Usaha Sampingan Yang Mudah dan Menguntungkan

Fakhri Zahir
6 Jan 2020

Di era digital seperti saat ini mencari uang bisa jadi merupakan hal yang tidak terlalu sulit, tentu bagi orang yang jeli dan mau berusaha. Tidak heran kalau di era sekarang banyak ibu rumah tangga yang memiliki penghasilan sampingan yang melebihi gaji manajer di perusahaan swasta.

Bagi Anda yang sudah malang melintang di dunia bisnis informasi semacam ini barangkali merupakan informasi yang biasa-biasa saja bukan, karena kami yakin pasti Anda sudah sering menemukan peluang-peluang yang mudah untuk dijalankan macam ini.

Tapi bagi Anda yang sedang mencari ide untuk mulai bisnis pasti kaget mengetahui informasi ini. Lebih jauh lagi barangkali Anda bingung bisnis macam apa yang bisa dijadikan sampingan namun melebihi pendapatan gaji utama. Ini dia usaha sampingan yang mudah dan menguntungkan!

Baca Juga: Kerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa

Content Writing

Meski terdengar mentereng, tapi usaha sampingan ini diketahui sukses membuat banyak orang meraup pundi-pundinya sendiri. Bahkan bila Anda cukup lihai dan mahir dalam menulis Anda bisa mendapatkan uang melebihi gaji karyawan swasta di Jakarta.

Tapi apa sih sebenarnya content writing itu?

Pada dasarnya content writing merupakan usaha pembuatan konten dimana Anda bisa membuat konten tulisan untuk pemilik website yang kemudian akan membayarmu. Biasanya sih tujuannya untuk meningkatkan traffic dari website yang mereka punya.

Untuk itulah Anda harus bisa memiliki kemampuan menulis di atas rata-rata. Selain itu kekurangan dari bisnis ini adalah Anda harus tahan berada di bawah tekanan menulis setiap harinya karena tuntutan untuk terus menulis akan terus ada.

Biasanya para pemilik website melalui content manager mereka akan memberikan target tulisan spesifik setiap harinya untuk Anda tulis. Namun percayalah uang yang Anda dapatkan dari sini sudah amat cukup bahkan untuk hidup sebulan penuh di Jakarta!

Selain itu barangkali agak sulit bagi Anda yang jarang menulis sebelumnya untuk mulai terjun di dunia ini. Karena satu-satunya cara para content manager menyeleksi content writer adalah dengan melihat portfolio pekerjaan mereka sebelumnya.

Jasa Penerjemah

Bila zaman dahulu kebanyakan jasa penerjemah menawarkan embel-embel bersertifikat, atau berijazah, lain halnya dengan zaman sekarang. Saat ini banyak orang yang menawarkan jasa terjemah artikel bermodalkan portfolio yang Anda punya.

Apalagi bila Anda memang merupakan sarjana di bidang yang spesifik. Misalnya Anda merupakan sarjana sosial, pastilah akan lebih dipercaya bila membuka jasa terjemah artikel akademik di bidang sosial misalnya.

Namun sama seperti pekerjaan content writing bahwa menjadi penerjemah juga berarti harus siap dengan tekanan untuk menulis yang amat tinggi. Apalagi bila Anda memilih untuk menjadi penerjemah artikel akademik.

Kami jamin permintaan dari klien Anda pastilah amat tinggi dengan standar yang juga amat tinggi. Di sisi lain bila memang ini adalah pekerjaan sampingan Anda, berarti Anda harus siap untuk bekerja tanpa henti untuk menerjemahkan artikel disamping pekerjaan utama yang Anda punya.

Penghasilan? Memang bila dibandingkan dengan penerjemah profesional Anda tentu tidak bisa mematok harga yang cukup tinggi. Tapi boleh dibilang untuk menjadi penerjemah bisa menghasilkan uang yang lebih banyak dari content writer.

Karena biasanya para penerjemah ini mematok harga dengan cara mengalikan jumlah halaman dengan pembayaran jasa terjemah per halamannya.

Jasa Desain Grafis dan Multimedia

Nah inilah barangkali salah satu usaha sampingan yang paling becek. Karena diketahui saat ini permintaan jasa desain grafis dan multimedia mencapai titik tertingginya. Baik untuk konten Instagram, Youtube, hingga untuk keperluan berjualan kaos distro misalnya.

Hanya saja permintaan yang tinggi ini justru membuat banyak desainer grafis sesungguhnya turun nilainya. Kecuali memang memiliki nama besar, banyak klien yang justru semena-mena dalam memberikan harga.

Salah? Tentu tidak, hal ini merupakan reaksi pasar atas banyaknya desainer grafis non profesional yang memiliki bakat dan kemampuan desain tinggi namun memberikan harga yang jauh lebih murah dari desainer grafis profesional.

Meski saat ini masih penuh kontroversi, boleh dibilang menjadikan jasa desainer grafis dan multimedia sebagai penghasilan sampingan yang menguntungkan merupakan langkah yang cukup baik saat ini.

Lebih jauh lagi kalau Anda ingin bermain aman, Anda bisa menjual hasil desain grafis yang Anda punya di laman-laman website online yang menjamur, baik dengan cara mengikuti kompetisi atau melelang hasil karya Anda.

Jualan Foto Online

Kalau usaha sampingan yang satu ini sih barangkali sudah diketahui oleh banyak fotografer sejak beberapa tahun terakhir. Karena memang sejak zaman dahulu sudah banyak fotografer yang mendapatkan keuntungan dari berjualan foto online.

Beberapa situs ternama yang menerima penjualan foto online misalnya istockphoto, shutterstock, dan masih banyak lagi. Kalau Anda benar-benar mahir, bahkan Anda bisa berhenti kerja dan berjualan foto di sini.

Kekurangannya tentu saja selain membutuhkan modal uang yang cukup, Anda juga membutuhkan modal pengetahuan fotografi ditambah skill fotografi yang mumpuni. Selain itu Anda juga harus meluangkan waktu untuk rajin-rajin hunting foto loh.

Meski demikian bila Anda sudah mahir dan memiliki banyak stok foto yakin deh akan banyak orang yang menghubungi Anda di luar situs tersebut. Karena dengan menaruh foto di situs-situs tersebut artinya Anda sedang membangun portfolio pribadi Anda.

Lebih jauh lagi Anda bisa memilih segmen pasar Anda sendiri. Misalnya bila Anda memutuskan untuk mencari klien restoran, café, dan bisnis makanan lainnya maka Anda bisa banyak-banyak membuat foto makanan.

Bila Anda ingin punya banyak klien agensi travel misalnya maka Anda bisa banyak-banyak membuat foto pemandangan, terutama pemandangan-pemandangan di lokasi wisata yang terkenal di seluruh dunia.

Yah pada akhirnya meski disebut usaha sampingan yang amat mengungtungkan, modal yang harus Anda keluarkan untuk bisnis ini juga cukup besar. Jadi pikir-pikir dulu ya!

Reseller Busana Muslim

Menjadi reseller di era bisnis online seperti sekarang merupakan salah satu pilihan paling tepat bagi Anda yang mencari penghasilan tambahan. Sementara berjualan baju muslim merupakan pilihan paling tepat untuk berbisnis di Indonesia sejak zaman dahulu.

Lihat saja meski toko-toko busana muslim menjamur di pasar tanah abang dan thamrin, tetap saja pembelinya selalu ramai dan bahkan banyak diantara mereka yang memiliki beberapa toko di satu blok hingga menjadi milyarder.

Nah bila disatukan? Tentu saja berjualan busana muslim secara online merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin penghasilan tambahan. Hanya saja Anda harus berani membayar orang untuk membantu Anda bekerja.

Setidaknya untuk admin, apalagi bila usaha reseller busana muslim yang Anda punya sudah mencapai titik tertentu sehingga Anda cukup keteteran apabila harus mengurusi pesanan orang sendiri.

Percaya deh meski terdengar sepele, banyak orang-orang yang menjadi reseller busana muslim akhirnya menyerah karena terlalu lelah melayani pembeli yang masuk dan justru membuat pekerjaan utama mereka terbengkalai.

Lebih lanjut lagi, banyak orang-orang yang menjadi reseller busana muslim di awal yang konsisten dan kemudian justru membuka tokonya sendiri. Apakah tetap bisa dijadikan usaha sampingan? Oh tentu saja, selama Anda berani membayar pegawai untuk membantu Anda.

Dari sini Anda bisa mendapatkan penghasilan puluhan bahkan hingga ratusan juta rupiah! Boleh dibilang usaha sampingan berjualan baju muslim ini merupakan salah satu yang tersulit di dalam list ini, namun termasuk yang paling menguntungkan!

Makelar Properti

Kalau yang satu ini boleh dibilang merupakan usaha sampingan yang bisa membuat Anda menjadi jutawan mendadak. Sayangnya menurut kami bisnis makelar properti ini bukanlah untuk semua orang.

Selain memiliki banyak ‘musuh’ karena memang lahan basah, untuk terjun di bisnis ini Anda membutuhkan keahlian bicara, negosiasi, dan berdiplomasi yang amat tinggi. Sehingga bisa memuluskan langkah Anda dalam menjual aset orang lain.

Namun perlu kami ingatkan ya, dalam menjadi makelar properti Anda harus jujur sehingga tidak mendapatkan uang panas. Ada makelar-makelar yang memang secara terang-terangan meminta imbal jasa kepada si pemilik aset dan ada makelar yang me-mark up harga tanpa sepengetahuan si pemilik aset.

Nah pilihlah yang paling aman, walaupun keuntungannya bisa jadi jauh lebih sedikit. Tapi toh daripada Anda mendapatkan uang panas.

Oke balik lagi, untuk menjadi makelar properti selain wajib menguasai berbagai softskill negosiasi, Anda juga harus pandai memahami situasi. Misalnya Anda harus memperkirakan daerah mana saja yang kira-kira akan berkembang dengan harga tanah dan bangunan yang akan naik.

Atau daerah mana saja yang kira-kira bisa menguntungkan bila dijual kembali. Dengan berbekal kemampuan semacam ini pastilah Anda bisa menjadi makelar properti handal tanpa harus membuka agensi properti yang butuh modal besar.

Ghostwriter

Dari namanya barangkali Anda sudah paham kalau ghostwriter hanya cocok bagi orang-orang yang suka menulis saja bukan? Betul! Bahkan bila dibandingkan dengan content writer, seorang ghostwriter biasanya dituntut memiliki kemampuan dan ketahanan menulis yang lebih tinggi.

Namun memang tuntutan yang tinggi tersebut sebanding dengan harga yang akan dibayarkan oleh klien mereka. Lebih jauh lagi kebanyakan klien mereka pun merupakan orang-orang penting yang misalnya ingin dibuatkan buku biografinya.

Jika Anda cukup cerdas di dalam menulis bahkan ghostwriter diketahui bisa menjadi pekerjaan utama loh. Tapi tentu saja butuh waktu yang cukup panjang untuk menjadikan pekerjaan ini sebagai sumber penghasilan utama Anda.

Lebih jauh lagi Anda pun harus memiliki banyak portofolio untuk bisa menjadi seorang ghostwriter yang diakui di dalam komunitas. Intinya sih semakin banyak dan semakin baik portfolio yang Anda punya maka semakin banyak klien yang akan tertarik dalam menggunakan jasa Anda.

Jual Snack dan Gorengan

Sebagai salah satu yang paling sering dikesampingkan, berjualan makanan ringan dan gorengan nyatanya diketahui bisa memberikan pendapatan yang luar biasa besar loh. Bahkan ada sebagian orang yang nekat berhenti dari pekerjaannya karena sukses berjualan makanan ringan.

Makanan ringan yang bisa Anda jual pun beragam, mulai dari roti bakar, gorengan, kripik, hingga roti-roti kekinian. Hal yang pasti untuk bisa berjualan makanan ringan dan gorengan sebagai usaha sampingan adalah, Anda harus membuatnya sesimpel dan semudah mungkin.

Karena bila Anda memiliki resep atau pengolahan yang terlalu rumit, akan sulit bagi Anda mencari karyawan yang bisa membuat makanan yang sama enaknya dengan yang Anda buat. Bila simpel tentu saja Anda bisa membagikan ilmunya kepada para karyawan Anda.

Kemudahan ini bisa memberikan Anda keleluasaan untuk mengembangkan bisnis Anda. Misalnya bila Anda sudah menguasai manajemen bahan baku hingga pengolahan jajanan tersebut, maka Anda bisa dengan mudah membuat merk dan menjual franchise dagangan Anda.

Tapi perlu diperhatikan, untuk bisa mulai menjual franchise Anda harus memiliki manajemen yang baik. Bila tidak bisa-bisa Anda ditipu mentah-mentah dan akan banyak orang yang justru meniru ide yang Anda punya.

Tapi bila sukses Anda bahkan bisa melepas pekerjaan asli Anda loh. Percaya atau tidak sebenarnya banyak di luar sana juragan-juragan gorengan, cendol, hingga jajanan seperti telur gulung yang memiliki lebih dari 10 gerobak untuk di kelola.

Orang-orang inilah yang bisa mendapatkan penghasilan bahkan lebih banyak dari manajer-manajer di perusahaan swasta.

Nah adapun beberapa ide yang bisa kami berikan kepada Anda untuk coba Anda buat misalnya adalah roti bakar kekinian, sandwich goreng, salad goreng, burger kekinian, cendol, hingga jajanan gorengan yang lazim Anda temui di pinggir-pinggir jalan.

Membeli Franchise Murah

Usaha sampingan lainnya yang cukup digemari oleh banyak karyawan adalah dengan membeli franchise-franchise murah yang bertebaran saat ini. Anda bisa mencarinya di berbagai situs penawaran franchise online dan menilai brand yang ingin Anda beli merknya disana.

Apakah mungkin? Tentu saja bisa di zaman sekarang! Anda tidak bisa membayangkan bahwa franchise yang ada di zaman sekarang sama seperti franchise di zaman dahulu dimana Anda harus membayarkan uang sejumlah ratusan juta hingga miliaran untuk mendapatkan lisensi penjualan merk tertentu.

Saat ini ada banyak merk-merk usaha kecil dan menengah yang menawarkan franchise seharga belasan juta hingga kurang dari 5 juta saja! Memang bila dibandingkan dengan franchise miliaran keuntungannya pun amat jauh.

Namun sejauh pengetahuan kami, untuk franchise 5-10 jutaan saja Anda bisa balik modal dalam rata-rata 1-5 bulan sesuai dengan klaim si pemilik. Nah artinya keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari satu franchise saja sudah cukup besar bukan?

Hanya saja kami tidak menyarankan bisnis jenis ini apabila Anda belum berpengalaman di dalam bisnis. Karena ada beberapa langkah yang membutuhkan kelihaian Anda sebagai seorang pebisnis. Misalnya di awal-awal Anda dituntut pandai untuk menilai mana franchise yang baik dan mana yang ‘abal-abal’.

Lebih jauh dari itu Anda pun harus jeli di dalam membaca perjanjian yang nantinya akan dibuat oleh si pemilik merk dan Anda sebagai pembeli lisensi. Bila Anda belum memiliki cukup pengalaman, bisa-bisa Anda ditipu atau malah dirugikan karena perjanjian yang berat sebelah.

Terakhir, meskipun franchise menawarkan banyak ilmu dan teori untuk para pembeli lisensi. Pada akhirnya keberhasilan bisnis akan bergantung terhadap skill bisnis yang Anda punya, nah jangan sampai Anda keluar modal besar di awal namun rugi di akhir karena minimnya pengalaman dan skill bisnis Anda.

Jualan Casing Smartphone

Casing seharga 20-50 ribuan ternyata bisa membuat Anda kaya raya loh! Buktinya saat ini banyak orang yang berlomba-lomba dalam membuat bisnis casing handphone custom milik mereka sendiri.

Selain itu berdasarkan informasih yang kami dapatkan dari salah satu raksasa e-commerce di Indonesia, selain apparel, penjualan terbanyak yang tercatat di e-commerce mereka saat ini adalah penjualan casing smartphone!

Mungkin Anda kaget tapi toh faktanya berkata demikian. Selain harganya yang murah, karakteristik konsumen di zaman sekarang yang cenderung cepat bosan membuat peminat casing smartphone nampaknya akan terus bertambah.

Hanya saja ada dua kekurangan dalam memilih jualan casing smartphone sebagai bisnis sampingan. Kekurangan yang pertama adalah Anda butuh orang yang kreatif di dalam mendesain dan yang kedua adalah pemasarannya relatif sulit.

Karena Anda terjun di pasar yang berdarah-darah dimana permintaan dan penyedia barang sama-sama ada dalam jumlah yang amat banyak, Anda bisa jadi kesulitan dalam memasarkan produk yang ada.

Nah tapi lebih jauh lagi kalau Anda sukses menghadapi masalah tersebut, justru Anda bisa mendapatkan banyak uang dari sini!

Manajer Media Sosial

Siapa sih di zaman sekarang yang tidak memiliki ponsel cerdas? Anda yang sedang membaca artikel ini 99% pasti memiliki ponsel cerdasnya sendiri. Tidak peduli dari merk apa dan dengan harga berapa.

Nah dari sanalah muncul peluang yang amat besar. Tingginya penggunaan smartphone dan media sosial membuat banyak orang memiliki usaha dan membangun brand personal mereka melalui media sosial.

Sehingga muncul lah jenis pekerjaan yang baru namun cukup menjanjikan ini, yakni menjadi manajer media sosial. Seorang manajer media sosial freelance biasanya akan dibutuhkan oleh brand-brand atau perseorangan yang baru ingin merintis karir di dunia sosial media.

Anda harus memiliki pengetahuan seputar branding, manajemen media sosial yang berkaitan dengan waktu posting, manajemen konten, hingga segmentasi pasar dan analisis data media sosial.

Namun karena memang saat ini banyak penyedia jasa manajer media sosial bertebaran, maka untuk bisa memenangkan kompetisi dan mendapatkan klien Anda harus memiliki portfolio yang mentereng dahulu.

Tips dari kami adalah dengan membuat ‘ternak media sosial’ yang bisa Anda gunakan nantinya untuk mendapatkan uang sekaligus bisa digunakan sebagai portfolio ketika ada orang yang ingin mencari manajer media sosial mereka.

Ternak Akun Instagram

Beternak ikan lele, ikan mas, ikan nila, hingga kambing barangkali merupakan bisnis yang amat menjanjikan. Namun dedikasi yang tinggi dibutuhkan apabila Anda ingin mencapai kesuksesan di sana.

Nah di era digital macam ini ada satu jenis ternak yang jarang dilakukan orang namun diketahui amat menghasilkan, yakni ternak akun Instagram. Meski banyak orang yang sudah tahu, namun toh nyatanya sedikit yang melakukannya.

Alasannya? Tentu saja karena sedikit orang yang memiliki kemampuan branding dan marketing sehingga bisa membuat banyak akun Instagram dengan followers yang banyak pula. Namun bila Anda memiliki kemampuan ini setidaknya ada dua keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Keuntungan yang pertama adalah Anda akan menjadi orang yang sangat dicari oleh para selebgram, social media influencer, hingga para pengusaha yang menjadikan Instagram sebagai lahan bisnis mereka.

Keuntungan yang kedua adalah tentu saja reputasi Anda bisa mendatangkan uang secara langsung. Misalnya saja Anda beternak 10 akun Instagram dengan 2 akun memiliki followers lebih dari 100 ribu orang.

Bila Anda cukup kreatif Anda bisa menjual jasa endorsement, dan menawarkan iklan di instagram Anda. Bila Anda terlalu malas untuk membuka jasa endorsement dan semacamnya, maka Anda bisa saja berjualan langsung kepada followers dari akun Instagram tersebut.

Menjadi Pengemudi Ojek Online

Kalau yang satu ini sih barangkali semua juga sudah tahu, bahwa penghasilan seorang ojek online cukup menghasilkan. Hanya saja memang akan terlihat hasilnya apabila pekerjaan ini dijadikan sebagai pekerjaan utama.

Tapi toh tidak ada salahnya menjadikan ojek online sebagai salah satu sampingan. Pengalaman kami pribadi bahkan menunjukkan bahwa banyak mahasiswa yang menjadi supir ojek online di malam hari untuk menambah uang jajan mereka.

Tapi toh memang barangkali pekerjaan ini bukan untuk semua orang, apalagi bagi Anda yang tidak tahan bekerja dengan menghadapi manusia dengan segala sifatnya. Selain itu Anda pun dituntut untuk memiliki kemampuan navigasi dan pengetahuan wilayah ‘ngojek’ yang mumpuni.

Tentu saja hal ini bukanlah hal yang mudah apalagi bila Anda adalah seseorang yang bekerja secara penuh, nah!

Membuka Jasa Titip

Jasa titip merupakan salah satu usaha sampingan yang cukup menjanjikan, apalagi bila Anda memiliki banyak kenalan dengan media sosial yang cukup aktif. Dari beberapa pengalaman kami, ada beberapa pasangan muda yang menawarkan jastip dan sukses meraup hingga 20-40 juta rupiah dalam sebulan loh!

Tapi tentu saja bila Anda memutuskan untuk membuka jasa titip maka berarti Anda harus siap dengan modal yang cukup besar. Apalagi bila Anda ingin mendapatkan keuntungan yang besar juga.

“Selain itu Anda juga dituntut harus “sering-sering jalan-jalan”, apalagi ke luar negeri, nah! Karena biasanya banyak teman yang minta titip beli barang ketika Anda pergi ke luar negeri. Terutama untuk mendapatkan barang-barang yang sulit untuk didapatkan disini.

Saran dari kami sih bila terlalu ribet Anda bisa memperluas jejaring dan menjadi makelar jasa titip. Ketika Anda memiliki banyak teman di luar negeri maka Anda bisa mengajak mereka membuka jasa titip.

Nah setelah itu Anda bisa membuka jasa titip tergantung dari teman-teman Anda yang sedang pergi, mark up harga, dan kemudian keuntungannya bisa Anda bagi dengan teman-teman Anda kemudian.

Menjadi Guru Bimbel dan Guru Privat

Usaha sampingan ini barangkali cocok bagi Anda yang masih duduk di bangku perkuliahan dan memang memiliki minat khusus di dalam mengajar. Karena memang tidak semua orang memiliki minat mengajar dan bisa menjadi seorang pengajar.

Anda bisa mendaftarkan diri untuk menjadi pengajar penuh waktu ataupun pengajar paruh waktu di bimbel-bimbel yang tersebar di kota Anda, dan sesuaikanlah jadwal yang ada dengan jadwal perkuliahan Anda.

Nah ketika Anda menjadi seorang pengajar bimbel, Anda harus bisa melakukan personal branding yang baik. Jadilah pengajar yang cerdas dan memang bisa mengajar dengan cara yang baik dan menarik.

Biasanya dari sinilah akan banyak murid-murid yang tertarik untuk menjadikan Anda guru privat mereka. Lebih jauh lagi, dari segi penghasilan menjadi guru privat tentu saja jauh lebih besar daripada menjadi guru bimbel.

Di Jakarta saja rata-rata guru privat bisa dibayar sebesar Rp150.000,- hingga Rp350.000,- per sesinya yang berjumlah 2 hingga 3 jam. Nah bayangkan saja bila misalnya di sabtu minggu Anda mengajar 3 sesi dan di weekdays Anda mengajar 3 sesi.

Maka pendapatan total yang Anda dapatkan adalah sebesar 36 sesi. Bila rata-rata harga jual privatmu adalah Rp250.000,- maka Anda bisa mendapatkan uang saku tambahan sebesar Rp9.000.000 per bulannya!

Tapi perlu diingat nih, salah satu tantangan terbesar dalam menjadi guru privat adalah Anda dituntut untuk selalu bisa menjawab pertanyaan dadakan yang mungkin diberikan oleh murid Anda. Selain itu ketika Anda menjadi guru privat, biasanya orang tua akan memiliki tuntutan bagi Anda sehingga anak-anak mereka bisa masuk ke perguruan tinggi favorit atau SMA favorit yang ada di kota Anda!

Berjualan Pulsa dan Voucher Elektrik

Salah satu usaha sampingan yang mudah namun diketahui bisa menghasilkan banyak uang saat ini adalah berjualan pulsa dan voucher elektrik. Saat ini dengan menjadi agen pulsa dan voucher elektrik saja diketahui bisa mendapatkan uang sebesar jutaan rupiah loh.

Meski demikian tantangan dalam berjualan pulsa dan voucher elektrik ini adalah Anda dituntut untuk memiliki jejaring yang luas. Karena tanpa memiliki jejaring yang luas ini keuntungan yang bisa Anda dapatkan dariberjualan pulsa serta voucher elektrik ini amatlah minimal.

Biasanya dari setiap pulsa yang terjual Anda hanya bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp1.000,- hingga Rp2.500,- saja. Nah bayangkan saja kalau Anda hanya mampu menjual 3-5 pulsa per hari, tentu keuntungan per bulan yang bisa Anda dapatkan maksimal hanya sekitar Rp300 ribu saja.

Yah lumayan sih untuk menambah jajan, tapi jika Anda cukup pintar untuk mencari jejaring sehingga bisa meningkatkan penjualan harian hingga 30-50 kali transaksi per hari, maka dalam sebulan Anda bisa mendapatkan sekitar Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000!

Komentar

Artikel Terkait
Bisnis 21 Jul 2020

4 Hal Penting Menghadapi Bisnis yang Menurun

Proses membangun bisnis tidaklah mudah, penuh dengan jerih payah dan kesulitan. Hal tersebut menuntut Anda untuk mempunyai pengetahuan yang cukup dalam membangun dan mengembangkan bisnis Anda.  Namun, pernahkan Anda menjalankan bisnis dalam kondisi sulit atau sedang mengalami penurunan? Pada masa seperti itu biasanya perusahaan akan mengalami penurunan omzet penjualan, penurunan produktivitas, dan masalah lainnya sampai […]

Bisnis 7 Mar 2020

Panduan Membuat SOP yang Mudah dan Praktis

SOP atau standar operasional prosedur merupakan sebuah alat ataupun metode yang biasanya digunakan oleh suatu perusahaan agar segala sesuatu yang dilakukan oleh Karyawan mereka bisa lebih teratur dan memiliki acuan khusus. SOP yang merupakan acuan pekerjaan bagi para karyawan biasanya harus terlebih dahulu diteliti dan dikaji dengan detil untuk kemudian disahkan oleh pejabat yang memiliki […]

Bisnis 7 Mar 2020

Cara Membuat Kwitansi Pembayaran yang Baik

Berbisnis merupakan salah satu cara bagi kamu untuk belajar berbagai macam hal, karena di dalam berbisnis kamu dituntut untuk mengurus hal-hal yang barangkali tidak akan kamu urus bila kamu tidak pernah berbisnis. Dalam hal ini kami berbicara mengenai dokumen-dokumen, serta hal-hal yang terkait legalitas dari bisnis itu sendiri. Salah satu yang harus kamu urus ketika […]