keuangan pribadi dan bisnis. Hal ini perlu dilakukan supaya kondisi keuangan usaha stabil. Jangan tunggu sampai kondisi keuangan bisnis Anda kacau hanya karena tidak mampu mengelola keuangan dengan baik. Anda dapat mulai mencatat kebutuhan sehari-hari beserta budget yang akan dikeluarkan, dan menulis kebutuhan untuk operasional […]