Usaha Sampingan Untuk Karyawan Swasta

Fakhri Zahir
10 Feb 2020

Memiliki usaha sampingan barangkali merupakan cita-cita banyak karyawan swasta sejak zaman dulu. Sayangnya di zaman dulu kesempatan bagi para karyawan untuk membuka usaha sampingan tentu saja jauh lebih kecil dan jauh lebih sulit dibandingkan zaman sekarang.

Hal ini diakibatkan oleh perkembangan teknologi informasi yang saat ini berkembang dengan pesat. Perkembangan teknologi informasi yang amat cepat ini diikuti dengan perkembangan e-commerce, pembayaran digital, dan transaksi online yang juga cepat.

Hal inilah kemudian yang membuat ekosistem bisnis digital menjadi baik dan membuka kesempatan bagi karyawan swasta untuk membuka usaha sampingan dengan mudah dan jauh lebih efektif.

Nah tapi tenang saja, meski demikian kami akan coba ulas beberapa usaha sampingan untuk karyawan swasta yang boleh dicoba. Baik itu bisnis online ataupun bisnis offline.

Baca Juga Tips Dropship biar Tajir, Dropship vs Reseller, Usaha Sampingan yang Mudah

Syarat Usaha Sampingan Untuk Karyawan

Karena karyawan tentu memiliki kesibukannya sendiri, tentu saja ada beberapa persyaratan usaha yang cocok untuk dijadikan usaha sampingan bagi kamu para karyawan. Berikut ini adalah syaratnya:

  1. Modal minimal – karena sebagai karyawan biasanya memiliki penghasilan yang fix alias tetap per bulannya, sebisa mungkin kamu harus mencari bisnis yang memiliki modal relatif minimal. Apalagi bila kamu masih minim ilmu bisnis, alasannya adalah agar terhindar dari kerugian yang besar bila bisnis yang kamu jalani gagal.
  2. Bisa dipantau dari jarak jauh (remote) – barangkali banyak yang berpikir kalau semua bisnis bisa dipantau dari jauh. Anggapan ini memang benar tapi tidak bisa diaplikasikan 100% untuk seluruh bisnis. Apalagi kalau kamu masih baru dan merintis di dalam dunia bisnis. Ada beberapa bisnis yang mengharuskan pemiliknya untuk rajin-rajin cek dan turun langsung, tapi ada beberapa bisnis yang memungkinkan pemiliknya untuk memantau dari jauh. Saran kami pilihlah beberapa bisnis yang memang bisa dipantau dari jauh dengan mudah.
  3. Mudah untuk dikerjakan orang lain – maksudnya adalah agar kamu bisa dengan mudah menari karyawan. Biar bagaimanapun berbisnis pada akhirnya membutuhkan karyawan, kecuali memang kamu hanya ingin bisnis skala kecil. Bisnis yang terlalu rumit akan membuatmu sulit mencari karyawan, kecuali kamu memiliki modal untuk membayarkan gaji yang besar, tapi sepertinya sulit bukan?
  4. Online – meski tidak mutlak, bagi kamu para karyawan yang baru ingin mencoba berbisnis untuk mendapatkan penghasilan sampingan kami sarankan untuk mencoba bisnis online di awal. Bila sudah yakin dan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman barulah bisa mencoba bisnis offline.
  5. Jangan berbisnis dengan rekan kerja – percaya atau tidak salah satu aturan tak tertulis di dalam bisnis adalah jangan berbisnis dengan orang yang berada dekat dengan kita, kecuali kamu memang benar-benar yakin. Tujuannya adalah untuk meminimalisasi konflik yang mungkin terjadi.

Nah berbekal lima poin sederhana tadi kami sudah coba merangkum beberapa usaha sampingan untuk karyawan yang bisa mendatangkan penghasilan tamhahan yang tinggi namun bisa dilakukan dengan mudah.

#1 Penulis Lepas

Menjadi penulis lepas merupakan salah satu usaha sampingan yang cukup menghasilkan namun tidak terlalu disukai oleh banyak orang. Hal ini karena untuk menjadi penulis lepas kamu wajib memiliki kemampuan spesifik berupa menulis tulisan, sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

Kamu yang menjadi penulis lepas di dalam website otomotif misalnya tentu wajib memiliki kemampuan untuk menulis hal-hal perihal otomotif dengan baik dan yang terpenting menarik sehingga bisa meningkatkan traffic website si pemilik.

Lain hal nya bila kamu yang memutuskan untuk menjadi penulis kata-kata untuk periklanan alias copywriting. Tentu kamu harus memiliki kemampuan bahasa yang baik dan sedemikian rupa sehingga bisa mempersuasi orang untuk membeli brand si pemilik produk tersebut.

Adalagi jenis penulis lepas yang bisa menghasilkan banyak uang, namun memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Yakni dengan menjadi ghostwriter alias penulis lepas bagi orang-orang tertentu yang ingin membuat buku namun tidak tahu cara menuangkan ide mereka ke dalam buku tersebut.

Intinya semakin tinggi tuntutan dan tingkat kesulitannya maka semakin banyak pula kemungkinan uang yang bisa kamu dapatkan. Hanya saja seluruhnya membutuhkan portfolio agar kamu cukup dipercaya klien, sehingga orang-orang ingin menggunakan jasamu.

#2 Desainer Grafis Lepas

Usaha sampingan yang kedua ini juga tidak membutuhkan waktu yang banyak, modal yang besar, dan bisa dikerjakan sendiri tanpa harus menyewa karyawan. Namun syaratnya sama seperti menjadi penulis lepas dimana kamu harus (tentu saja) memiliki keterampilan desain grafis.

Menariknya saat ini kamu bisa memilih apakah ingin menjadi desainer grafis lepas bagi klien-klien tertentu yang artinya kamu harus bisa memasarkan dan mengiklankan diri kamu sendiri sehingga bisa mendapatkan berbagai macam klien.

Atau sekadar menjadi bounty hunter alias mencari kompetisi-kompetisi desainer yang bertebaran di internet. Kamu bahkan bisa mengikuti kompetisi yang diselenggarakan di luar negeri loh untuk yang satu ini.

Dari segi pendapatan tentu memiliki klien pribadi akan jauh lebih besar. Akan tetapi bila kamu cukup lihai memenangkan berbagai macam lomba, kamu pun bisa mendapatkan banyak uang dari sana.

Intinya kamu yang ingin memiliki proyek dengan kuantitas rendah namun tinggi tuntutan dan penghasilan bisa mencari klien pribadi, dan kamu yang ingin proyek dengan kuantitas tinggi namun tanpa tuntutan dan penghasilan yang relatif lebih rendah bisa mencari proyekan di internet.

#3 Bisnis Dropshipping

Bisnis dropshipping merupakan salah satu model bisnis yang baru berkembang 5-10 tahun ke belakang. Sistemnya memungkinkan kamu untuk menjual barang langsung dari supplier hingga ke konsumen, tanpa harus melakukan stok barang.

Tantangan untuk menjadi pelaku dropshipping adalah mencari supplier terpercaya dengan kualitas barang baik, harga yang relatif terjangkau, namun masih rasional dan layak untuk dijual kepada para calon konsumen.

Bila sudah menemukan supplier yang terpercaya maka tantanganmu selanjutnya adalah untuk mencari pasar. Mulai dari menentukan pasarmu, strategi marketing, hingga bila sudah cukup berkembang kamu harus mengetahui bagaimana cara mengedukasi pasarmu.

Pasalnya bila kamu tidak memiliki cukup ilmu untuk meng-handle situasi dengan konsumen maka dapat dipastikan kamu bisa mengalami stress atau kelelahan sebagai penjual. Karena setiap bisnis yang mengharuskan kamu tatap muka dengan orang banyak pasti akan membuatmu bertemu dengan berbagai macam manusia.

Meski tampak berat, keuntungan menjalani bisnis dropshipping adalah kamu tidak membutuhkan modal yang besar untuk bisa memulainya. Kamu bahkan bisa memulainya hanya dengan modal ratusan ribu saja.

Tapi tentu saja bila ingin memiliki keuntungan yang besar maka kamu harus bisa memulai dengan modal yang cukup besar pula. Tidak perlu terlampau besar, namun bisa kamu mulai di angka ratusan ribu hingga jutaan apabila sudah mulai paham seluk beluk dropshipping.

Lebih jauh lagi apabila kamu cukup berani untuk mengambil barang-barang dari luar negeri, kamu bisa melakoni bisnis dropshipping antar negara, seperti misalnya mengambil barang dari alibaba.com untuk kamu jual kembali di amazon.com.

Dengan cara ini diketahui kamu bisa meraup keuntungan ratusan juta rupiah hingga miliaran rupiah. Namun tentu saja kamu membutuhkan ketahanan mental, kemampuan negosiasi, serta ilmu manajemen dan pemasaran yang cukup untuk mulai di skala ini.

#4 Menjual Foto Online

Khusus untuk usaha sampingan nomor empat ini, kamu harus memiliki beberapa modal tambahan. Diantaranya adalah kreativitas yang tinggi untuk mengambil gambar yang baik, hingga peralatan kamera yang canggih.

Tapi sebenarnya tanpa kamera canggih pun kamu tetap bisa mengambil gambar yang baik kok, misalnya bila kamu memiliki kenalan yang memiliki peralatan kamera yang mumpuni. Siapa tahu bisa kamu pinjam untuk hunting foto.

Nah bila sudah mendapatkan cukup koleksi foto kamu bisa langsung menjualnya di beberapa situs online, misalnya fotolia.com, istockphoto.com, shutterstock.com, dreamstime.com, bigstock.com, hingga 123rf.com.

Namun bila kamu tidak cukup pede, kamu bisa mencari situs-situs lelang ataupun lomba fotografi online untuk menjadi seorang bounty hunter alias pencari ‘harta karun’. Bila kamu memiliki karya yang cukup baik, diketahui penghasilan yang bisa kamu dapatkan sebulannya mencapai jutaan rupiah loh!

#5 Jasa Editing Foto, Desain Grafis Online

Sama seperti menjadi penulis lepas, untuk bisa menawarkan jasa desain grafis online ini kamu harus memiliki kemampuan yang baik dan portfolio yang cukup. Bila tidak kamu bisa memulainya dari nol.

Kamu bisa mulai menjual jasamu kepada orang-orang terdekatmu. Percaya lah dari sana biasanya kamu akan mendapatkan jejaring-jejaring yang kelak bisa memberikanmu kesempatan untuk mendapatkan proyek besar.

Bila sudah mulai mendapatkan proyek besar, barulah kamu bisa percaya diri untuk menjual jasa editing foto dan jasa desain grafis online di internet. Karena biasanya memang orang yang menggunakan jasa desain grafis online akan melihat portfoliomu sebelum memutuskan memilih kamu.

Untuk jenis usaha sampingan yang satu ini meski sulit di awal, biasanya kamu bisa mendapatkan banyak klien bila sudah cukup terkenal. Mengingat di era media sosial seperti ini, visual merupakan salah satu komponen penting.

Bahkan percaya atau tidak kalau banyak artis-artis ataupun akun-akun korporat di Instagram yang menggunakan jasa desain grafis lepas dibandingkan harus menggaji desain grafis bulanan. Nah, jadi selama kamu mampu maka kesempatan itu akan terus terbuka.

#6 Menjadi Content Creator

Bicara soal content creator, kebanyakan dari orang awam pasti akan langsung memikirkan Youtuber dengan segala konten dan seni visual yang mereka punya. Padahal sebenarnya definisi content creator tidak sesempit itu lho.

Karena menurut kami content di internet sendiri bisa dibagi-bagi menjadi beberapa hal. Mulai dari audiovisual, audio, visual, hingga tulisan. Nah kamu bisa memilih untuk menyalurkan bakat dimanapun kamu bisa.

Hanya saja kesamaan dari semua pembuatan konten di internet ini adalah dibutuhkan kesabaran yang tinggi untuk membangun massa alias traffic. Dimanapun medium yang kamu gunakan untuk menyalurkan konten kreatifmu.

Kamu yang memiliki keahlian di bidang editing video dan animasi misalnya bisa menyalurkannya di medium Youtube dan Instagram. Sementara kamu yang memiliki keahlian di bidang audio bisa menyalurkan di medium Youtube, Instagram, hingga Soundcloud.

Lebih jauh lagi bila kamu bisa memberikan konten-konten dalam, misalnya deep talk, wawancara, dan heart to heart conversation maka bisa membuat konten-konten di Youtube ataupun podcast untuk dibagikan di Spotify, misalnya.

Nah sementara kamu yang memiliki keahlian menulis dengan baik maka bisa belajar apa yang disebut dengan SEO dan mulailah membangun website pertama mu.

Kalau dari sisi pendapatan, kecuali kamu setenar Atta Halilintar dan Ria Ricis, apapun mediumnya kamu bisa mendapatkan uang yang nominalnya tidak sedikit loh. Bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Tapi ingat lagi satu syarat utamanya, dibutuhkan kesabaran yang cukup tinggi untuk membangun traffic sehingga orang-orang mulai kenal dengan konten yang kamu buat dan mulai tertarik untuk setiap konten-konten selanjutnya.

#7 Membeli Franchise

Salah satu pilihan bagi kebanyakan karyawan saat ini adalah membeli franchise dengan harga antara Rp 1 juta hingga Rp 15 juta. Biasanya mereka menyesuaikan dengan modal yang mereka punya.

Nah untuk yang satu ini kami cukup merekomendasikan, hanya jika bila kamu memang pernah berbisnis sebelumnya. Atau bila kamu memiliki rekan yang bisa mengajarimu berbisnis sembari mengurus franchise pertama kamu.

Franchise memang nampak seperti jalan pintas yang bisa kamu pilih dengna mudah, sayangnya banyak orang yang terjebak dengan tawaran macam itu dan justru lupa belajar hal yang terpenting, yakni ilmu bisnis itu sendiri.

Biar bagaimana pun, tanpa memiliki secuil ilmu bisnis dan memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis yang keras ini merupakan salah satu langkah yang kurang bijaksana. Apalagi bila tujuannya adalah untuk mencari penghasilan tambahan.

Tapi bila memang kamu yakin dan sudah memiliki cukup ilmu, dan kemudian memutuskan untuk membeli franchise. Percayalah pada kami bahwa kemungkinannya akan sangat besar kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis ini.

#8 Menjadi Pengajar Privat

Untuk bisa menjadi pengajar privat yang baik dibutuhkan dua hal penting. Hal penting pertama adalah kemampuan dirimu tentu saja. Tanpa penguasaan materi pelajaran yang baik, apa yang ingin kamu ajarkan pada anak didikmu bukan?

Setelah itu kamu juga membutuhkan paparan yang cukup kepada siswa-siswa ataupun mahasiswa calon muridmu. Nah terakhir yang merupakan komponen tersulit adalah, kamu harus tahu dimana kamu bisa mencari muridmu.

Saran kami sih, kamu bisa menawarkan jasa mengajarmu kepada orang-orang terdekatmu. Misalnya kamu bisa mulai menawarkan jasa tersebut kepada rekan kerjamu yang sudah memiliki anak.

Dari sinilah nantinya kamu bisa membangun branding personal sehingga kemudian kamu akan dikenal sebagai pengajar privat yang baik. Caranya? Tentu saja bila anak didikmu kemudian bisa memiliki nilai yang tinggi, meningkat, dan bahkan bisa diterima di sekolah-sekolah favorit maka secara otomatis nama kamu akan menjadi terkenal dengan sendirinya.

Karena nantinya namamu akan tersebar dari mulut ke mulut. Awalnya sih bisa di sekolah tempat muridmu berada, tapi lama kelamaan pasti nama kamu sebagai pengajar privat yang handal bisa tersebar ke sekolah-sekolah lainnya.

#9 Menjadi Agen Pulsa dan Tiket Perjalanan

Sama seperti berjualan produk, di zaman sekarang untuk bisa menjadi agen pulsa dan agen tiket perjalanan bukanlah hal yang rumit dan sulit dilakukan. Hal ini lantaran menjamurnya perusahaan-perusahaan yang menawarkan orang awam untuk menjadi agen penjualan tiket dan pulsa secara online.

Tantangan selanjutnya bila sudah memutuskan untuk menjadi agen adalah bagaimana kamu bisa membangun pasar dan kemudian mengedukasi pasar yang kamu punya. Karena judulnya saja agen, tentu saja kamu tidak bisa bergantung penuh kepada konsumen langsung.

Kamu bisa mencari downline, tapi beda ‘loh’ dengan MLM. Kamu yang menjual pulsa misalnya, bila memiliki 10 orang downline pasti memiliki keuntungan di atas 10 kali lipat bila dibandingkan dengan hanya berjualan kepada konsumen langsung.

Sama seperti tiket agensi perjalanan, dimana kamu memang bisa sih menjual tiket tersebut kepada konsumen secara langsung. Tapi alangkah besarnya penghasilanmu bila kamu sukses mencari misalnya 10 orang di bawahmu yang ‘bertugas’ menjual tiket kepada konsumen secara langsung.

Untuk alasan inilah kamu harus pandai-pandai mengedukasi pasar. Bila kamu tidak memiliki SOP yang baik, dijamin deh sesama downline yang kamu punya bisa saling bertengkar dan akhirnya tentu hal yang dibenci oleh para supplier yakni perang harga.

#10 Menjadi Makelar Properti dan Kendaraan

Menjadi makelar di zaman sekarang menurut kami sudah berbeda dibandingkan bila menjadi makelar di masa lalu. Apalagi makelar di masa lalu identik dengan hal-hal yang cenderung negatif di dalam berjualan.

Di masa sekarang kamu bisa menjadi perantara jualan rumah dan mobil, hanya dengan bermodalkan jempol dan smartphone. Lihat saja akun-akun jualan mobil di Instagram yang menjamur.

Mulai dari akun khusus penjual BMW klasik, Mercy klasik, mobil-mobil bekas 5 tahun terakhir, hingga akun khusus penjual mobil-mobil mewah sekelas Bentley dan Lamborghini. Penjual rumah? Apalagi!

Sayangnya untuk memulai bisnis macam ini dibutuhkan keahlian khusus, yakni untuk berbicara dan berdiplomasi dengan orang lain. Dalam hal ini kamu harus mahir berbicara dan berdiplomasi serta bernegosiasi dengan si pemilik barang.

Belum lagi hal-hal teknis, misalnya seperti bagaimana cara memulai akun jualanmu, kemudian bagaimana cara membangun traffic, dan kemudian bagaimana cara beriklan dan berjualan dengan efektif.

Bila kamu sudah mencapai level tersebut, barulah kamu bisa merasakan nikmatnya menjadi makelar barang orang lain. Apalagi bila yang kamu jual barang-barang mahal seperti motor, mobil, dan bahkan rumah!

Baca Juga Apa itu Franchise? 24 Pilihan Franchise Mudah

Komentar

Artikel Terkait
Bisnis 7 Mar 2020

Panduan Membuat SOP yang Mudah dan Praktis

SOP atau standar operasional prosedur merupakan sebuah alat ataupun metode yang biasanya digunakan oleh suatu perusahaan agar segala sesuatu yang dilakukan oleh Karyawan mereka bisa lebih teratur dan memiliki acuan khusus. SOP yang merupakan acuan pekerjaan bagi para karyawan biasanya harus terlebih dahulu diteliti dan dikaji dengan detil untuk kemudian disahkan oleh pejabat yang memiliki […]

Bisnis 7 Mar 2020

Cara Membuat Kwitansi Pembayaran yang Baik

Berbisnis merupakan salah satu cara bagi kamu untuk belajar berbagai macam hal, karena di dalam berbisnis kamu dituntut untuk mengurus hal-hal yang barangkali tidak akan kamu urus bila kamu tidak pernah berbisnis. Dalam hal ini kami berbicara mengenai dokumen-dokumen, serta hal-hal yang terkait legalitas dari bisnis itu sendiri. Salah satu yang harus kamu urus ketika […]

Bisnis 7 Mar 2020

Cara Membuat Infografis yang Mudah dan Cepat

Infografis merupakan salah satu metode komunikasi yang cukup populer belakangan ini. Hal ini karena dengan kesederhanaan infografis ada banyak pesan yang bisa disampaikan kepada para pembacanya. Perlu diketahui keberadaan infografis sebenarnya baru diminati sekitar 1 hingga 2 dekade terakhir saja. Akan tetapi perkembangan yang begitu pesat membuat infografis saat ini bisa kita temui di semua […]